Bantuan Modal Usaha Rp 3,5 Juta

Buruan Cek!! Kemensos Berikan Bansos Modal Usaha Rp 3,5 Juta, Begini Cara Mendaftarnya

Pemerintah terus berupaya menekan angka kemiskinan di Indonesia dengan menggelontorkan sejumlah dana bantuan sosial (bansos) selama pandemi covid 19 ini. Salah satu bentuk bantuan sosial adalah program kewirausahaan sosial (Prokus) dari Kementerian Sosial yang memberikan modal usaha hingga Rp 3,5 juta. Program bantuan ini diberikan kepada Penerima Manfaat dari Program Keluarga Harapan ( PKH) yang akan graduasi. Artinya, mereka yang masih dalam kategori miskin dan rentan miskin, tetapi sudah graduasi karena komponennya tidak terpenuhi.

Baca Juga  Link Untuk Cek Bantuan Modal Usaha UMKM Rp 3,5 Juta Dari kemensos

Setelah sukses menyalurkan dana BLT UMKM senilai Rp 2,4 Juta kepada para pelaku usaha yang terdaftar, kali ini Kemensos kembali akan memberikan “Bansos Modal Usaha” senilai Rp 3,5 Juta. Tentunya ini adalah peluang buat anda yang belum sempat mendapatkan BLT UMKM tahap 1 dan 2.

Informasi tentang Bansos Modal Usaha senilai Rp3,5 Juta dari Kemensos ini telah dikonfirmasi oleh Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara dan memberikan keterangan bahwa tujuan memberikan bantuan ini adalah penerima yang selaku pegiat usaha kecil bisa mandiri dan tentunya untuk mengatasi dampak pandemi juga merupakan program reguler Kemensos RI.

Kali ini kami akan membagikan cara mendapatkan Bansos Rp 3,5 Juta dari Kemensos terbaru ini, jadi untuk para pelaku usaha kecil yang belum sempat mendapatkan bantuan UMKM tahap 1 dan tahap 2 kemarin bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan Bansos Rp 3,5 Juta ini. Adapun cara mendapatkannya adalah harus memenuhi kriteria ataupun syarat yang sudah ditentukan oleh Kemensos.

Baca Juga  Cek Sekarang, Ada BLT Rp3,4 Juta untuk Anak Sekolah, Berikut Syarat-syarat yang Harus Dipenuhi
“Pada prinsipnya, bantuan untuk usaha kecil itu kan sudah ditangani kementerian tersendiri ya. Bantuan program kewirausahaan Kementerian Sosial menyasar target yang spesifik, yakni para KPM PKH Graduasi yang memiliki rintisan usaha,” ungkapnya Menteri Ari.

Kementerian Sosial (Kemensos) RI memberikan bantuan wirausaha sosial kepada 10.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Graduasi yang memiliki rintisan usaha mikro terdampak pandemi Covid-19.

Total anggaran bantuan dari Kemensos ini mencapai Rp5 miliar, sebagai Bantuan Sosial Insentif Modal Usaha (BSIMU) yang dibagikan masing-masing Rp500.000.

Baca Juga  Cara Mendaftar Bansos Ibu Hamil Dari PKH Kemensos 2021

3 Syarat Bansos Rp 3,5 Juta Dari Kemensos

Adapun syarat dan cara untuk mendapatkan bantuan ini tentunya Anda harus memenuhi sejumlah kriteria yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Syarat-syaratnya itu adalah :

  1. Warga Miskin / Rentan miskin.
  2. Anggota Aktif di KPM PKH yang sudah digraduasi oleh data Kemensos, KPM PKH Graduasi dimaksud adalah mereka yang masih dalam kategori miskin dan rentan miskin namun graduasi karena beberapa komponennya tidak memenuhi.
  3. Memiliki rintisan usaha ultra mikro di bidang tertentu.
Baca Juga  Syarat dan Cara Daftar Penerima Bansos Dari Program Keluarga Harapan (PKH) 2021

Setelah itu, penerima bantuan akan diseleksi dan akan menerima pendampingan dan bantuan sosial insentif modal usaha sebesar Rp3,5 juta per KPM untuk lebih mengembangkan usahanya.

Cara mendaftar bantuan ini, pihak Kementerian sosial melakukan seleksi terhadap KPM PKH yang sudah di graduasi, dan jika Anda lolos akan diinfokan oleh pendamping PKH.

Untuk memastikan anda termasuk orang-orang yang memenuhi syarat mendapatkan Bansos Modal Usaha ini adalah dengan mengecek secara online di link dibawah ini :

Link Untuk Cek Bantuan Modal Usaha UMKM Rp 3,5 Juta Dari kemensos

Cara mengecek data anda cukup mudah, setelah masuk kehalaman link tadi lihat bagian atas ada kolom Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dan isi sesuai data yang bernar. Jika anda terdaftar, Anda dapat mendatangi kantor kecamatan tempat Anda tinggal.