Dimana Saya Bisa Menjual Hasil Foto Saya

Dimana Saya Bisa Menjual Hasil Foto Saya? | Ubah Stok Foto Jadi Cuan!

Pada zaman sekarang, fotografi bukan sekadar hobi belaka, namun juga bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan. Banyak orang yang dibayar untuk menjepret foto, mulai dari pemotretan model, hingga membantu sebuah perusahaan untuk mempromosikan produk dengan menampilkan foto yang menarik. Menjadi seorang fotografer profesional memang dapat memberikan banyak sekali manfaat. Namun, bagaimana jika kamu masih pemula dan ingin memiliki tempat untuk menjual hasil jepretanmu? Di artikel ini, akan dijelaskan tentang tempat-tempat di mana kamu bisa menjual hasil foto kamu. Beikut list Aplikasi penghasil uang dari jual foto :

Website Penjualan Foto Online

Shutterstock

Shutterstock merupakan salah satu situs terkenal di dunia fotografi. Untuk menjual foto di sini, kamu harus bergabung dengan programnya, membuat akun dan mengunggah foto-fotomu. Shutterstock akan memverifikasi foto yang kamu unggah dan jika lolos, foto tersebut akan dapat dijual pada situs mereka. Shutterstock mengambil cut sebesar 30% dari penjualan setiap foto dan sisanya akan menjadi milikmu.

500px

500px adalah situs penghasil uang yang terkenal dalam dunia fotografi. Untuk bergabung dengan program penjualan foto online ini, kamu juga harus mendaftar dan membuat akun. Karena kualitas foto di 500px biasanya cukup tinggi, maka kamu harus memastikan bahwa kualitas foto yang kamu unggah mencapai standarnya. Ketika berhasil terjual, kamu akan mendapatkan royalti sebesar 70% dari setiap penjualan.

Fotomoto

Fotomoto adalah salah satu platform penghasil uang yang masih terbilang baru. Situs ini menyediakan widget yang bisa diaplikasikan pada situs web-mu agar dapat menjual foto-foto dengan lebih mudah. Fotomoto juga dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti integrasi dengan situs e-commerce, pengaturan harga, dan lain-lain. Selain itu, Fotomoto juga akan memberikan opsi pemotongan sebesar 10% dari setiap penjualan.

Situs Penjualan Online Non-spesifik

Etsy

Etsy adalah pasar online global yang memungkinkan para penjual menjual produk mereka mulai dari aksesori, pakaian, hingga hasil jepretan foto. Etsy fit untuk dijadikan sebagai salah satu tempat kamu menjual hasil jepretan foto, karena memiliki banyak pembeli yang suka dengan produk yang unik dan tidak ada di tempat lain. Jika kamu menjual foto di sini, maka kamu harus membayar biaya karya sebesar 20 sen setiap kali produk terjual, dan sedikit pemotongan untuk proses transfer.

Facebook Marketplace

Facebook Marketplace juga menjadi salah satu tempat yang sering digunakan oleh orang untuk menjual berbagai produk, mulai dari pakaian hingga hasil jepretan foto. Kamu hanya perlu mengunggah foto-foto kamu dan menunggu ada pembeli yang tertarik. Jika ada pembeli yang membeli, kamu dapat memperoleh uang secara langsung. Namun, sebaiknya kamu tetap berhati-hati karena ada beberapa kasus penipuan di platform ini.

TRENDING :  Aplikasi iPhone untuk Mengedit Foto dengan Mudah

Tempat Penjualan dalam Komunitas Fotografi

Fotografer.net

Bagi kamu yang sudah bergabung dalam komunitas Fotografer.net, sebenarnya bisa memanfaatkan situs tersebut sebagai tempat untuk menjual hasil jepretan. Namun, kamu harus menjadi anggota premium untuk dapat menjual foto kamu. Keuntungannya, kamu bisa mendapatkan 100% hasil penjualan dan tidak ada biaya atau pemotongan lain yang dikenakan.

Tips untuk Menjual Hasil Foto di Situs Online

  • Pastikan kualitas foto terjamin dan sesuai standar yang ditentukan oleh platform yang kamu pilih.
  • Jangan mengunggah foto yang merupakan hak milik orang lain tanpa izin.
  • Selalu baca ketentuan dan kebijakan privasi di setiap platform untuk memahami prosedur penjualan dan pembayaran.
  • Gunakan tag dan deskripsi yang akurat agar foto kamu mudah ditemukan.
  • Teruslah mengunggah foto baru untuk menjaga reputasi dan popularitas di platform yang kamu pilih.

Apakah Terlambat untuk Memulai?

Tidak, tidak pernah terlambat untuk memulai! Kamu bisa memulai dengan membuat portofolio online yang menarik, yang mencakup hasil jepretan terbaikmu. Setelah itu, kamu bisa memulai dengan bergabung dalam platform yang paling cocok untuk mengeksplorasi dan memperluas bisnis jual-mu foto. Pastikan saja kamu memiliki alat yang tepat untuk mengambil foto yang terbaik!

FAQ

Berapa biaya yang harus dibayar untuk membuka akun di situs jual beli foto online?

Umumnya, tidak ada biaya yang diperlukan untuk mendaftar di situs penjualan foto online. Namun, pastikan untuk memeriksa setiap ketentuan dan kebijakan privasi untuk memahami prosedur penjualan dan pembayaran.

Apakah saya harus mengunggah foto berbasis pada tema atau aspek tertentu untuk menjualnya di situs penjualan online?

Tidak, kamu tidak harus mengunggah foto yang berbasis pada tema tertentu untuk menjualnya di situs online. Namun, pastikan untuk memilih tema yang menarik dan diperkirakan akan sukses dalam penjualan.

Apa yang harus saya lakukan dengan foto yang ditolak oleh platform penjualan online?

Pertama-tama, jangan menyerah. Coba fokus pada kualitas dan jenis foto yang mereka terima. Lihat kembali fotomu dari perspektif tersebut dan pastikan untuk tidak melanggar standar dan kebijakan mereka.

Kesimpulan

Kamu bisa menjual hasil foto kamu pada berbagai situs online seperti Shutterstock, 500px, dan Fotomoto. Selain itu, kamu juga bisa menjual hasil foto kamu melalui pasar online seperti Etsy dan Facebook Marketplace. Setiap situs memiliki aturan dan ketentuan yang berbeda dalam pembayaran dan pemotongan, pastikan kamu sudah memahami semuanya dengan baik sebelum memutuskan memilih yang mana. Semoga informasi di atas dapat membantumu untuk memulai menjual hasil jepretanmu dan merubahnya menjadi tempat penghasilanmu yang signifikan!