Cara Menanam Cabe di Polybag

Cara Menanam Cabe di Polybag agar Berbuah Lebat

Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai makanan pedas. Baik dalam bentuk sambal maupun olahan makanan lainnya. Meski mudah diperoleh dengan cara membeli di pasar, namun tidak ada salahnya apabila kita menanam cabe (cabai) sendiri di rumah. Baik itu menggunakan polybag, menanam langsung di pekarangan, atau menggunakan media tanam lainnya termasuk pot.

Agar bisa berbuah lebat, berikut adalah cara menanam cabe di polybag, cara menyiapkan media tanam, serta cara merawatnya agar tidak mudah terkena hama.

Sebelum mulai menanam, terlebih dahulu kita harus memilih jenis cabai yang akan ditanam. Pilihan jenis cabai bisa di sesuaikan dengan kebutuhan. Atau, tidak ada salahnya juga apabila anda menanam berbagai jenis cabe untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Beberapa macam cabe yang paling umum digunakan untuk bumbu dapur diantaranya adalah, cabe rawit, cabe merah (cabe hijau), dan cabe keriting. Namun pada tutorial menanam cabe kali ini, kita hanya akan fokus pada cara menanam cabai rawit saja. Mari kita mulai proses tanam cabe ini dari menyemai benih terlebih dahulu.

Cara menyemai benih cabe

Proses menyemai dimulai dari pembuatan bibit. Anda bisa membuat bibit cabe sendiri dengan menggunakan biji biji cabai yang ada di dapur. Atau menginginkan varietas tertentu, Anda bisa membeli bibit cabe di toko pertanian atau dari toko online.

Jika ingin membuat bibit cabe sendiri, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Ambil beberapa buah cabe yang sudah matang, kemudian belah dan keluarkan bijinya
  2. Ambil biji cabai lalu masukkan ke dalam wadah yang berisi bersih. Aduk-aduk hingga biji cabe terlihat cukup bersih dari kotoran
  3. Buang biji cabe yang mengambang. Bibit cabe yang tenggelam adalah bibit yang bagus. Tiriskan kemudian keringkan
Baca Juga  Cara Merawat Tanaman agar Selalu Segar

Setelah bibit cabe tersedia, langkah menyemai cabe selanjutnya adalah, menyiapkan media tanam.

Cara membuat media tanam cabe

Cara pertama bisa dengan menggunakan metode konvensional yaitu:

  1. Sediakan media tanam yang terdiri atas tanah dan kompos halus
  2. Sediakan kantong plastik kecil berdiameter sekitar 3-4 cm dan tinggi sekitar 5-7 cm. Lubangi bagian bawahnya dengan lidi atau paku
  3. Masukkan media tanam yang terdiri atas tanah dan kompos halus ke dalam plastik
  4. Lubangi bagian tengah tanah (media tanam) menggunakan kayu atau lidi. Lalu, masukkan biji cabai ke dalam lubang tersebut
  5. Tutupi dengan menggunakan sisa campuran kompos dan tanah halus. Lalu,
  6. Siram dengan alat spray agar air tidak menyebar rata dan tidak merusak media tanam
  7. Kemudian tutup bagian atas tempat menyemai dengan menggunakan plastik mulsa atau bisa juga dengan menggunakan karung goni yang sudah dilembabkan
  8. Setelah 3 atau 4 hari, benih akan tumbuh menjadi kecambah
  9. Jika sudah menjadi kecambah, plastik mulsa atau karung bisa dibuka agar benih mendapat udara

Cara kedua bisa dengan menggunakan media tisu/kain dan wadah kedap udara. Adapun cara menanam cabe dengan menggunakan tisu adalah sebagai berikut,

  1. Sediakan kain/tisu lembab. Lalu masukkan biji cabe ke dalam lipatan tisu/kain
  2. Masukkan tisu yang berisi benih cabe ke dalam kotak plastik mika atau wadah kedap udara, dan tutup rapat
  3. Setelah 3 hingga 5 hari, benih cabe akan tumbuh membentuk kecambah
  4. Sembari menunggu bibit cabe tumbuh, sediakan media tanam untuk pembibitan. Bisa dengan menggunakan polybag kecil seperti pada cara pertama di atas. Atau bisa juga dengan menggunakan cocopeat (kokopit) sosis
Baca Juga  Cara Menanam Jahe di Polybag Dengan Sangat Mudah

Selama proses menyemai bibit harus dirawat. Merawat bibit cabe dapat dilakukan dengan menyiram bibit tersebut setiap hari hingga berusia antara 5 sampai 6 minggu yang ditandai dengan jumlah daun sekitar 6 hingga 8 helai.

Menyiapkan media tanam cabe

Sediakan polybag atau pot yang berukuran cukup besar agar akar cabai bisa berkembang dengan baik dan agar bisa diisi dengan media tanam yang banyak yang akan menjadi sumber nutrisi bagi tanaman cabai.

Sediakan media tanam yang terdiri atas tanah, sekam, dan kompos. Jika tidak punya kompos, Anda bisa memanfaatkan pupuk kandang seperti kohe sapi ataupun kambing. Perbandingan jumlahnya adalah 1 : 1 : 1.

Tambahkan juga pupuk NPK sebanyak dua atau tiga sendok pada media tanam yang berukuran sekitar satu ember kecil. Dan, tambahkan juga fungisida biologi sekitar 1 sendok teh untuk menjaga agar tanaman tidak mudah terserang hama. Aduk semua media tanam tersebut hingga tercampur rata.

Sebelum memindahkan media tanam ke polybag atau pot yang akan digunakan untuk menanam cabai. Terlebih dahulu masukan pecahan genteng yang terbuat dari tanah liat atau batu bata ke bagian dasar polybag.

Pindahkan bibit cabai ke dalam polybag

Polybag yang sudah diisi dengan media tanam sebaiknya didiamkan terlebih dahulu selama 5 hingga 7 hari sebelum ditanami cabe. Hal ini dilakukan untuk membuat media tanam yang lebih matang dan bagus.

Baca Juga  17 Jenis Tanaman Hidroponik untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Setelah didiamkan selama kurang lebih 7 hari. Buatlah lubang di bagian tengah media tanam (polybag) sedalam kurang lebih 10 cm. Kemudian, pindahkan bibit cabai tanpa merusak akarnya. Lalu siram hingga media tanam jenuh.

Cabe yang baru ditanam sebaiknya di letakkan di tempat yang teduh agar bisa beradaptasi. Setelah menunggu beberapa hari, barulah tanaman cabe tersebut bisa diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Merawat tanaman cabe

Cara merawat tanaman agar tetap  tumbuh subur dan bisa berbuah lebat ada beberapa metore. Beberapa perawatan yang perlu dilakukan, diantaranya adalah:

  1. Menyiangi rumput-rumput yang tumbuh disekitar cabe
  2. Buang tunas-tunas yang tidak diperlukan yang biasanya tumbuh di sela-sela dahan
  3. Berikan pupuk organik seperti pupuk kandang atau pupuk kompos sebanyak 2-3 genggam setiap 2 atau 3 minggu sekali. Jika tidak punya pupuk kandang atau pupuk kompos, Anda juga bisa menggunakan pupuk organik cair. Berikan setiap 1 minggu sekali
  4. Periksa secara rutin kondisi tanaman. Jika terserang hama, segera semprot dengan menggunakan pestisida alami

Kesimpulan dari ulasan Cara Menanam Cabai diatas adalah Menanam cabe di polybag ataupun media lainnya bisa dilakukan dengan membuat bibit sendiri atau membeli bibit dari toko pertanian.

Jika mengikuti cara menanam cabe di atas. Kemungkinan besar pohon cabe yang anda tanam akan tumbuh dengan subur dan berbuah lebat. Umumnya, buah cabe yang sudah matang bisa dipanen saat usia tanam mencapai 3 hingga 4 bulan.

Originally posted 2021-08-14 08:56:19.