Cara Download Aplikasi Mendeley Dekstop di Laptop dan PC

Cara Download Aplikasi Mendeley Dekstop di Laptop/PC

Download Aplikasi Mendeley – Aplikasi Mendeley merupakan salah satu aplikasi yang wajib diinstall oleh mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, artikel ilmiah, tigas akhir maupun jurnal. karena aplikasi ini akan memudahkan penggunanya dalam menyimpan, mencatat, membagikan, mengelola referensi data penelitian. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengimpor dan mengelola referensi dari berbagai sumber, termasuk jurnal, buku, artikel, dan dokumen PDF

Aplikasi Mendeley Dekstop di Laptop/PC

Dengan bantuan aplikasi Mendeley kamu bisa dengan mudah mengatur referensi dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini bisa kamu download dan install di laptop maupun pc dengan mudah. Berikut kami ulas secara lengkap tentang cara download dan install aplikasi Mendeley.

Salah satu fitur unggulan dari Mendeley adalah integrasi dengan Microsoft Word, yang memudahkan pengguna untuk menyisipkan daftar pustaka atau referensi dan menyingkronkan gaya penulisan dengan dengan mudah dan cepat. Mendeley juga memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dan berkoordinasi dengan rekan-rekan mereka dalam proyek penelitian yang sama.

Selain itu, Mendeley juga memiliki database yang besar dari referensi akademis yang tersedia untuk pengguna untuk menelusuri dan memanfaatkan. Aplikasi ini juga menyediakan akses ke berbagai sumber online, seperti jurnal ilmiah dan database patent, sehingga mempermudah pengguna untuk menemukan informasi terbaru dan relevant untuk tugas dan penelitian mereka.

Secara keseluruhan, Mendeley adalah aplikasi yang sangat berguna bagi para peneliti, akademisi, dan mahasiswa yang ingin mengelola referensi dan mempermudah proses penulisan tugas akademis. Aplikasi ini tersedia untuk Windows, MacOS, dan Linux, serta versi mobile untuk iOS dan Android.

Cara Daftar Akun di Aplikasi Mendeley

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk mendaftar dan mendownload aplikasi Mendeley :

  1. Daftar akun: Kamu bisa daftar akun Mendeley dengan mengunjungi situs web resmi Mendeley.com dan mengklik tombol “Daftar.” Kamu akan diminta untuk memasukkan informasi dasar seperti nama, alamat email, dan kata sandi.
  2. Instal aplikasi : Setelah mendaftar akun, Kamu bisa mendownload dan menginstal aplikasi Mendeley untuk komputer atau perangkat mobile Anda.
  3. Impor referensi: Kamu bisa memasukkan referensi ke dalam Mendeley dengan mengimpor file PDF, memasukkan informasi manual, atau mencari referensi dalam database Mendeley.
  4. Organisasi referensi: Setelah referensi telah diimpor, kamu bisa mengelompokkan referensi menurut kategori, menambahkan label, dan menandai referensi yang penting.
  5. Menulis tugas: Kamu bisa menggunakan Mendeley untuk membantu dalam menyusun skripsi, artikel ilmiah, tigas akhir maupun jurnal . Anda dapat memasukkan referensi ke dalam dokumen Microsoft Word, dan Mendeley akan membuat daftar pustaka dan menyingkronkan gaya penulisan dengan gaya yang ditentukan.
  6. Berkolaborasi: Mendeley memungkinkan kamu untuk berbagi dan berkoordinasi dengan rekan-rekan penelitian kamu dengan sangat mudah. Kamu bisa membuat grup penelitian dan berbagi referensi dengan anggota grup.
  7. Menelusuri sumber: Kamu juga bisa mencari dan menelusuri berbagai sumber online seperti jurnal ilmiah dan database patent melalui Mendeley.
TRENDING :  Berapa Harga Jual Foto di EyeEm? Aplikasi Jual Foto Menghasilkan Uang

Link Download Aplikasi Mendeley Laptop/PC

Nama Software Mendeley Reference Manager
Ukuran File 137MB
Versi v2.77.0
Support Windos 7, 8, 10, 11
Harga Gratis
Developer Elsevier Wordmark
Link Download Mendeley-reference-manager-2.77.0.exe

Cara Download dan Instal Mendeley di Laptop/PC : 

  1. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mendownload aplikasi Mendeley menggunakan link yang sudah kami sediakan diatas.
  2. Jika link diatas tidak bisa digunakan atau rusak, kamu bisa langsung ke website resminya untuk mendapat link download terbaru. Jangan lupa simpan installer yang tadi sudah kamu download ke tempat yang mudah kamu temukan.
  3. Setelah terdownload, Selanjutnya kamu bisa buka file Mendeleynya untuk proses instalasi dan klik Next
  4. Tunggu proses instalali hingga selesai dan jika muncul notifikasi, Centang “Run Mendeley Desktop” lalu klik tombol Finish.
  5. Buka Aplikasi Mendeley untuk mulai pemasangan plugin ini ke Microsoft Word
  6. Pada halaman utama aplikasi mendeley, pilih menu “Tools” dan lanjut pilih “Instal Ms word plugin”
  7. Tunggu prosesnya hingga selesai dan akan secara otomatis plugin Mendeley Desktop terpasang ke Microsoft Word.
  8. Untuk mulai menggunakan, Kamu bisa langsung cek pasa menu “References”

Tutorial diatas adalah untuk cara install di laptop atau PC windows, Namun untuk selain Windows, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan pada Mac OS, Linux maupun versi mobilnya untuk Android dan iOs. Dengan mengikuti langkah-langkahberikut ini, Kamu bisa mulai menggunakan Mendeley untuk mengelola referensi dan mempermudah proses menyusun skripsi, artikel ilmiah, tigas akhir maupun jurnal.

Kekurangan Aplikasi Mendeley yang perlu kamu ketahui

Walaupun Mendeley merupakan aplikasi manajemen referensi yang yang punya banyak manfaat dan sangat populer, Berikut ini juga ada beberapa kekurangan Mendeley yang perlu kamu ketahui :

  1. Batasan Penyimpanan: Mendeley memiliki penyimpanan yang terbatas, tergantung pada paket layanan yang kamu pilih. Ini bisa jadi masalah untuk pengguna yang memiliki banyak referensi dan file PDF untuk disimpan.
  2. Integrasi dengan Microsoft Word: Meskipun integrasi Mendeley dengan Microsoft Word sangat berguna, fitur ini hanya tersedia pada versi Laptop dan PC.  Pengguna versi mobile untuk androud dan iOs tidak dapat mengakses fitur ini.
  3. Error Sinkronisasi: Beberapa pengguna telah melaporkan masalah sinkronisasi antara aplikasi desktop dan mobile, dengan referensi yang tidak muncul pada perangkat lain setelah disinkronkan.
  4. Fitur Kolaborasi: Beberapa pengguna melaporkan masalah dengan fitur kolaborasi Mendeley, dengan kesulitan dalam berbagi dan berkoordinasi dengan rekan-rekan mereka.
  5. Biaya Layanan: Mendeley memiliki beberapa paket layanan berbayar, dan beberapa fitur premium hanya tersedia pada paket tertentu. Ini dapat menjadi masalah bagi pengguna yang tidak dapat membayar untuk akses ke fitur tersebut.

Meskipun ada beberapa kekurangan, Mendeley masih merupakan aplikasi manajemen referensi yang berguna dan banyak digunakan oleh para peneliti, akademisi, dan mahasiswa. Dengan mempertimbangkan kekurangan tersebut, Kamu bsia memutuskan apakah Mendeley sesuai dengan kebutuhan kamu atau tidak.

TRENDING :  7 Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun di Android Terbaik

Demikan ulasan lengkap tentang cara download dan install mendeley semoga bisa membantu kamu yang sedang menyusun tugas akhir, skripsi maupun yang sedang menyusun jurnal. Jika ada hal yang masih kurang jelas, Kamu bisa menuliskan di kolom komentar. Nanti tim PandawaNews akan mencarikan solusi untuk masalah yang kamu hadapi.