Bansos lebaran 2022

BANSOS Rp 2,4 Juta Cair Sebelum Lebaran, Ini Cara Daftar Bantuan Sembako Online

BANSOS 2022 cair lagi sebelum lebaran. Simak cara daftar online bantuan bansos sembako Rp 2,4 juta melalui Aplikasi Kemensos. Bantuan Pangan Non-Tunai atau BPNT 2022 adalah nama lain dari bantuan Kartu Sembako atau bansos sembako yang cair kepada 18,8 juta penerima.

Proses pencairan BPNT 2022 ini dilakukan setiap bulan dengan nominal Rp 200 ribu per bulan per penerima atau jika ditotal mencapai Rp 2,4 juta per tahun. Dengan begitu, BPNT 2022 akan cair lagi pada bulan April mendatang atau sebelum Lebaran Idul Fitri 2022.

Aplikasi BANSOS

Jika proses penyaluran bansos sembako Rp 2,4 juta tidak ada perubahan, maka BPNT 2022 akan ditransfer melalui KKS oleh Himbara kemudian dibelanjakan menjadi bahan pangan pokok di e-warong. Namun perlu diketahui bahwa pemerintah melakukan penyesuaian pada proses pencairan BPNT 2022 periode Januari hingga Maret 2022 dengan memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai secara rapel atau sekaligus Rp 600 ribu per bulan.

TRENDING :  Bansos Rp750 Ribu per Orang Cair Bulan Ini, Cek Lewat Aplikasi ini

BPNT 2022 senilai Rp 600 ribu per bulan untuk tahap 1, 2, dan 3 ini bisa diambil secara langsung oleh penerima melalui Kantor Pos. Meskipun demikian, hingga saat ini belum diketahui secara pasti bagaimana mekanisme pencairan BPNT April 2022 atau sebelum lebaran.

Masyarakat yang merasa memenuhi syarat bisa daftar online bantuan bansos sembako Rp 2,4 juta ini melalui aplikasi resmi yang dibuat oleh Kementerian Sosial (Kemensos), dengan nama Aplikasi Cek Bansos.

Berikut tahapan pendaftaran online bansos sembako Rp 2,4 juta di aplikasi Kemensos tersebut:

1. Download dan install aplikasi tersebut
2. Buat akun terlebih dahulu
3. Masuk menggunakan akun yang dimiliki
4. Isi data diri
5. Upload berkas yang dibutuhkan
6. Daftarkan diri sendiri, orang lain, atau keluarga untuk dapat bansos sembako Rp 2,4 juta ini.
Jika terdaftar sebagai penerima, masyarakat akan menerima pemberitahuan dari Kemensos melalui kepala desa atau pegawai kelurahan.

TRENDING :  Ini Rincian Terbaru Subsidi Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021

Masyarakat juga bisa mengecek daftar nama penerima BPNT yang cair lagi sebelum lebaran 2022 secara mandiri melalui link cekbansos.kemensos.go.id.

Berikut cara cek daftar nama penerima BPNT yang cair lagi sebelum lebaran:

– Buka alamat website cekbansos.kemensos.go.id
– Masukkan nama dan alamat
– Masukkan kode huruf yang tertera di layar
– Klik ‘Cari Data’
– Lalu akan muncul informasi apakah tercatat sebagai penerima bantuan ini atau tidak

Masyarakat yang ingin mengetahui apakah terdaftar sebagai penerima bansos sembako Rp 2,4 juta ini juga bisa cek di Aplikasi Cek Bansos atau melalui Dinas Sosial setempat.

Sebelum itu, pastikan diri terlebih dahulu jika sudah tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jika belum terdaftar di DTKS, masyarakat bisa datang ke kepala desa setempat untuk memint agar direkomendasikan sebagai penerima bantuan. Itulah info terbaru soal BPNT 2022 yang cair lagi sebelum lebaran dan cara daftar online bantuan bansos sembako Rp 2,4 juta di aplikasi Kemensos.