Tips Memilih dan Menggunakan Baju Batik Modern

Tips Memilih dan Menggunakan Baju Batik Modern

Baju batik modern saat ini modelnya bermacam-macam sehingga penggunaannya pun cukup fleksibel. Kalau dahulu kita hanya menggunakan kain batik untuk menghadiri acara-acara tertentu seperti pernikahan atau acara-acara formal lainnya. Tapi saat ini, desain dan model baju batik yang beragam membuat pemanfaatan baju batik tidak hanya untuk menghadiri acara-acara formal atau pesta.

Batik modern juga bisa di gunakan untuk pergi ke kantor, untuk menghadiri acara-acara yang tidak formal, bahkan, saat ini tidak jarang kita temukan batik yang modis dan mewah yang bisa digunakan bepergian atau untuk kegiatan-kegiatan santai.

Jika Anda berminat untuk membeli baju batik ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah.

Tips memilih jenis kain dan motif

Ada bermacam-macam jenis kain yang digunakan untuk batik diantaranya adalah: kain viscose, kain katun, kain polyester, kain linen, kain jersey, kain denim, kain lycra, hingga kain tenun dan kain sutra.

Berbagai jenis kain tersebut tentu saja memiliki sifat yang berbeda-beda sehingga pemanfaatannya pun akan berbeda-beda. Agar tidak salah memilih jenis kain sebagai bahan dasar baju batik yang akan anda gunakan, ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu jenis dan sifat kain tersebut. Berikut adalah ulasan singkatnya.

  • Kain viscose. Kain ini banyak diterapkan untuk model baju batik pesta, lingerie, atau pakaian-pakaian kasual. Sifat kain viscose lembut dan dingin, tidak kaku, berwarna mengkilat, dan bahannya jatuh. Kain ini dikenal mudah menyerap keringat namun mudah rusak apabila terlalu lama direndam dengan menggunakan deterjen.
  • Kain katun. Ini juga merupakan salah satu bahan dasar kain batik modern yang banyak digunakan. Kainnya lembut dan halus serta menyerap keringat. Lebih kaku apabila dibandingkan dengan kain viscose. Ada berbagai jenis kain katun yang digunakan untuk batik, yaitu: kain katun jepang, kain katun paris, kain katun minyak, dan kain katun biasa.
  • Kain batik berbahan linen. Kebanyakan jenis kain ini digunakan untuk membuat baju batik berbentuk dress. Bahan linen cukup dingin saat dikenakan, bisa menyerap keringat dan nyaman. Cocok digunakan sebagai baju batik untuk pergi ke kantor atau untuk pakaian sehari-hari.
  • Kain batik berbahan dasar polyester. Kain polyester memiliki serat sintetis sehingga terkesan sedikit panas saat digunakan, tidak mudah menyerap keringat namun terlihat cantik dan elegan saat digunakan.
  • Kain lycra. Baju batik modern banyak yang menggunakan kain lycra, bahan dasarnya terbuat dari campuran katun dan serat sintetis. Kain batik berbahan lycra tidak mudah kusut dan cocok digunakan untuk membuat baju atau pakaian batik untuk pesta.
  • Kain batik berbahan Sutra. Anda tentu sudah tidak asing dengan berbagai pakaian modern berbahan sutra. Kain sutra terkenal lembut serta memiliki kesan elegan dan mahal saat dikenakan. Namun, membutuhkan perlakuan khusus untuk merawatnya.
TRENDING :  Tips agar Tidak Salah Memilih Model Baju Batik Couple

Memilih model baju batik modern

Model baju batik modern sangat bervariasi. Diantaranya adalah, baju batik modern berupa gaun untuk wanita muslimah, ada juga yang diciptakan khusus untuk menghadiri pesta, baju batik sarimbit, baju batik couple, dan lain-lain.

Anda bisa memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan sebelum membeli baju batik. Jika anda berencana untuk menghadiri pesta pernikahan bersama keluarga (pasangan dan anak), membeli baju batik sarimbit atau baju batik couple adalah pilihan tepat, jika ingin tampil kompak.

Bagi anda yang bekerja di kantor, memilih baju batik dengan motif yang sedikit resmi dan tidak terlalu ramai adalah pilihan tepat jika ingin tampil lebih elegan dan cantik. Saat ini, baju batik modern warna dan bentuknya bermacam-macam. Sehingga pilihannya sangat banyak dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Jenis kain untuk pakaian batik ke kantor dan ke pesta yang cocok diantaranya adalah yang menggunakan bahan dasar katun dan satin atau sutra.

Tips memilih warna baju batik modern yang tepat

Warna kain batik bermacam-macam. Tidak hanya berwarna cokelat atau berwarna terang, namun batik modern saat ini juga didesain dan dikemas dengan warna-warna gelap dan warna-warna cerah serta warna pastel.

Tips dalam memilih warna kain atau corak batik bisa dilakukan berdasarkan warna kulit penggunanya. Jika anda memiliki warna kulit putih atau kuning langsat, tentu hampir semua warna kain akan cocok Anda kenakan. Namun, jika anda memiliki kulit berwarna sawo matang atau berwarna gelap, anda dianjurkan menggunakan pakaian-pakaian yang juga berwarna gelap dan tidak bermotif terlalu mencolok dan terang.