Cara Membuat Flowchart Di Powerpoint Dengan Mudah
Cara Membuat Flowchart Di Powerpoint Dengan Mudah

Cara Membuat Flowchart Di Powerpoint

Pandawanews.com – Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara membuat flowchart di powerpoint, terlebih dahulu kita akan membahas tentang flowchart itu sendiri. Jadi apa sih yang dimaksud dengan flowchart?

Flowchart merupakan sebuah bagan yang menggambarkan tentang sistem, proses dan juga algoritma untuk menerangkan suatu pola, konsep, keadaan atau lainnya. Jadi flowchart ini dipakai dalam berbagai bidang untuk mengomunikasikan, mendokumentasikan, mempelajari, meningkatkan dan juga membuat suatu perencananaan kompleks terkait suatu hal dalam pola diagram yang mudah dipahami. Lantas bagaimana cara membuatnya di powerpoint?

Cara Membuat Flowchart di Powerpoint

Powerpoint memiliki cukup banyak fitur di dalamnya. Salah satu fitur yang bisa ditemukan adalah SmartArt. Fitur SmartArt pada Powerpoint merupakan sebuah fitur yang dihadirkan untuk memberikan representasi manual terkait suatu konsep dalam bentuk diagram. Jadi adanya fitur ini dipakai untuk menyisipkan, memasukkan atau menampilkan suatu diagram atau bagan pada dokumen yang dibuat.

Bagi pengguna Powerpoint, cara membuat flowchart cukup mudah. Berikut tutorial cara membuat flowchart di powerpoint yang bisa dipraktekkan :

  • Klik insert
  • Pilih SmartArt
  • Di sana berbagai macam template grafik atau diagram bisa jadi pilihan
  • Pilih Ok
  • Akan muncul kolom untuk menambahkan teks, pilih
  • Untuk menambahkan bentuk, klik kolom pojok kiri sebelah atas
  • Pilih bentuk yang tersedia
  • Anda juga bisa mengatur posisi kotak – kotak yang ada dan menyesuaikan anak panahnya
  • Setelah memilih process, akan muncul kolom untuk menambahkan teks
  • Kemudian untuk menambahkan bentuk, klik kolom pojok kiri sebelah atas dan pilih bentuk yang sudah disediakan
  • Anda juga bisa atur posisi kotak – kotak yang ada dan anak panahnya untuk menyesuaikan
  • Selesai, flowchart sudah berhasil dibuat

Atau jika ingin flowchart yang dibuat menarik, Anda bisa gunakan template flowchart dari Envato. Beberapa template yang bisa digunakan di antaranya :

Organizational & Data Chart Presentation

Organizational & Data Chart Presentation merupakan sebuah template flowchart yang hadir dengan versi warna gelap dan juga terang. Anda bisa mengedit dan menggunakan jenis tulisan yang ada sesuai kebutuhan. Chart dan diagram yang tersedia pada template ini juga sangat banyak. Disertakan juga dokumentasi yang dapat memudahkan setiap unduhan yang diinginkan.

TRENDING :  8 Cara Download Tiktok Tanpa Watermark Tanpa Aplikasi

Arcama – PowerPoint Presentation Template

Template selanjutnya adalah Arcama – PowerPoint Presentation Template. Template yang satu ini memiliki berbagai macam fitur yaitu memiliki lebih dari 200 slide individu, slide animasi dan juga memiliki lebih dari 3000 icon.

Cycle Process PowerPoint Template

Cycle Process PowerPoint Template merupakan sebuah template flowchart powerpoint yang sangat tepat dijadikan template untuk mengilustrasikan sebuah proses. Dalam template ini akan Anda temukan 20 diagram siklus proses yang berbeda dan mudah digunakan. Template ini juga mudah diubah dan bisa digunakan untuk layar dengan disesuaikan standar ukuran presentasi yang diinginkan.

Organizational Chart and Hierarchy Template 

Slide presentasi yang satu ini hadir dengan 38 template yang berbeda dan bisa dimodifikasi melalui PowerPoint. Template ini juga cocok dijadikan template untuk keperluan cetak dan sangat eye catching.

PowerPoint Presentation Template

Untuk template PowerPoint Presentation Template merupakan flowchart template yang memiliki animasi unik sehingga tidak akan membuat audiens merasa bosan. Anda bisa sesuaikan flowchart yang satu ini dengan lebih dari 1400 slides termasuk di dalamnya terdapat grafik dan infografis yang cocok untuk memvisualisasikan proses bisnis.

Anda yang sedang mencari template flowchart bisa menggunakan salah satunya. Semoga informasi yang kami berikan terkait cara membuat flowchart di powerpoint di atas juga menjadi informasi yang menarik dan membawa manfaat.