Jualan Foto di Aplikasi Apa

Jualan Foto di Aplikasi Apa? | Ide Menghasilkan Cuan dari Jual Foto

Jaman sekarang, hampir semua orang bisa menghasilkan uang melalui internet. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjual foto di aplikasi. Namun, aplikasi seperti apa sih yang bisa digunakan untuk jualan foto? Berikut adalah daftarnya.

1. Shutterstock

Shutterstock sudah sangat terkenal di kalangan fotografer, baik pemula maupun profesional. Aplikasi penghasil uang jual foto ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk menjual foto Anda. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapat dari Shutterstock:

1.1. Pembayaran Kompetitif

Shutterstock memberikan pembayaran yang kompetitif untuk setiap foto yang terjual. Komisi yang diberikan bisa mencapai 30%, tergantung dari lisensi yang diberikan pada foto tersebut.

1.2. Tersedia Fitur Unik

Shutterstock juga menyediakan fitur unik, seperti “Collections” yang mempermudah pembeli untuk mencari foto yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

1.3. Tidak Terbatas

Anda bisa mengupload foto sebanyak-banyaknya ke Shutterstock, tanpa ada batasan jumlah. Jadi, semakin banyak foto yang Anda upload, semakin besar pula potensi untuk mendapatkan uang.

2. Getty Images

Getty Images juga menjadi salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk jualan foto. Berikut adalah keuntungan-keuntungannya:

2.1. Brand yang Terpercaya

Getty Images sudah sangat dikenal sebagai platform penjualan foto yang terpercaya. Dengan bergabung di Getty Images, maka akan memberikan keuntungan bagi para penjual untuk menjangkau lebih banyak pembeli.

2.2. Komisi yang Tinggi

Getty Images memberikan komisi sebesar 20% untuk setiap foto yang berhasil terjual. Adapun pembayaran akan diberikan setelah terkumpul minimal $50.

2.3. Lisensi yang Beragam

Anda pun bisa memilih lisensi apa yang ingin digunakan untuk foto Anda. Getty Images memiliki lisensi yang cukup beragam, seperti lisensi Rights-Managed dan Royalty-Free.

3. Adobe Stock

Adobe Stock juga menjadi salah satu aplikasi yang populer untuk menjual foto. Apa saja keuntungannya? Simak di bawah ini:

3.1. Mudah Digunakan

Adobe Stock dirancang dengan sangat sederhana dan mudah digunakan. Hal ini membuat Anda lebih mudah untuk menjual foto di sini, terlebih bagi pemula.

3.2. Komisi yang Baik

Adobe Stock memberikan komisi sebesar 33% untuk setiap foto yang terjual. Adapun pembayaran akan diberikan setelah terkumpul minimal $25.

3.3. Integrasi dengan Adobe Creative Cloud

Jika Anda adalah pengguna Adobe Creative Cloud, maka bisa langsung mengupload foto Anda ke Adobe Stock dengan cepat dan mudah. Hal ini tentu sangat mempermudah dalam hal pengeditan foto.

4. Alamy

Alamy mungkin belum terlalu dikenal di Indonesia, namun platform ini juga sangat bagus untuk jualan foto. Berikut adalah keuntungannya:

4.1. Tidak Ada Batasan Waktu

Alamy tidak menetapkan batasan waktu untuk foto yang di-upload. Sehingga, foto yang Anda upload bisa berpotensi untuk terjual dalam jangka waktu yang lama.

4.2. Tidak Ada Batasan Jumlah Foto

Anda pun bisa mengupload sebanyak-banyaknya foto ke Alamy, tanpa ada batasan jumlah. Artinya, semakin banyak foto yang Anda upload, semakin besar pula potensi untuk mendapatkan uang.

4.3. Komisi yang Tinggi

Alamy memberikan komisi sebesar 50% untuk setiap foto yang terjual. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan komisi yang tinggi dari jualan foto, maka bisa mencoba platform ini.

5. Etsy

Etsy menjadi salah satu platform yang bisa dimanfaatkan untuk jualan foto. Berikut adalah keuntungannya:

5.1. Kuat untuk Penjualan Foto Kreatif

Jika Anda lebih fokus pada foto-foto dengan konsep yang unik dan kreatif, maka Etsy bisa menjadi pilihan yang tepat. Platform ini memang cukup kuat untuk penjualan foto kreatif.

TRENDING :  Aplikasi Edit Foto Untuk Jualan Makanan, Bikin Pembeli Makin Ngiler

5.2. Banyak Pembeli Potensial

Etsy memiliki banyak pengguna yang siap membeli foto-foto kreatif. Sehingga, semakin unik dan menarik foto yang di-upload, semakin tinggi pula potensi untuk mendapatkan uang.

5.3. Mudah Digunakan

Etsy dirancang dengan sangat mudah digunakan, bahkan oleh para pemula. Sehingga, bagi Anda yang ingin mencoba jualan foto online, bisa langsung mencoba platform ini.

FAQs

Apakah saya harus membayar untuk bergabung di platform ini?

Tidak, Anda tidak perlu membayar apapun untuk bergabung di platform ini. Anda hanya perlu memecahkan komisi yang diberikan setelah foto yang di-upload terjual.

Apakah saya tetap memiliki hak cipta atas foto yang di-upload?

Tentu saja. Anda tetap memiliki hak cipta atas foto yang di-upload ke platform tersebut. Namun, Anda memberikan hak untuk memperjualbelikannya pada pembeli.

Apakah saya bisa menjual foto yang sudah saya upload di platform lain?

Itu tergantung pada peraturan masing-masing platform. Ada yang mengizinkan, namun ada juga yang tidak mengizinkan.

Kesimpulan

Jualan foto di aplikasi memang bisa menjadi salah satu cara yang menghasilkan uang dengan mudah. Ada berbagai platform yang bisa dimanfaatkan, seperti Shutterstock, Getty Images, Adobe Stock, Alamy, dan Etsy. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan keuntungan dan nhilai unik dari masing-masing platform sebelum memutuskan untuk bergabung. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba jualan foto di aplikasi. Selamat mencoba!

Jualan Foto di Aplikasi Apa?

Semakin berkembangnya teknologi digital, terbuka peluang usaha baru yang bisa diwujudkan dengan modal sosial media dan aplikasi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi untuk menjual jasa fotografi. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk jualan foto.

Instagram

Instagram adalah aplikasi media sosial yang sangat populer di Indonesia. Tak hanya sebagai sarana berbagi foto, Instagram juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk menjual jasa fotografi. Dalam Instagram, Anda bisa memanfaatkan hashtag khusus untuk menjangkau calon konsumen dan memposting portofolio jasa fotografi Anda.

ShutterStock

ShutterStock adalah aplikasi jual beli foto yang sangat populer di kalangan fotografer. ShutterStock menerima foto-foto dari berbagai genre, mulai dari wisata, kuliner, hingga fashion. Namun, untuk bisa menjual foto di ShutterStock, foto yang diupload harus sudah melalui proses seleksi oleh tim ShutterStock.

Fotolia

Fotolia adalah aplikasi jual beli foto yang menawarkan komisi yang cukup menarik. Untuk bisa menjual foto di Fotolia, fotografer harus mendaftar sebagai kontributor dan melalui proses seleksi yang cukup ketat. Namun, jika foto Anda diterima, Anda bisa mendapatkan komisi mulai dari 20 hingga 63 persen dari harga jual.

500px

500px adalah aplikasi media sosial yang khusus untuk fotografer. Selain sebagai sarana untuk berbagi foto, 500px juga menyediakan fitur Marketplace untuk menjual foto. Namun, untuk bisa menjual foto di 500px, Anda harus mendaftar sebagai fotografer profesional dan melalui seleksi yang ketat.

PicFair

PicFair adalah aplikasi jual beli foto yang menawarkan fitur upload foto secara langsung dari smartphone. Fitur ini sangat memudahkan fotografer yang ingin menjual jasa fotografi dengan cepat dan mudah. Selain itu, PicFair juga menawarkan sistem pembayaran yang tergolong cukup adil, dengan 50 persen dari harga jual diberikan pada fotografer.

EyeEm

EyeEm adalah aplikasi media sosial yang menawarkan fitur Market untuk menjual foto. Foto yang diupload ke EyeEm bisa dijual ke perusahaan atau individu yang membutuhkan gambar berkualitas tinggi untuk keperluan bisnis atau pribadi. EyeEm menawarkan komisi 50 persen dari harga jual untuk fotografer.

TRENDING :  Foto Apa Saja yang Bisa Dijual? Dan Berpotensi Laku untuk Dijual

Snapwire

Snapwire adalah aplikasi jual beli foto yang menawarkan sistem pembayaran unik, yaitu fotografer bisa memasang harga yang diinginkan untuk setiap foto yang dijual. Selain itu, Snapwire juga menawarkan fitur penawaran tugas fotografi yang bisa diambil oleh fotografer yang tertarik.

Foap

Foap adalah aplikasi jual beli foto yang menawarkan sistem pembayaran yang cukup menarik. Fotografer bisa mendapatkan komisi hingga 50 persen dari harga jual atas setiap foto yang berhasil dijual. Namun, untuk bisa menjual foto di Foap, foto yang diupload harus sudah melalui proses seleksi oleh tim Foap.

FAQs

1. Apakah saya harus memiliki kamera profesional untuk jualan foto di aplikasi?

Tidak harus. Meski kamera profesional memang memberikan hasil foto yang lebih baik, namun Anda bisa memanfaatkan kamera smartphone Anda dengan teknik fotografi yang baik.

2. Berapa komisi yang bisa didapatkan dari menjual foto di aplikasi jual beli foto?

Komisi bervariasi, tergantung dari aplikasi yang digunakan dan harga penjualan foto. Namun, umumnya fotografer bisa mendapatkan komisi mulai dari 20 hingga 50 persen dari harga jual.

3. Apakah foto yang dijual harus memiliki hak cipta?

Ya, foto yang dijual harus memiliki hak cipta yang dimiliki oleh fotografer.

Kesimpulan

Memanfaatkan aplikasi untuk menjual jasa fotografi memang menjadi peluang usaha yang menarik. Namun, dibutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk bisa menjual foto secara konsisten dan meraih keuntungan yang diinginkan. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda sebagai fotografer untuk memulai bisnis jualan foto di aplikasi.