Cara Menanam Sayuran di Polybag

Cara Menanam Sayuran di Polybag agar Tumbuh Subur

Sayur adalah (makanan) sumber nutrisi yang sangat kita butuhkan agar bisa hidup sehat dan punya imun tubuh yang kuat. Menanam sayuran sendiri. Selain bisa membantu menghemat pengeluaran rumah tangga, juga bisa membantu memastikan sayur-sayuran yang kita konsumsi adalah sayuran yang sehat dan bebas pestisida.

Ada banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk menanam sayuran. Salah satunya adalah dengan menggunakan polybag. Agar sayuran bisa tumbuh subur, berikut adalah cara menanam sayuran di polybag yang bisa anda coba.

Cara Menanam Sayur di polybag

Meskipun menanam sayuran tidak mudah, tetapi menanam sayur di dalam wadah seperti polybag jauh lebih mudah daripada menanam di kebun. Polybag bisa membantu mengurangi banyak masalah. Terutama, yang berkaitan dengan cuaca dan hama. karena polybag bisa dengan mudah dipindah-pindah.

Menanam sayur di polybag juga tidak membutuhkan ruang yang terlalu luas. Karena polybag bisa disusun sedemikian rupa. Begitu juga dengan jarak tanam yang tidak perlu diatur. Agar sayur bisa tumbuh subur di polybag, sebaiknya terapkan beberapa cara berikut ini.

Sesuaikan polybag dengan jenis tanaman

Semakin besar ukuran polybag, maka akan semakin baik hasilnya. Alasannya adalah karena, wadah yang berukuran besar bisa menampung lebih banyak tanah atau media tanam dan bisa menahan kelembaban lebih lama. Sehingga, tidak perlu terlalu sering disiram.

Baca Juga  10 Rekomendasi Tanaman Hias Gantung Cantik

Tanaman-tanaman yang berukuran besar, membutuhkan polybag yang juga besar agar akarnya bisa berkembang dengan baik. Sebaliknya, hindari menggunakan polybag berukuran kecil karena seringkali tidak dapat menyimpan air dalam waktu lama. Terlebih, jika cuaca sangat panas di musim kamarau.

Meski demikian, anda tetap bisa menggunakan polybag kecil jika menggunakan media tanam yang tepat. Media tanam seperti cocopeat atau rockwool dapat menyimpan jauh lebih banyak air dibandingkan tanah.

Pilih media tanam yang mudah didapat

Sayur adalah jenis tanaman yang sangat mudah tumbuh di berbagai media tanam. Baik itu tanah, rockwool, cocopeat, ataupun air (hidroponik).

Meski demikian, menanam dengan menggunakan campuran tanah pekarangan yang diberi pupuk kandang atau pupuk kompos adalah pilihan terbaik. Pasalnya, tanah pekarangan sangat mudah diperoleh. Begitu juga dengan pupuk kandang atau pupuk kompos yang dapat dibuat sendiri.

Tanam sayur yang bisa tumbuh baik di polybag

Pilihan sayur untuk ditanam di polybag sebenarnya sangat bergantung pada diri kita sendiri. Sebagai permulaan, cobalah menanam sayuran yang paling sering anda konsumsi.

Sebagian besar sayuran bisa dirawat dengan cara yang sama. Mereka rata-rata membutuhkan sinar matahari penuh dan media tanam berupa tanah yang dapat mengering dengan baik.

Berikut adalah rekomendasi sayur-sayuran yang cocok ditanam di dalam polybag.

  1. Tomat (Solanum lycopersicum). Tomat lebih mudah tumbuh subur apabila ditanam di wadah besar. Tomat membutuhkan penopang agar bisa produktif dan tidak menekuk ke bawah ketika berbuah. Ingat! Ada banyak jenis tomat yang bisa ditanam. Semakin besar jenis tomat yang anda tanam, maka tanaman tomat tersebut akan membutuhkan polybag yang lebih besar juga.
  2. Selada (Lactuca sativa). Menanam selada di dalam polybag sangat direkomendasikan. Karena, kita bisa mengendalikan gulma dan hama dengan sangat mudah. Pada umumnya, selada lebih mudah tumbuh jika ditempatkan di tempat yang sejuk dan tidak terlalu panas.
  3. Mentimun (Cucumis sativus). Timun adalah jenis tanaman yang membutuhkan banyak air saat tumbuh subur. Mentimun umumnya menyukai media tanam yang agak hangat.
  4. Terong (Solanum melongena). Terong membutuhkan polybag berukuran besar untuk bisa tumbuh dengan baik. Karena akarnya membutuhkan ruang yang cukup luas. Tomat adalah jenis sayuran yang membutuhkan paparan sinar matahari penuh dan membutuhkan tanah yang kelembabannya merata.
  5. Bawang merah (Allium cepa var ascalonicum). Cara menanam bawang merah adalah Pada setiap polybag berukuran 25, bisa ditanam maksimal 2 siung bawang merah agar bisa berkembang dengan baik.
  6. Cabe (Capsicum frutescens). Menanam cabai di dalam polybag sangat mudah. Anda, bahkan bisa langsung menyemai benih dan menumbuhkan bibit langsung di polybag yang sama.
  7. Kubis atau kol (Brassica oleracea var). Jenis sayuran lainnya yang mudah ditanam dan bisa tumbuh subur di dalam polybag adalah kol atau kubis.
  8. Beberapa jenis kentang membutuhkan membutuhkan waktu hingga 120 hari sebelum dipanen. Jika ingin lebih cepat, anda bisa mencoba mencari varietas yang bisa dipanen lebih cepat.
Baca Juga  20 Jenis Media Tanam untuk Sayur dan Tanaman Hias

Pilih bibit yang unggul

Jika belum bisa menyemai atau membuat bibit sendiri, jangan ragu untuk membeli bibit yang dijamin bagus dan unggul. Sambil mulai bercocok tanam, Anda bisa mencoba buat dan menumbuhkan benih sendiri agar lebih hemat.

Cara merawat tanaman sayur di polybag

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk merawat tanaman agar selalu sehat dan segar. Sejumlah sayur-sayuran seperti tomat dan mentimun membutuhkan lebih banyak air agar bisa tumbuh subur. Meski demikian, hindari menyiram secara berlebihan.

Selain membutuhkan air, tanaman juga membutuhkan nutrisi agar bisa tumbuh subur dan berbuah dengan lebat.

Tanaman di dalam pot bisa ditambahkan pupuk setiap 2 minggu atau 1 bulan sekali. Misal, dengan menggunakan pupuk kandang, pupuk kompos, atau sumber nutrisi organik untuk tumbuhan lainnya.

Baca Juga  Cara Menanam Jahe di Polybag Dengan Sangat Mudah

Cara menambahkan pupuk pada tanaman sayur di polybag sangat mudah. Berikut adalah salah satu caranya: Gali di sekeliling (bagian pinggir) polybag. Tanah hasil galian bisa ditimbun ke tengah atau di tumpuk di batang sayuran. Sedangkan lubang hasil galian bisa ditutupi dengan pupuk.

Originally posted 2021-08-17 17:33:45.