Cara Cek IMEI iPhone Resmi

Cara Cek IMEI iPhone Resmi Yang Asli Atau Palsu Dengan Mudah

Cek IMEI iPhone – IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, nomor identifikasi unik. Dengan kata lain, kode produksilah yang membedakan satu perangkat dengan perangkat lainnya.

Masih bingung tentang apa itu IMEI dan apa yang harus dilakukan dengan iPhone Anda? IDN Times berikut merangkum review IMEI dan cara cek IMEI iPhone yang mudah untuk memverifikasi keaslian iPhone yang Anda beli.

Cara Cek IMEI iPhone asli apa palsu

Sebelum kita ulas bagaimana cara cek IMEI pada iPhone alangkah baiknya jika kita tau dulu manfaat dan kegunaan IMEI pada perangkat iPhone yang anda miliki.

Apa yang dilakukan IMEI di iPhone?

IMEI biasanya terdiri dari nomor unik 14 hingga 16 digit. Nomor ini biasanya diperlukan jika Anda akan memperbaiki perangkat yang rusak. Tidak hanya itu, IMEI juga berguna jika iPhone Anda hilang atau dicuri. Di sini kami meninjau kemampuan IMEI lengkap dari iPhone.

1. Kenali spesifikasi lengkap iPhone Anda

Spesifikasi iPhone dapat menjadi informasi umum tentang perangkat. Mengetahui IMEI Anda juga dapat memeriksa banyak hal. Untuk hanya menggunakan iPhone asli dan bukan produk rekondisi dari seri lain, cukup gunakan nomor IMEI Anda.

Hal ini tentu sangat penting jika iPhone yang Anda beli adalah iPhone bekas. Untuk lebih percaya diri tentang iPhone asli, periksa situs web resmi Apple.

2. Blokir ponsel Anda jika hilang atau dicuri

Tak seorang pun ingin kehilangan barang berharga, termasuk iPhone. Saya memiliki banyak file penting yang tersimpan di perangkat saya dan saya ingin melindunginya. Nomor IMEI mungkin merupakan pengidentifikasi paling spesifik dan mungkin tidak sama dari perangkat ke perangkat.

IMEI digunakan untuk mengidentifikasi kartu SIM sehingga dapat digunakan untuk komunikasi. Jika iPhone Anda hilang atau dicuri, segera laporkan agar tidak ada yang bisa mengaksesnya. Anda dapat mengunci iPhone Anda di situs web Informasi IMEI atau Anda dapat menghubungi Layanan Pelanggan Apple.

3. Larangan peredaran produk ilegal di Indonesia

Pengguna iPhone di Indonesia memang sudah banyak, namun tidak semua pengguna membeli produk resmi dari distributor berlisensi di Indonesia. IMEI iPhone Anda bisa menjadi bukti bahwa Anda tidak menggunakan produk pasar gelap. Meskipun produk ini adalah produk perdagangan, itu adalah impor ilegal.

IPhone resmi memiliki IMEI yang terdaftar di Kementerian Perindustrian atau database Kementerian Perindustrian. Anda sekarang dapat memeriksa IMEI Anda melalui situs web yang dihasilkan. Anda dapat mengakses website ini dari komputer atau smartphone Anda.

TRENDING :  Boros Parah? Berikut 20 Cara Menghemat Baterai IPhone Lakukan Tips Ini

4. Bantuan untuk memeriksa masa garansi ponsel

Anda dapat menggunakan IMEI untuk memeriksa masa garansi iPhone Anda. Anda dapat memperoleh informasi ini secara online di situs web Dukungan Cakupan AppleCare resmi. Atau, Anda dapat mengakses situs tertentu seperti Iunlocker. Dari sana, Anda dapat memeriksa apakah ponsel Anda masih dalam garansi atau tidak.

Bagaimana cara mengecek IMEI iPhone ?

Cara Cek IMEI iPhone Resmi
Cara Cek IMEI iPhone Resmi

Cek IMEI di Kardus iPhone

Jika Anda masih ingat di mana Anda meletakkan kardus iPhone Anda, keluarkan dan periksa bagian belakangnya. Ada beberapa jenis angka. Ini memiliki nomor SN, SKU dan IMEI.

Jadi bagaimana jika Anda memiliki dua nomor IMEI yang berbeda? Beberapa perangkat memiliki IMEI1 dan IMEI2. Ini menunjukkan bahwa perangkat memiliki dua slot kartu SIM. Biasanya ini terjadi pada ponsel Android.

Periksa Melalui Sistem di Pengaturan iPhone

Nah, jika Anda tidak ingin repot mencari kotak yang tidak Anda ketahui letaknya, Anda bisa mengecek sendiri pengaturan iPhone Anda.

Caranya adalah dengan masuk ke Settings > General > About. Berikut spesifikasi lengkap ponsel tersebut, termasuk nomor IMEI.

Periksa bagian belakang iPhone Anda

Jika Anda memiliki iPhone tipe 5/5c/5s/6/6+, Anda juga dapat memeriksa IMEI di bagian belakang. Itu terukir di bagian bawah dekat kata iPhone. Sangat mudah, bukan? Ternyata IMEI terdaftar secara otomatis di perangkat yang sebenarnya.

Periksa slot kartu SIM

Tidak hanya tertulis di bagian belakang iPhone, Anda juga bisa menemukannya di slot kartu SIM. Anda harus mengeluarkannya terlebih dahulu. Nomor IMEI/MEID ditampilkan di bagian atas. Namun, ini hanya berlaku untuk model tertentu.

Cek IMEI iPhone dengan kode Dial

Cara ini bisa dilakukan di semua jenis ponsel, termasuk iPhone. Metodenya sangat sederhana. Masuk saja ke menu telepon dan masukkan kode *#06#. Perangkat Anda akan secara otomatis menampilkan nomor IMEI Anda.

Cara cek IMEI iPhone asli atau Palsu

Jika Anda sudah mengetahui nomor IMEI iPhone Anda, sekarang Anda dapat langsung mencocokkannya dengan nomor IMEI di kotak iPhone Anda. IPhone asli akan memiliki nomor IMEI yang sama persis di bagian fisik, kotak, dan sistem.

Anda juga dapat mencocokkan IMEI melalui situs web http://www.imei.info setelah benar-benar memeriksa IMEI iPhone Anda. Jadi, ketika memasuki situs, Anda hanya perlu memasukkan nomor IMEI yang Anda dapatkan dari iPhone Anda. Setelah itu, situs akan memberikan data lengkap tentang iPhone Anda.

Jika Anda memasukkan nomor IMEI yang tercantum di iPhone Anda, tetapi data yang ditampilkan adalah dari iPhone lain (bukan dari iPhone Anda), iPhone Anda pasti iPhone palsu.

Sebaliknya, jika datanya cocok dan akurat 100%, berarti iPhone tersebut asli. Baik?

Tips Membeli iPhone Asli

Berikut beberapa tips untuk sobat yang ingin membeli smartphone iPhone bergaransi asli. Jadi tips ini sangat penting untuk tidak tertipu saat membeli iPhone.

  • Beli iPhone dari Apple Store resmi. Dengan cara ini Anda dapat memastikan bahwa iPhone yang dijual di sana selalu resmi atau asli.
  • Saat membeli iPhone, jangan malu untuk memverifikasi sendiri keaslian iPhone Anda menggunakan metode di atas.
  • Sobat, jangan mudah tergiur dengan harga iPhone yang murah. Sebab, secara umum, baik toko ponsel maupun situs jual beli ponsel online tidak akan menawarkan iPhone terbaru dengan harga yang cukup murah.
  • Satu tip terakhir, coba sambungkan iPhone Anda ke iCloud atau iTunes. Jika tidak ada kesalahan atau OK, Anda dapat memverifikasi bahwa iPhone yang Anda coba beli adalah iPhone asli.
TRENDING :  Cara menghapus akun Google yang ditautkan dari Google Home

IMEI Tak Terdaftar di Database Kemenperin

IMEI Tak Terdaftar di Database Kemenperin
IMEI Tak Terdaftar di Database Kemenperin

Jika Anda membeli ponsel di luar negeri dan belum terdaftar di Kementerian Perindustrian, nomor IMEI Anda otomatis diblokir oleh pemerintah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mendaftarkan nomor IMEI yang tidak terdaftar ke Kementerian Perindustrian. Silahkan cek uraian berikut.

Cara mendaftarkan IMEI dengan departemen industri yang tidak terdaftar

IMEI Indonesia harus didaftarkan ke Kementerian Perindustrian melalui aplikasi resmi bea cukai yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi ini telah resmi diluncurkan oleh Administrasi Umum Kepabeanan dan Cukai Indonesia.

Umumnya, nomor IMEI terdiri dari 14 digit dan digunakan untuk memverifikasi berbagai informasi dari setiap ponsel. Mulai dari tempat pembuatan HP, pabrikan, dan nomor model HP.

Anda juga dapat mengakses halaman resmi melalui browser Anda. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Cek nomor IMEI di setting HP. Biasanya nomor tersebut disisipkan di bagian bawah “Informasi telepon “. Jika demikian, silakan unduh aplikasi bea cukai seluler atau buka halaman resmi beacukai.go.id.

2. Pada halaman utama berikutnya yang muncul, pilih “IMEI ” dan Anda akan diminta untuk memasukkan seluruh data pribadi Anda ke dalam formulir. Jika Anda memilikinya, Anda akan menerima barcode berupa kode QR dan sertifikat pendaftaran.

3. Selanjutnya, ambil perangkat yang Anda beli di luar negeri dan langsung ke bea cukai. Setelah itu, penanggung jawab memindai kode QR di kantor pemeriksaan pabean.

4. Dengan cara ini, pengguna bisa mendapatkan persetujuan bea cukai dan memasang kartu SIM dari operator lokal Indonesia.

Selain memasukkan informasi pribadi, Anda juga akan diminta memasukkan informasi penerbangan dan informasi produk yang dibeli di luar negeri. Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk memeriksa ulang nomor IMEI Anda dan pastikan Anda terdaftar di Departemen Perindustrian.

1. Buka halaman resmi https://imei.kemenperin.go.id/ di browser HP atau laptop kamu.

2. Kemudian masukkan nomor IMEI yang didapat pada kolom “Cek IMEI”. Kemudian tekan Enter pada keyboard Anda atau klik logo “Search” yang tersedia.

Selama ini kita telah mempelajari tata cara dan informasi pendaftaran IMEI tidak terdaftar oleh Kementerian Perindustrian. Jadi setiap kali Anda membeli ponsel di luar negeri, catat nomornya.

Cara Cek IMEI iphone Garansi resmi IBOX

Cara Memeriksa Garansi iPhone

Setelah mengetahui jenis garansi iPhone, Anda juga perlu mengetahui cara memeriksa garansi iPhone untuk memastikan iPhone Anda asli. Untuk memeriksa garansi iPhone Anda, Anda perlu mengetahui IMEI atau nomor seri iPhone yang Anda beli. Mengetahui IMEI Anda dapat membantu Anda memeriksa garansi iPhone Anda. Anda dapat memeriksa apakah itu asli atau tidak, dan apakah itu masih tidak valid.

TRENDING :  Cara Download Status WhatsApp Gebetan Paling Mudah

Nah, berikut ini cara cek garansi iPhone yang berlaku.

  • Di iPhone Anda, buka menu Pengaturan.
  • Kemudian pilih “Umum” dan masuk ke opsi menu “Tentang”.
  • Di layar, Anda akan melihat nomor seri yang mewakili IMEI iPhone Anda.
  • Kemudian kunjungi https://support.apple.com/, masukkan IMEI Anda dan pilih negara Anda.
  • Dari menu Service & Repair, pilih opsi “View service and support coverage”.
  • Rincian status garansi iPhone Anda akan muncul di layar nanti.

Selain cara cek garansi iPhone di atas, kamu juga bisa cek garansi iPhone dengan cara berikut ini:

  • Buka menu Telepon di perangkat Anda.
  •  Masukkan kode *#06# di menu telepon
  • IMEI atau nomor seri perangkat Anda akan ditampilkan di layar iPhone.
  • Selanjutnya kunjungi https://checkcoverage.apple.com/id/in/ dan masukkan serial number iPhone kamu.
  • Masukkan serial number atau IMEI Anda pada kolom yang tersedia dan konfirmasi.
  • Pilih menu ‘Ikuti’
  • Layar akan menampilkan keaslian perangkat, garansi dan informasi penting lainnya.

Cara mengklaim garansi iPhone Anda

Pengguna iPhone pemula umumnya tahu bahwa satu-satunya cara untuk mengklaim garansi iPhone adalah dengan menghubungi Penyedia Layanan Resmi Apple atau AASP. Di Indonesia sendiri, banyak yang menganggap AASP setara dengan iBox.

Namun, Anda harus tahu bahwa iBox bukan AASP. Ini karena iPhone pihak ketiga adalah satu-satunya yang bertindak sebagai distributor resmi daripada Apple Store resmi. Di Indonesia, iBox adalah penjual yang hebat. Namun, tidak ada ibox di luar negeri seperti Singapura dan Malaysia. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tidak ada klaim garansi yang dapat dilakukan terhadap iBox.

Lantas, bagaimana cara mengklaim garansi produk Apple? Klaim garansi iPhone dilakukan dengan terlebih dahulu menghubungi Dukungan Apple. Dalam hal ini, Anda memiliki dua opsi untuk menghubungi Dukungan Apple.

 Dukungan Apple Resmi

Kunjungi support.apple.com dan kirimkan data apa pun yang Anda miliki. Anda dapat memberikan data dan menjelaskan kasus Anda melalui pesan teks atau panggilan telepon. Memilih telepon pertama-tama akan menghubungkan Anda ke Dukungan Apple di Singapura. Setelah menerima nomor kasus, kasus tersebut akan dikirim ke AASP Indonesia terdekat.

 Dukungan Apple Indonesia

Opsi kedua adalah menelepon Dukungan Apple di Indonesia di 0800102 7753. Anda dapat menggunakan nomor ini untuk terhubung dan menelepon perwakilan Apple di Indonesia. Setelah Anda berhasil menerima nomor kasus Anda, Anda harus melalui beberapa langkah untuk mengklaim garansi Anda mengikuti instruksi dari Apple Support Indonesia.

Singkatnya, berikut adalah langkah-langkah untuk mengklaim garansi iPhone Anda:

  1. Hubungi Dukungan Apple
  2. Deskripsi kondisi produk atau keluhan
  3. Kunjungi AASP
  4. Lakukan penghentian atau proses penuh di AASP (biasanya hingga 21 hari kerja)
  5.  Pemberitahuan penerimaan klaim
  6. Ganti perangkat, jika ada.

Demikian ulasan lengkap tentang cara cek IMEI pada iPhone dan cara menggunakan IMEI untuk hal-hal yang sangat bermanfaat.