12 Web Untuk Membuat Flowchart Online Mudah Di Akses Dimana Saja

Cara Membuat Flowchart Online. Flowchart atau Flowchart Sebuah flowchart adalah jenis diagram yang mewakili algoritma, alur kerja, atau proses di mana langkah-langkah yang diwakili secara grafis dan urutan dihubungkan oleh panah.

Ada generator diagram alur yang bagus untuk Windows dan platform lainnya, tetapi Anda juga dapat membuat diagram alur di Excel atau membuat diagram alur di Microsoft Word. Terkadang solusi membuat flowchart berbasis online adalah pilihan yang terbaik. Karena layanan flowchart online tidak memerlukan konfigurasi perangkat keras atau sistem operasi khusus untuk beroperasi, jadi yang Anda butuhkan hanyalah browser web dan koneksi internet.

Cara Membuat Flowchart Online Gratis

Baik untuk keperluan pekerjaan maupun tugas lainnya, membuat alur program untuk disertasi, atau bekerja di perusahaan untuk membuat alur sistem, tentu Anda memerlukan bagan alur atau flowchart sebagai gambaran detail tentang cara kerja proses tersebut. Anda dapat menggunakan salah satu aplikasi flowchart online dibawah ini untuk membuat diagram alur Anda. Dengan aplikasi flowchart online tidak hanya lebih ringan, tetapi prosesnya bisa jauh lebih mudah dan cepat.

Karena online, jadi ada perbedaan dibandingkan offline seperti Visio. Namun, dukungan online saja sudah cukup untuk dapat menyelesaikan pekerjaan membuat alur bagan flowchart dimanapun dan kapanpun.

Layanan Membuat Flowchart Online Gratis

Berikut beberapa website yang dapat membantumu Membuat Flowchart Online yang pandawa news rekomendasikan untuk anda :

membuat flowchart online

1. Lucidchart

Dalam hal diagram ini, Lucidchart adalah salah satu layanan untuk keperluan membuat flowchart online terbaik dan andal yang tersedia.

Antarmuka drag-and-drop yang cepat dan mulus memudahkan untuk membuat dan mengelola diagram alur. Ada templat yang sudah jadi untuk dipilih, atau Anda bisa mulai dengan kanvas kosong baru. Bahkan akun gratis memiliki akses ke bentuk dasar, panah, dan kotak teks. Ini cukup untuk membantu Anda memulai.

Anda dapat menyimpan dokumen Lucidchart Anda dalam berbagai format. Lucidchart mendukung format JPEG, PDF, PNG, SVG dan Visio (VDX).

Mengimpor dari Amazon Web Service (AWS), Visio (VSDX), Omnigraffle, dll. juga didukung. Jika Anda perlu menyelesaikan diagram alur nanti, semua data Anda disimpan di cloud sehingga Anda dapat memulai dari awal.

Kolaborasi juga tersedia di tingkat gratis. Namun, ada beberapa batasan. Misalnya, pengguna tim dapat berkolaborasi dengan pengguna gratis, tetapi pengguna gratis hanya dapat mengedit jika mereka memiliki 60 item atau kurang dan tidak ada objek berbayar.

Lucidchart memiliki tingkat akun dasar gratis dan paket berbayar mulai dari $5,95 per bulan untuk rumah, $8,95 untuk profesional, dan $20 untuk tim. Opsi berbayar menawarkan lebih banyak fitur seperti lebih banyak ruang penyimpanan, formulir dan dokumen tak terbatas, koneksi data, impor Microsoft Visio, dan banyak lagi. Jika Anda terus menggunakan akun gratis, Anda mendapatkan penyimpanan 25 MB dan hingga 5 dokumen.

Lucidchart adalah opsi yang bagus untuk dipertimbangkan jika Anda mencari aplikasi flowchart online sebagai alternatif selain Visio. Itu dapat diakses dari perangkat apa pun menggunakan browser web dan memiliki desain yang ramping, intuitif, dan terjangkau.

Faktanya, banyak perusahaan menggunakan alat ini untuk membuat diagram alur proses. Misalnya: membuat alur proses bisnis, membuat alur peta data, dll.

Meskipun memiliki banyak fitur, aplikasi online ini tetap menawarkan versi gratis dan versi premium (individu, tim, dan perusahaan).

2. draw.io

Aplikasi pembuat flowchart online gratis ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi yang tidak ingin menggunakan aplikasi berbayar. Ya, aplikasi ini 100% gratis.

Draw.io adalah situs web yang dirancang khusus untuk menggambar diagram secara online. Semua fitur website ini hanya bisa dinikmati di browser yang mendukung HTML 5.

Situs ini memiliki antarmuka yang sangat responsif. Anda dapat menggunakan fungsi yang mudah diakses menggunakan smartphone dan komputer Anda.

Untuk memulai, cukup pilih ruang penyimpanan untuk diingat nanti. Opsi termasuk Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan penyimpanan lokal. Jika Anda perlu berkolaborasi dengan orang lain, Google Drive adalah pilihan terbaik karena draw.io memanfaatkan fitur kolaborasi Google Drive.

draw.io mendukung pengimporan file dan dapat mengimpor dari JPEG, PNG, SVG, Gliffy, Lucidchart, dan VSDX. Bagan yang dibuat dengan draw.io disimpan atau diekspor sebagai HTML, JPEG, PDF, PNG, SVG, dan XML.

Tidak seperti banyak opsi lainnya, draw.io sepenuhnya gratis tanpa opsi akun berbayar. Ini memiliki set fitur yang agak terbatas dan tidak sebagus alat lain, tetapi Anda tidak dapat mengalahkan harga gratisnya.

Kemudian Anda dapat membuat diagram alur dari awal atau menggunakan template. Setelah Anda menemukan template yang mirip dengan diagram alur yang ingin Anda buat, Anda dapat menggunakannya untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

TRENDING :  20 Aplikasi Edit Foto Aesthetic Kekinian Ala Selebgram 2022

3. Cacoo

Seperti Lucidchart, Cacoo menawarkan antarmuka yang elegan dan halus yang enak dipandang. Cacoo menyediakan banyak template untuk proyek Anda, termasuk flowchart, gambar rangka, diagram Venn, dan banyak diagram lainnya. Untuk diagram alur, Cacoo menawarkan berbagai bentuk untuk dipilih, apa pun jenis proyeknya. Semuanya dilakukan dengan drag and drop sederhana.

Fitur terbesar Cacoo adalah kolaborasi waktu nyata. Beberapa orang dalam satu tim dapat mengerjakan flowchart secara bersamaan. Ada juga fitur obrolan di mana Anda dapat melihat dan mengomentari perubahan. Dan hal-hal bisa menjadi sedikit rumit jika banyak orang mengerjakan satu dokumen pada saat yang sama, jadi Cacoo menyediakan kolom memo untuk melacak siapa yang terlibat.

Cacoo tampaknya telah dirancang dengan pemikiran yang berbeda, yang terbukti ketika melihat pengaturan keamanan folder dan anggota proyek. Cacoo masih bagus untuk pengguna tunggal, karena menawarkan 1.000 lembar penyimpanan, berbagi tanpa batas, impor dan ekspor SVG, dan banyak lagi.

Harga Cacoo sangat masuk akal. Pengguna individu tersedia dengan paket mulai dari $4,95 per bulan, dan ada tingkat Tim mulai dari $18 per bulan untuk 3 pengguna. Tingkat Perusahaan memungkinkan Anda menginstal Cacoo di server pribadi, mulai dari $600 per tahun untuk 10 pengguna. Semua level akun dilengkapi dengan uji coba gratis 14 hari. Bagaimana tertarik untuk mencoba Cacoo untuk Membuat Flowchart Online?

4. Gliffy

Dibandingkan dengan layanan lain, Gliffy sedikit barebone. Pilihan bagus saat Anda perlu membuat diagram ide dengan cepat dan mudah.

Gliffy adalah perangkat lunak pembuatan infografis berbasis cloud HTML5. Ini digunakan untuk membuat diagram UML, diagram lantai, diagram Venn, diagram alur, dan banyak jenis diagram online lainnya.

Grafik gemerlap dapat dibagikan dan diedit oleh pengguna secara real time.

Anda dapat membuat diagram alur apa pun dalam beberapa klik. Ada template dasar untuk membuat produk akhir dengan mudah.

Tetapi ketika Anda turun dan mulai menyempurnakan diagram alur, proses pengeditan tidak semulus yang lain seperti Lucidchart.

Ada beberapa kelemahan yang mungkin agak lambat, tetapi kisi ekstra dan alat penyelarasan lainnya sangat bagus.

Anda dapat membuat diagram alur apa pun dalam beberapa klik. Ada template dasar untuk membuat produk akhir dengan mudah. Namun, begitu Anda mulai bekerja dan memodifikasi diagram alur, proses pengeditan tidak semulus proses lain seperti Lucidchart. Ada beberapa kelemahan yang mungkin agak lambat, tetapi kisi ekstra dan alat penyelarasan lainnya sangat bagus.

Itu juga dapat bekerja secara offline dengan aplikasi cloud HTML5. Dan ketika kolaborasi diperlukan, Gliffy menyediakan cara untuk berbagi dan mengundang orang lain untuk melihat, mengedit, atau meninggalkan komentar, tetapi kolaborasi itu tidak sekuat alat diagram alur lainnya.

Gliffy menawarkan paket mulai dari $7,99 per bulan untuk pengguna individu dan paket tim seharga $4,99 per bulan, keduanya dibayar setiap tahun. Untuk pengguna perusahaan, semua yang ada dalam paket tim disertakan, tetapi lebih banyak fitur dan keamanan disertakan.

5. Wireflow

Opsi lain untuk Membuat Flowchart Online yang sepenuhnya gratis untuk digunakan adalah Wireflow. Alat yang sempurna untuk pengembang web dan perancang aplikasi.

Wireflow adalah alat diagram alur yang indah untuk merancang alur pengguna dan gambar rangka. Antarmuka yang indah dan intuitif menawarkan berbagai desain bagan yang dapat Anda seret dan lepas ke papan gambar baru Anda.

Ada banyak konektor untuk dipilih, semuanya dapat diatur dengan menyeret dan menjatuhkan.

Setelah pembuatan diagram selesai, produk akhir dapat diekspor sebagai JPG. Ini adalah kelemahan terbesar dari Wireflow karena Anda tidak dapat memilih format lain.

Sekali lagi, itulah yang diharapkan, karena tersedia secara gratis tanpa opsi untuk paket berbayar. Ada juga cukup banyak pengguliran karena ada begitu banyak jenis bagan berbeda yang dapat Anda jelajahi.

Cukup buat flowchart yang menunjukkan alur pengguna program Anda dan Wireflow menyelesaikan pekerjaannya.

6. Textographo

Textographo adalah alat diagram alur unik yang menggunakan teks. Yang perlu dilakukan pengguna hanyalah membuat grafik dalam format teks tertentu menggunakan tagar, kata kunci, dan beberapa tag. Textographo mengubah teks ini menjadi diagram statis dan animasi yang mencakup diagram alur, peta pikiran, bagan organisasi, pohon keputusan, dan banyak lagi.

Tempatkan saja teks Anda dan Textographo secara otomatis mulai bekerja dan mengatur semuanya ke dalam diagram. Sangat mudah, intuitif dan elegan. Pengguna juga dapat menyesuaikannya dengan memilih tema pilihan mereka atau mengubah tata letak menjadi yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Textographo menyimpan semua dokumen Anda di cloud, sehingga Anda dapat mengundang tim untuk berkolaborasi, mempresentasikan ide, memberikan umpan balik, dan berbagi ide.

Ada dua level akun Textographo: Essentials dan Premium. Tarif dasar mulai dari $8 per bulan atau $12 per bulan bila ditagih setiap tahun. Preminya adalah $14 per bulan atau $19 per bulan. Mengingat bahwa sistem yang digunakan Textographo bersifat modular dan nyaman, biayanya sangat masuk akal.

TRENDING :  Aplikasi Saham di Android Terdaftar OJK Aman dan Terpercaya

7. Google Drawings

Kalian semua pasti memiliki akun Google. Nah, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan tool Google yang satu ini.

Google Drawings memungkinkan Anda memasukkan bentuk paling umum yang digunakan dalam diagram alur. Misalnya, persegi panjang, panah, jajaran genjang, dll.

Untuk mengakses Google Drawings, Anda harus mengakses Google Drive terlebih dahulu. Kemudian klik Baru dan pilih Gambar Google dari opsi Lainnya.

Google Gambar juga merupakan bagian dari Google Drive, sehingga Anda dapat membagikan hasil diagram alur dengan rekan kerja Anda. Sangat mudah. Yang harus Anda lakukan adalah memberikan akses.

Saya menggunakan bentuk lebar di Google Drawings. Tambahkan bentuk dasar, panah, info, dan bahkan simbol persamaan ke kanvas kosong. Anda dapat memindahkan semuanya dengan drag and drop sederhana, mengubah ukuran dan memutarnya sesuai kebutuhan.

Dan karena Google Drawings dilakukan melalui Google Drive, berbagi dan berkolaborasi tidak menjadi masalah. Cukup undang orang lain melalui email dan beri mereka izin untuk melihat, mengedit, atau berkomentar. Anda juga dapat mengekspor diagram alur sebagai gambar atau file SVG, atau mempublikasikannya ke web.

Google Drawings gratis untuk digunakan karena menyediakan penyimpanan gratis 15GB di semua aplikasi Google dengan Akun Google Anda. Penyimpanan dapat ditingkatkan menjadi 100GB, 1TB, atau 10TB masing-masing seharga $1,99, $9,99, atau $99,99 per bulan. Google Drawings menjadi layanan yang banyak digunakan untuk keperluan Membuat Flowchart Online.

8. app.diagrams.net

app.diagrams.net adalah perangkat lunak diagram online gratis untuk membuat diagram alur, diagram proses, diagram organisasi, UML, ER, dan diagram jaringan.

Aplikasi diagram Google Drive(TM) gratis dan aktif yang memungkinkan Anda menggambar:

  • Diagram alir
  • UML
  • ERD
  • diagram jaringan
  • Model Proses Bisnis
  • Bagan Organisasi
  • Sirkuit Elektronik
  • Wireframe dan mockup

Fitur-fitur:

  • HTML 5 native dengan dukungan penuh untuk IE 6-8
  • Kaya pustaka stensil bawaan
  • Antarmuka seret dan lepas yang intuitif
  • Fungsi tambah dan cari gambar
  • Ekspor ke PNG/JPG/XML/SVG
  • Dukungan perangkat sentuh
  • Kolaborasi real-time
  • Pelekatan diagram di blog atau wiki

9. Smartdraw

Aplikasi Smartdraw ini mirip dengan Microsoft Visio. Jadi Smartdraw adalah aplikasi pemetaan online serbaguna.

Tapi Smartdraw masih lebih mudah digunakan daripada Ms. Visio. Dan fitur dukungan siap pakai membantu merampingkan dan mempercepat pekerjaan Anda dalam Membuat Flowchart Online.

Anda dapat mencobanya secara gratis dengan akun demo. Anda kemudian dapat membeli lisensi pengguna tunggal atau lisensi multi-pengguna. Baik untuk tujuan komersial atau untuk menyelesaikan tugas instruktur/guru, semuanya tergantung pada kebutuhan pribadi Anda.

10. Visme

Visme sebenarnya adalah aplikasi yang sangat serbaguna. Ini karena ada banyak alat lain yang Anda perlukan selain membuat diagram alur online.

Visme juga dapat membuat peta jalan dengan informasi seperti provinsi atau wilayah. Peta berikut juga bisa menjadi peta interaktif.

Ada juga template untuk presentasi. Hal ini tentu saja diperlukan, terutama jika Anda diminta untuk menggambarkan flowchart yang telah Anda buat.

10. Creately

Aplikasi untuk Membuat Flowchart Online ini memiliki banyak kegunaan lain. Selain membuat diagram alur, Creately memungkinkan Anda membuat berbagai grafik dan peta atau peta.

Karena aplikasi ini terhubung dengan internet, Anda dapat mengaksesnya menggunakan browser di laptop atau smartphone Anda. Tentunya hal ini sangat mudah karena Anda tidak perlu membawa laptop.

Ada juga fungsi template, yang dapat Anda gunakan untuk mengedit diagram alur Anda. Inilah sebabnya mengapa Creately memiliki begitu banyak paket gratis dan berbayar.

Berikut rinciannya: Gratis ($3), Individu ($3,25), Tim ($2,75 per Pengguna), Proyek ($15 per Pengguna). Jika Anda membutuhkannya untuk tujuan bisnis, tidak ada masalah dengan pembayaran.

11. GitMind

GitMind adalah situs gratis yang memungkinkan Anda membuat diagram alur, struktur organisasi, diagram UML, dan diagram lainnya. GitMind mempermudah pembuatan diagram alur dengan memanfaatkan template.

Dengan antarmuka yang bersih, GitMind membuat pembelajaran dan pemahaman menjadi cepat. Menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Fungsionalitas drag-and-drop tersedia untuk menyederhanakan dan mempercepat pekerjaan Anda.

Anda juga dapat melihat gambar diagram alur dengan berbagi dengan tim Anda. Jangan lupa untuk mengatur kata sandi sehingga hanya Anda yang dapat mengubah diagram alur.

12. Zen Flowchart

Aplikasi pembuat flowchart online terakhir adalah Zen Flowchart. Aplikasi online ini sangat mudah digunakan baik untuk pemula maupun yang sudah ahli.

Dengan antarmuka yang sederhana dan mudah, Anda tidak perlu belajar untuk waktu yang lama. Halaman pembuatan flowchart juga luas dan bersih, cukup drag-and-drop-and-click.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat diagram alur atau diagram alur lebih cepat. Anda juga dapat menggunakan semua fitur secara gratis. Zen Flowchart juga menawarkan persyaratan profesional sebesar $5,9 per bulan.

Aplikasi yang memungkinkan Anda membuat Flowchart Online dengan mudah dan mengaksesnya dari mana saja. Aplikasi di atas memudahkan untuk membuat flowchart. Jauh lebih sederhana dibandingkan dengan Microsoft Visio. semoga bermanfaat.