Wisata Kuliner Klaten Yang Paling Populer

12 Wisata Kuliner Klaten Yang Paling Populer

Wisata Kuliner adalah sesuatu hal yang wajib ketika anda sedang berpergian ke sesuatu tempat, contohnya saja Klaten. Saat kalian sedang berwisata ke klaten maka kalian harus mencoba salah satu dari sekian banyak kuliner khas daerah tersebut.

Karena tubuh ini membutuhkan energi untuk bergerak dan energi hanya bisa didapatkan dari makan, maka dari itu tidak ada salahnya jika kalian melakukan wisata kuliner saat sedang berwisata ke suatu tempat. Klaten menjadi tempat yang cocok jika kalian ingin berwisata sekaligus mencicipi kuliner-kulinernya yang enak.

Klaten terkenal dengan udaranya yang sejuk karena berada diantara gunung merapi dan pegunungan seribu. Tidak hanya wisata alamnya saja yang sudah terkenal tetapi wisata bersejarahnya juga, terbukti dengan banyak sekali peninggalan candi-candi di daerah ini. Buat Kalian yang akan pergi ke Klaten kalian harus mencoba beberapa kulinernya yang enak. Dan berikut ini kami akan berbagi beberapa rekomendasi tempat Wisata Kuliner Klaten Yang Paling Populer.

Daftar Wisata Kuliner di Klaten Yang Populer dan Tak Boleh Dilewatkan

  1. Ayam Bakar Pak Widodo

Yang suka dengan masakan tentang ayam maka kalian wajib mencicipi ayam bakar milik pak Widodo ini, Warung makan ini sepertinya sudah memiliki banyak sekali cabang. Rasa dari ayam bakarnya kebanyakan didominasi dengan rasa gurih dan rempahnya yang sangat terasa dilidah membuat ayam bakar ini menjadi primadona di klaten.

Oh iya, ayam bakar pak Widodo ini sudah terkenal seantero Klaten lho, karena itu warung makan ini tak pernah sepi pengunjung. Warung makan yang berlokasi di Jl. Sulawesi Sangatta, kabupaten Klaten Tengah, Klaten Jawa Tengah ini cocok sekali untuk makan bersama keluarga karena harganya yang pas di kantong.

  1. Kue Kepelan Klaten

Kuliner yang enak tidak selalu di restoran tetapi bisa ditemui juga dijalanan, contohnya kue kepelan. Kue kepelan ini termasuk dalam foodstreet karena kue ini banyak ditemui dijalanan. Kamu bisa menemukan kue ini di alun-alun klaten, disana banyak sekali penjual kue kepelan ini.

Baca Juga  Mau Wisata Ke Luar Negeri Ini yang Harus Dipersiapkan

Kue ini berasal dari Desa Keden, kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Terbuat dari tepung gandum yang dibumbui bawang merah, bawang putih, merica, dan garam membuat rasa kue ini begitu gurih dan enak.

  1. Ayam Panggang Klaten

Dengan rasa rempah yang begitu menggoda menjadikan ayam bakar klaten menjadi primadona kuliner di daerah Klaten ini. Di dominasi dengan rasa manis dan gurih membuatnya semakin menggiurkan dimata pecinta kuliner, belum lagi ditambah nasi putih dan sambal. Saya yakin bisa membuat lidah anda tidak bisa berkata apa-apa.

Ada beberapa ayam panggang yang terkenal dan legendaris di Klaten yang bisa kita kunjungi, diantaranya  Ny. Anggraini yang bertempat di jalan Rajawali nomor 113, ada juga Toko Florida yang lokasinya berada di Jl.Pemuda No. 61.

  1. Soto Bebek dan Bebek Bacem

Di daerah Karanglo, Gondang. Ada sebuah makanan yang juga sangat populer, namanya soto bebek dan bebek bacem, Di sepanjang jalan raya Yogyakarta-Solo ini, bakalan kamu jumpai deretan warung soto bebek. Dan diantaranya yang cukup populer dan dikenal adalah milik Bu Siswo yang sudah berdiri sejak 1953.

Dalam penyajiannya bebek bacem ini terdapat dua varian, yakni bacem goreng serta ada juga bacem yang dibakar. Buat kalian pecinta masakan olahan bebek maka wajib hukumnya mencoba makan disini. Untuk lokasinya warung makan Bu Siswo ini berada cukup dekat dengan pabrik gula Gondang Winangun, warung ini dikenal sebagai yang pertama kali memperkenalkan kuliner bebek bacem di Klaten.

  1. Bakmi Miroso

Kalian suka makanan chinese food?, maka kalian harus mencoba makan di rumah makan ini, namanya bakmi miroso. Ini adalah salah satu rumah makan legendaris lainnya yang berada di klaten, Bakmi Miroso ini merupakan rumah makan chinese food yang terkenal akan cita rasanya begitu lezat.

Sebenarnya lokasinya tak jauh dari alun-alun Klaten, akan tetapi letaknya berada di dalam kampung sehingga sedikit susah dicari orang yang pertama kali datang. Aneka olahan chinese food ada di tempat ini, mulai dari nasi goreng, ayam koloke, hingga mie ayam pangsit.

  1. Angkringan / HIK
Baca Juga  Aktivitas Mendaki di Dieng Bukit Sikunir dan Gunung Prau

Buat kalian yang lagi berwisata ke jogja khususnya para backpacker maka ini tempat yang cocok bagi kalian, selain murah angkringan ini juga menjadi salah satu wisata kuliner di Klaten. Dengan konsep warung tenda sederhana, dengan menu nasi kucing serta aneka lauk pauknya sering disebut angkringan maupun hik.

Konon ceritanya asal mula angkringan pertamakali dipopulerkan oleh Mbah Pairo yang merupakan orang Cawas, Klaten, hingga akhirnya terkenal di Yogyakarta sampai sekarang dengan sebutan angkringan Lik Man yang merupakan putranya sendiri. Angkringan lain yang terkenal di Klaten adalah angkringan Jumali yang terletak di Sekarsuli, Jl. Mayor Kusmanto.

  1. Keripik Cakar, Belut, dan Paru

Tak afdol jika kita berpergian tanpa membawa oleh oleh, untuk kalian yang sedang pergi ke Klaten maka kalian harus coba makan Keripik Cakar, Belut dan Paru ini. Rasanya renyah dan juga gurih, kudapan khas Klaten yang cocok banget untuk camilan sambil nonton TV atau ngobrol santai.

Untuk mendapatkannya kita Bisa mengunjungi salah satu tempat pusat oleh-oleh Klaten Bu Mangun di Rajawali, Gg Latarputih 15, Bareng, Klaten. Dengan membawa keripik ini berarti kita sudah Absah berkunjung ke kota ini.

  1. Sop Ayam Pak Min

Berbeda dengan soto di Biasanya, sop ayam ini tak memakai bumbu jahe dan santan. Sop Ayam Pak Min yang dikenal juga dengan sebutan sop ayam pecok asli Klaten ini memakai ayam kampung sebagai kaldunya.

Tersedia juga aneka macam jenis menu sop ayam seperti sop ayam campur dan pisah mulai bagian kulit, daging, hingga kepala ayam. Rumah makan ini juga telah mempunyai banyak cabang lho. Sop ayam ini juga sangat sedap dinikmati dengan lauk pauk yang tersedia seperti tempe, tahu, dan perkedel.

  1. Nasi Tumpang Lethok

Ketika anda berkunjung ke Klaten anda akan menjumpai banyak yang menjajakan kuliner satu ini, namun salah satunya yang paling terkenal adalah Nasi Tumpang Lethok Mbak Riyanti yang berada di Jl Mayor Kusmanto, Kelurahan Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah.

Baca Juga  Oleh-Oleh Khas Kota Indramayu yang Wajib Anda Beli

Kuliner khas Klaten yang satu ini berisi nasi putih, sayuran, telur rebus dan disiram dengan kuah sambal yang terbuat dari campuran tempe, cabai, santan dan bumbu-bumbu yang membuat sajian ini terasa sedap.

  1. Sego Gudang

Satu lagi kuliner khas Klaten, namanya Sego Gudang atau Gudangan, salah satu makanan yang menjadi warisan kuliner Nusantara. Dan mungkin masih terdengar asing di telinga bagi kebanyakan masyarakat Indonesia.

Berisi sayuran yang dirajang halus, dengan bumbu parutan kelapa serta ditaburi kedelai goreng yang ditumbuk kasar. Sedikit berbeda dengan uraban dan terancam yang umumnya memiliki citarasa yang pedas, parutan kelapa untuk sego gudang didominasi rasa bawang putih dan kencur yang dipercaya menaikkan nafsu makan.

  1. Soto Ayam Barokah

Cocok banget dimakan diwaktu hujan karena kuahnya selain enak tapi juga bisa bikin badan menjadi hangat, diramu dengan memakai bumbu khas dan diberi potongan daging. Untuk pelengkapnya, di tempat makan ini disediakan juga aneka lauk seperti tempe, tahu, sate kerang, sate mapela dan lainnya.

  1. Bebek Goreng Pak Tohir

Tidak cuman masakan bebek bacem saja yang terkenal di Klaten ini, tetapi ada juga bebek goreng milik Pak Tohir, rasanya juga gak kalah kok sama olahan bebek enak lainnya. Bebek goreng khas Pak Tohir dan sambal bawang yang pedas akan membikin kita ketagihan. kalau kalian berminat langsung saja datang ke tempatnya di  Beosole Ceper Klaten.

Nah itulah beberapa Wisata Kuliner Klaten Yang Paling Populer dan tentuya tak boleh anda lewatkan, yuk liburan ini pergi ke Klaten dan coba wisata kulinernya. Selain hidangannya enak harganya juga pas di kantong, jadi gak usah ragu untuk datang ke Klaten ya. Happy Travelling !!

Originally posted 2021-07-30 02:28:17.