Rekomendasi Tanaman Hias Gantung

10 Rekomendasi Tanaman Hias Gantung Cantik

Pandawanews – Tanaman hias adalah salah satu pilihan terbaik untuk mendekorasi rumah karena lebih ramah lingkungan. Tidak hanya membuat rumah jadi terlihat lebih menarik, tanaman hias gantung yang cantik juga punya segudang manfaat.

Jika tertarik memelihara bunga atau berbagai macam tanaman gantung lainnya, ada banyak jenis tanaman yang bisa dipilih. Mulai dari tanaman hias bunga, tanaman pohon, hingga tanaman hias gantung yang tahan panas atau hujan. Manakah yang paling cocok untuk anda?

Tanaman hias bukan sekedar dekorasi rumah yang ramah lingkungan. Tapi, juga punya banyak manfaat. Seperti misalnya, bisa meningkatkan suasana hati, meningkatkan kreativitas, mengurangi stres, dan menghilangkan polutan udara.

Itu artinya, memelihara bunga gantung yang cantik atau tanaman merambat di rumah, bisa membuat penghuninya merasa lebih bahagia dan jadi lebih sehat.

Rekomendasi Tanaman Hias Gantung

Selain punya selera yang berbeda-beda, kita pun punya kebiasaan yang juga berbeda. Serta, kesibukan yang berbeda-beda pula.

Perbedaan-perbedaan tersebut dapat mempengaruhi pilihan jenis tanaman hias gantung yang cocok untuk dipelihara. Bagi Anda yang sibuk, memelihara tanaman yang tidak membutuhkan banyak perhatian adalah pilihan tepat.

Tapi bagi Anda yang punya banyak waktu luang serta suka meluangkan waktu untuk merawat tanaman. Memelihara bunga gantung cantik yang selalu membutuhkan perhatian lebih akan mendatangkan manfaat dan kepuasan yang tak ternilai harganya.

Baca Juga  Cara Menanam Cabe di Polybag agar Berbuah Lebat

Jika masih bingung memilih jenis tanaman hias seperti apa yang paling cocok untuk anda, Anda bisa mempertimbangkan 10 jenis tanaman hias rekomendasi kami berikut ini.

Tanaman Peperomia Hope

Peperomia tetraphylla Hope atau yang lebih dikenal dengan sebutan peperomia Hope adalah jenis tanaman hias yang sangat populer.

Daunnya yang kecil dan berwarna hijau, tumbuh berkelompok dengan jumlah 3 atau 4 lembar pada batangnya. Tanaman ini termasuk dalam keluarga tumbuhan tropis Piperaceae.

Jadi, secara botani tanaman ini termasuk ke dalam keluarga lada. Tanaman peperomia Hope adalah jenis tanaman keras dalam ruangan yang tumbuh agak lambat.

Karena itu, tanaman gantung ini sangat ideal bagi Anda yang sibuk dan tidak terlalu punya banyak waktu luang untuk mengurus tanaman.

Tanaman hias Dischidia Geri

Dischidia ‘Geri’ adalah varietas tanaman hias yang dianggap sangat menarik. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk agak bundar, terlihat sangat indah dan berdiameter sekitar 2 cm.

Tanaman ini biasanya tumbuh merambat di alam liar. Karena itulah, Dischidia Geri cocok dijadikan sebagai pilihan tanaman hias merambat untuk menghiasi teras maupun halaman rumah.

Tanaman ini bisa menghasilkan bunga putih kecil yang biasanya akan muncul apabila dirawat dengan penuh perhatian.

Tanaman hias Dischidia Geri lebih suka berakar pada tiang kayu atau tempat yang agak berlumut. Meski demikian, tanaman ini juga bisa ditanam menggunakan media tanam di pot gantung.

Baca Juga  Cara Menanam Bawang Merah agar Tumbuh Cepat

Dischidia Geri membutuhkan cahaya, kelembaban, dan suhu yang cukup untuk bisa tumbuh subur. Karena itulah, tanaman ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias outdoor.

Tanaman wandering Jew (Tradescantia)

Spesies tanaman ini dikenal dengan beberapa sebutan. Seperti, purple queen, spiderwort, hingga wandering Jew. Tanaman ini berasal dari genus Tradescantia.

Genus tradescantia sendiri punya 75 spesies. Tapi, hanya ada 3 spesies yang kerap dimanfaatkan sebagai tanaman hias indoor.

Tanaman ini sangat menyukai tempat-tempat yang agak basah dan lembab. Tak hanya berwarna ungu. Spesies tradescantia juga ada yang berwarna putih dan pink (merah muda).

Tanaman gantung bunga Anggrek

Bunga anggrek memiliki sekitar 750 famili dengan spesies berjumlah 43.000 dan varietas hibrida yang mencapai 35.000.

Di Indonesia sendiri, terdapat setidaknya 5.000 spesies bunga anggrek yang bisa kita jumpai.

Dari sekian banyak spesies yang ada. Di bawah ini adalah 10 spesies anggrek yang kami rekomendasikan untuk dijadikan sebagai tanaman hias bunga gantung cantik di rumah.

Anggrek dendrobium, anggrek miltonia, anggrek bletilla striata, pecteilis radiata atau dikenal juga dengan sebutan anggrek burung kuntul putih, anggrek oncidium, laelia, vanda, cattleya, dan cymbidium.

Tanaman hias gantung bunga geranium

Bunga cantik bernama geranium ini menyukai lingkungan pot dengan drainase yang baik. Dan, tidak menyukai tempat yang terlalu basah.

Baca Juga  20 Jenis Media Tanam untuk Sayur dan Tanaman Hias

Bunga geranium sangat mudah dipelihara. Hanya dengan pemberian pupuk cair bulan di musim semi maupun di awal musim panas bisa membuatnya tumbuh subur dan berbunga.

Tanaman ini tidak terlalu banyak membutuhkan air. Meski demikian, penyiraman yang konsisten dapat membantunya lebih terpelihara.

Jika tidak dapat cukup air, biasanya daun bunga geranium akan layu dan rontok. Sebaliknya, memberikan yang terlalu banyak air juga dapat menyebabkan bunga ini tumbuh agak kurus.

Creeping Charlie: Tanaman hias gantung murah

Jika anda tertarik untuk memelihara tanaman hias murah, Anda bisa mencoba membeli jenis Creeping Charlie.

Tanaman ini termasuk ke dalam jenis herbaceous yang digolongkan ke dalam suku urticaceae. Dan, berasal dari Amerika Selatan bagian utara.

Creeping Charlie adalah jenis tanaman hias dalam ruangan yang menyukai tanah lembab dan hangat.

Daunnya berwarna hijau mengkilap dengan bentuk mirip seperti daun mint yang sedikit agak berkerut atau bergelombang, sehingga terlihat sangat menarik.

Bunga hias gantung putih: Lobelia White Fountain

Bagi Anda yang menyukai warna putih dan kebetulan menginginkan tanaman hias dengan bunga berwarna putih. Anda bisa mempertimbangkan bunga Lobelia White Fountain yang memiliki nama Latin, lobelia erinus.

Bunga yang berasal dari Eropa, tepatnya berasal dari Inggris ini menyukai iklim sejuk. Tanaman hias gantung ini berbunga putih dengan bentuk kecil-kecil dan biasanya sangat lebat. Karena itulah, bunga ini juga kerap dijuluki “bunga salju.”

Originally posted 2021-08-22 21:16:00.