Cara Mengatasi HP Sering Restart Sendiri

Cara Mengatasi HP Sering Restart Sendiri Paling Mudah

Mengatasi HP Sering Restart – Jika Anda adalah salah satu pengguna smartphone Android terkadang Anda menghadapi masalah smartphone Android Anda yang tiba – tiba mati tetapi kemudian merestart sendiri secara otomatis, hal ini tentu sangat menjengkelkan apalagi jika Anda sedang bermain game sehingga Anda harus mengulanginya dari awal atau pada saat Anda mengetik pesan yang panjang namun belum sempat mengirimnya sehingga pesan Anda hilang dan harus mengetik dari awal lagi.

Penyebab dari smartphone Android yang sering mengalami restart sendiri sebenarnya sangat banyak di antaranya adalah ada aplikasi yang tidak cocok dengan sistem Android Anda, aplikasi sudah terlalu lama tidak diupdate,  adanya virus dalam Android Anda, sistem Android yang membutuhkan upgrade, dan masih banyak lagi masalah – masalah lainnya. Jika Anda bingung masalah mana yang menyebabkan smartphone Android Anda sering melakukan restart sendiri, silahkan Anda lakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya.

Tips Mengatasi HP Android Restart Sendiri 

  1. Periksalah Aplikasi Anda Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan memeriksa aplikasi yang terakhir Anda instal pada smartphone Anda karena bisa jadi aplikasi tersebut tidak sesuai dengan sistem Android terlebih lagi jika Anda menginstal aplikasi tersebut bukan dari Google Play Store, untuk mengatasinya cobalah untuk meremove aplikasi tersebut dari Android Anda dan cobalah amati apakah Android masih sering restart.
  1. Periksa Pengaturan Android Terkadang kita tidak sengaja mengubah pengaturan yang ada di sistem Android yang bisa mengakibatkan berbagai masalah salah satunya adalah smartphone yang sering restart sendiri karena perubahan pada sistem, untuk mengatasinya cobalah lakukan pengaturan kembali ke setelan awal dan setelah itu cobalah Anda amati apakah masalah restart sendiri tersebut sudah terselesaikan ataukah belum.
  1. Instal Anti Virus Sistem operasi Android merupakan salah satu sistem operasi terbuka yang sama halnya seperti Microsoft Windows, walaupun sistem operasi ini memiliki banyak kelebihan namun juga ternyata memiliki kelemahan. Sistem operasi ini memiliki kelemahan sangat rentan terserang dan terkontaminasi virus yang bisa masuk melalui transfer file maupun aplikasi yang diinstal dari sumber tidak jelas, untuk mengatasinya cobalah pasang anti virus.
  1. Bersihkan Chace Selain dapat menyebabkan lambatnya kinerja smartphone Android Anda, ternyata chace yang sudah terlalu lama menumpuk juga bisa mengakibatkan masalah smartphone Anda yang tiba – tiba melakukan restart sendiri, untuk mengatasinya cobalah lakukan pembersihan chace yang telah menumpuk pada sistem dengan beberapa aplikasi pembersih chace yang bisa Anda temukan di Google Playstore.
  1. Lakukan Factory Reset Cara terakhir yang bisa Anda lakukan setelah Anda sudah mencoba keempat cara di atas namun masih tetap mengalami masalah smartphone yang tiba – tiba restart sendiri adalah dengan melakukan factory reset atau kembali ke setelan pabrik, cara ini merupakan obat yang sangat mujarab untuk mengatasi berbagai masalah pada Android, namun sebelum melakukannya buatlah back up terhadap file Anda.
TRENDING :  Cara Mengatasi iPhone Di Charge Tidak Bisa Penuh

Bagi Anda yang sering mengalami masalah smartphone Android yang tiba – tiba melakukan restart sendiri secara otomatis semoga beberapa cara di atas dapat segera mengatasi masalah Anda.