Aplikasi Monitoring CCTV Android

7 Rekomendasi Aplikasi Monitoring CCTV Android Terlaris 2023

Aplikasi Monitoring CCTV Android – Kamera pengintai atau banyak orang menyebutnya CCTV punya fungsi yang bermanfaat untuk pemiliknya. Kegunaan utama dari CCTV bagi pemilik adalah untuk merasa aman dalam memantau langsung keadaan suatu tempat saat ditinggal pergi.

Dengan perkembangan teknologi yang terus membaik dan meningkat. Kita semua kini tidak hanya bisa melakukan pengawasan CCTV dari komputer atau laptop. Tapi dengan smartphone Android yang kita miliki juga bisa dijadikan sebagai alat monitoring atau pengawasan tanpa harus terkoneksi WiFi.

Agar dapat menjalankan dengan mudah kalian hanya perlu sebuah perangkat IP Webcam. Ini bisa menjadi kendali penuh yang digabungkan pada beberapa perangkat lain, mulai dari laptop, PC, dan smartphone Android kalian.

Namun semuanya tetap membutuhkan bantuan dari aplikasi monitoring CCTV Android untuk menjalankannya. Agar kalian dapat melakukan hal ini dengan cepat dan mudah. Cek yuk, beberapa informasi yang sudah kami rangkum berikut ini. Semoga bisa mendatangkan banyak manfaat untuk kalian.

Daftar Aplikasi Monitoring CCTV Android Terbaik dan Terlaris 2023

  1. WiFi Baby Monitor

Dengan menggunakan aplikasi WiFi Baby Monitor, hari ini kalian dapat memantau ruangan layaknya perangkat CCTV. Penggunaan dari aplikasi ini terbilang mudah dan cukup meletakkan perangkat smartphone kalian pada spot yang diinginkan.

Supaya bisa terkoneksi pada kedua perangkat kalian harus menghubungkannya dengan bantuan koneksi internet (WiFi). Namun sedikit catatan bahwa WiFi yang digunakan bukan dari hotspot ponsel Android kalian (sebagai monitoring). Pastikan gunakan jaringan WiFi rumah untuk menyambungkan.

Pada saat melakukan pemantauan berlangsung, hebatnya kalian dapat melakukan zoom-in atau zoom-out serta melakukan pengaturan cahaya. Ada pun kalian bisa merekam segala jenis kegiatan yang berlangsung lewat aplikasi ini.

  1. IP Webcam

Aplikasi IP Webcam adalah sebuah aplikasi CCTV yang miliki fungsi untuk perekam aktifitas. Dengan bantuan aplikasi canggih besutan dari Pavel Khlebovich. Kalian bisa mendapatkan hasil rekaman hingga memunculkan suara.

Cara pengoprasiannya membutuhkan 2 perangkat diantaranya android dan juga PC. Namun untuk melakukan aktifitas monitoring kalian dapat menggunakan VLC Media Player dan Browser. Tidak hanya berfungsi sebagai alat pengintai saja. Akan tetapi memiliki fitur canggih yang bisa kalian pakai seperti fitur recording (perekaman), pengaturan resolusi, pendeteksian suara, dan lainnya.

  1. TinyCam Monitor

Aplikasi monitoring CCTV ini bisa mengontrol situasi jarak jauh dan menawarkan kualitas gambar bagus. Cara kerjanya terbilang sangat cukup mudah, kalian cukup menghubungkan aplikasi tinyCam dengan perangkat kamera CCTV lewat IP saja.

TRENDING :  5 Pilihan Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik dan Terpercaya

Ada pun merek kamera yang support meliputi Amcrest, D-Link, Foscam, Edimax, Pixord, Panasonic, dan lainnya. Dengan aplikasi ini, kalian semua bisa melakukan control PTZ (Pan/Tilt /Zoom) dengan perangkat kamera secara langsung untuk melihat aktifitas real-time.

  1. WardenCam

Jika kalian memiliki smartphone yang tidak digunakan dan masih berfungsi normal cukup disayangkan apabila tidak dimanfaatkan? Coba kalian fungsikan sebagai kamera pengaman untuk memantau keadaan rumah.

Dengan bantuan aplikasi WardenCam, ini dapat membantumu kalian monitoring aktifitas layaknya kamera CCTV. Ada pun kelebihan dari aplikasi ini yaitu sudah mendukung fitur Night Vision. Artinya kalian bisa terus memantau aktifitas meski dalam keadaan minim penerangan cahaya.

  1. Live Camera Viewer

Perlu kalian tahu bahwa Live Camera Viewer tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi monitoring CCTV seperti beberapa aplikasi sebelumnya yang kami informasikan. Dengan menggunakan aplikasi canggih ini, kalian semua dapat melihat CCTV secara real-time dari berbagai sudut kota di banyak Negara di dunia.

Untuk kalian yang ingin menelusuri daerah tertentu, caranya bisa dengan memilih country dan input nama-nama kota pilihan. Tapi dengan sedikit catatan jika kota yang dipilih harus sudah memiliki kamera pemantau yang menggunakan fitur streaming online publik.

  1. IP Cam Viewer Basic

Untuk kalian yang punya kamera CCTV di rumah, hari ini bisa melakukan pemantauan secara realtime lewat smartphone Android. Caranya sederhanya cukup download Aplikasi Robert Chou. Dimana ini bisa mendukung perangkat kamera yang menggunakan jaringan protokol ONVIF, RTSP, MMSH, dan lainnya.

Bukan sekedar berfungsi untuk dijadikan sebagai alat monitoring saja. Faktanya kalian juga bisa menjalankan beberapa fungsi sekaligus dengan fitur canggih yang tersematkan didalamnya. Mulai dari fungsi recording, auto-focus, dan lainnya.

  1. DroidCam Wireless Webcam

Lewat aplikasi DroidCam, kalian semua bisa gunakan dalam perangkat Android untuk menjadi CCTV dengan fungsi yang mirip seperti webcam IP. Artinya kalian secara menyeluruh dapat memantau segala aktifitas yang terekam dalam perangkat melalui browser (realtime).

Hebatnya lagi adalah aplikasi DroidCam canggih ini sudah dipakai oleh pengguna Android lebih dari 5 juta. Ini juga sudah mendukung resolusi tinggi (HD sampai 720p. Jadi secara menyeluruh ketajaman gambar dan kualitasnya sangat terjamin.