Cara Bayar Pajak Motor Online

Cara Bayar Pajak Motor Online yang Amat Mudah dan Praktis

Kemajuan teknologi saat ini semakin mempermudah masyarakat untuk melakukan berbagai hal secara online. Hal ini dikarenakan teknologi internet yang semakin canggih dan berkembang. Segala macam pembayaran, baik itu listrik ataupun tagihan-tagihan lain dapat dilakukan dengan cara online. Begitupun dengan pajak kendaraan bermotor. Berikut akan diulas mengenai cara bayar pajak motor online yang bisa Anda lakukan.

Beberapa Cara Bayar Pajak Motor Online

  1. Bayar online menggunakan aplikasi salmonas

Sebelum membayar melalui aplikasi online ini, terlebih dulu Anda persiapkan STNK dalam bentuk asli serta fotocopy, BPKB asli serta fotokopi dari kendaraan bermotor milik Anda. Jangan lupa juga siapkan KTP sesuai dengan yang tertera di STNK motor. Jika Anda sudah menyiapkan hal-hal tersebut maka lakukan hal-hal berikut ini:

  • Langkah pertama yaitu Anda download terlebih dahulu aplikasi samolnas
  • Setelah Anda mendownload aplikasi tersebut Anda install di perangkat Android Anda. Setelah itu daftarkan diri Anda. Nantinya Anda diminta untuk mengisi beberapa informasi seperti contohnya nomor polisi, nomor rangka kendaraan 5 digit bagian akhir serta NIK. Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah benar telah mengisi data tersebut. Jika Anda sudah merasa data tersebut benar maka selanjutnya Anda tinggal pilih lanjutkan.
  • Setelah itu nantinya Anda akan ditampilkan mengenai data-data dari motor yang pajaknya hendak Anda bayarkan tersebut beserta besar nominal jumlah pajak yang perlu dibayar.
  • Di sana akan muncul sebuah kode untuk membayar pajak. Yang perlu Anda ketahui bahwasannya kode ini hanya berlaku selama 2 jam saja. Jika ternyata Anda melebihi waktu 2 jam tersebut maka Anda perlu untuk mengulangi kembali proses dari awal karena proses sebelumnya telah dianggap gagal.
  • Bila proses pembayaran yang Anda lakukan sukses nantinya akan muncul e-pengesahan STNK serta e-TBPKB yang memiliki masa berlaku hingga 30 hari ke depan.
  1. Bayar pajak melalui linkAja
Baca Juga  Cara Menghapus Aplikasi di Laptop yang Sudah Tidak di Perlukan

Berikutnya yaitu cara bayar pajak motor online melalui aplikasi linkAja. Jadi selain Anda menggunakan aplikasi salmonas nyatanya Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini cukup praktis untuk digunakan.

Anda hanya cukup melakukan beberapa langkah cara membayar pajak motor online Anda melalui aplikasi ini. Langkah-langkah tersebut yaitu:

  • Pertama download terlebih dahulu aplikasi linkAja, bisa melalui playstore.
  • Jika Anda sudah mendownload aplikasi tersebut Anda tinggal menginstallnya di perangkat HP Anda
  • Langkah selanjutnya yaitu Anda perlu mengisi saldo di aplikasi link aja.
  • Setelah saldo Anda terisi maka Anda pergi ke menu lainnya.
  • Selanjutnya Anda pilih menu pajak kemudian disana Anda tinggal pilih jenis pembayaran untuk pajak motor Anda.
  • Tuliskan data-data seperti nomor mesin, NIK serta nomor polisi kendaraan bermotor Anda
  • Nantinya akan muncul informasi yang memberikan data mengenai data kendaraan Anda serta jumlah biaya pajak yang perlu Anda bayarkan. Jika ternyata sudah benar itu adalah data motor Anda, maka selanjutnya Anda masukkan PIN.
  • Jika proses pembayaran yang Anda lakukan telah sukses, nantinya akan ada pemberitahuan via SMS. Di mana itu merupakan bukti bahwa Anda telah melakukan pembayaran secara sah.
  • Langkah terakhir yaitu Anda tinggal mencetak bukti tersebut Anda bisa lakukan di tempat Anda maupun di samsat yang ada di lokasi Anda.
Baca Juga  Cara Menghilangkan Iklan di Laptop yang Muncul Tiba-Tiba

Itulah tadi dua cara bayar pajak motor online yang bisa Anda terapkan. Anda tinggal pilih mana yang menurut Anda lebih praktis bisa gunakan aplikasi salmonas atau Anda juga bisa gunakan aplikasi linkAja.

Originally posted 2021-07-22 02:09:50.