Tutorial Install Windows 10
Tutorial Install Windows 10

Tutorial Install Windows 10 Sendiri di Laptop 100% Berhasil

Pandawanews.com – Tampilan yang semakin rapi, bersih dan aksen canggih yang diberikan membuat banyak orang ingin upgrade sistem operasi perangkatnya menggunakan Windows 10. Alhasil banyak tutorial install Windows 10 dicari.

Menginstall Windows 10 pada laptop sebenarnya cukup mudah. Bahkan bisa dilakukan dengan membayar jasa. Namun kalau Anda ingin menginstallnya sendiri, berikut tutorial selengkapnya!

Tutorial Install Windows 10 di Laptop dengan mudah

Instal Windows 10 menggunakan Media Creation Tool

Tutorial install Windows 10 yang pertama ini sangat cocok bagi Anda yang belum memiliki file ISO Windows 10. Namun dengan menggunakan Media Creation Tool ini memerlukan proses yang membutuhkan koneksi internet yang cepat. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menggunakan wifi agar aksesnya lebih lancar.

Sebelum menginstall dengan menggunakan flashdisk, Anda diharuskan untuk memindahkan file terlebih dahulu karena flashdisk Anda akan diformat. Selanjutnya Anda bisa mengunduh Media Creation Tool dan kemudian tancapkan flashdisk pada laptop Anda. Cara selanjutnya adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama Anda harus membuka media creation tool yang telah di unduh.
  • Selanjutnya Anda klik “Accept” untuk menyetujui MICROSOFT SOFTWARE LICENSE TERMS.
  • Kemudian klik menu “Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC” dan tab “Next”.
  • Selanjutnya pada menu “Language” pilih English (United States) dan pada menu Edition klik “Windows 10”, sedangkan pada menu Architecture klik menu 64-bit (x64) dan dan tab “Next”.
  • Klik menu bahasa kemudian pilih USB flash drive dan tab menu Next dan tunggu hingga proses selesai kemudian klik finish.
TRENDING :  Cara Membuka Hp iPhone Yang Terkunci Dengan Mudah

Install Windows 10 menggunakan Rufus

Cara install windows yang kedua ini bisa Anda gunakan jika sudah memiliki file ISO Windows 10. Namun disarankan jika menggunakan cara ini untuk memindahkan file terlebih dahulu karena flashdisk akan di format.

  • Langkah pertama Anda bisa mengunduh aplikasi rufus.
  • Selanjutnya Anda bisa menancapkan flashdisk ke laptop Anda.
  • Kemduian buka aplikasi rufus dan pada menu Boot selection pilih Disk or ISO image tab menu Select dan cari di mana file ISO Anda berada.
  • Kemudian pada menu Image Option pilih Standard Windows installation dan pada menu Partition scheme klik menu GPT. Pada target system klik menu UEFI (non CSM). Sedangkan pada menu Volume Label isikan nama sesuai dengan keinginan anda.
  • Jika sudah melakukan cara diatas maka Anda bisa klik file system dan tab menu FAT32. Kemudian klik menu Start.
TRENDING :  Cara Membuat Flowchart Di Word

Ubah pengaturan boot priority pada BIOS

Setelah mengikuti cara – cara diatas maka tutorial install Windows 10 yang selanjutnya Anda diharuskan untuk mengubah pengaturan yang terdapat pada BIOS. Tancapkan flashdisk Windows 10 jika menggunakan flashdisk atau masukkan DVD win 10 jika menggunakan DVD. Setelah itu, nyalakan laptop Anda.

Setelah layar menyala tekan tombol ESC, DEL, F1 atau F2 pada keyboard untuk masuk ke BIOS. Setelah berhasil masuk ke BIOS maka Anda bisa masuk ke Menu pengaturan Boot. Apabila Anda menginstall dengan menggunakan flashdisk maka anda bisa mengubah nama boot pertama menjadi USB atau Removable Devices. Namun apabila Anda menggunakan DVD maka Anda bisa mengubah boot pertama menjadi CD-ROM Drive.

TRENDING :  Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Cepat Habis Dengan Mudah

Setelah itu Anda bisa Removable Device jika menggunakan flashdisk atau Anda juga bisa mengikuti keterangan di kanan layar yakni Anda harus menggunakan tombol + untuk menaikkannya ke posisi pertama.

Instalasi Windows 10 lainnya

Selain cara di atas, masih ada cara lain untuk install Windows 10. Langkah – langkah untuk install Windows 10 lainnya sebagai berikut :

  • Langkah pertama laptop Anda akan restart otomatis.
  • Kemudian klik enter untuk memulai instal Windows 10.
  • Selanjutnya Anda bisa mengubah time and currency format dengan memilih Indonesian (Indonesia) dan klik Next.
  • Kemudian klik Install Now untuk melanjutkan proses instalasi.
  • Jika muncul Select the operating system you want to install maka pilih sesuai dengan keinginan anda dan klik Next.
  • Klik I accept the license terms untuk menyetujuinya dan pilih Custom: Install Windows only (advanced) untuk menginstal Windows 10.

Demikianlah ulasan mengenai tutorial install windows 10 yang bisa Anda coba sendiri. Semoga bermanfaat!