Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Pengguna iPhone seringkali ingin menjaga privasi mereka dengan mengunci aplikasi yang berisi data sensitif. Untungnya, iPhone menyediakan beberapa fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengunci aplikasi dengan mudah. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara mengunci aplikasi di iPhone menggunakan berbagai metode yang tersedia. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda dapat menjaga privasi Anda dengan lebih baik dan menjaga data-data penting dari akses yang tidak diinginkan.

Cara Mengunci Aplikasi Menggunakan Face ID atau Touch ID

Metode pertama yang akan kami jelaskan adalah menggunakan Face ID atau Touch ID untuk mengunci aplikasi di iPhone. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka “Pengaturan” di iPhone Anda.
  2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Face ID & Passcode” (atau “Touch ID & Passcode” untuk iPhone yang masih menggunakan Touch ID).
  3. Jika Anda belum mengatur penguncian menggunakan Face ID atau Touch ID, Anda harus membuat pengenal biometrik yang baru terlebih dahulu.
  4. Setelah Anda mengatur Face ID atau Touch ID Anda, gulir ke bawah pada halaman yang sama dan temukan opsi “App Lock” atau “App Lock and Privacy”.
  5. Pilih aplikasi yang ingin Anda kunci, kemudian aktifkan opsi “Allow Access When Locked” di sampingnya.
  6. Kini aplikasi tersebut akan terkunci dan hanya dapat diakses setelah Anda menggunakan Face ID atau Touch ID.

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat mengunci aplikasi pilihan Anda dengan cepat dan mudah. Pastikan Face ID atau Touch ID Anda telah diatur dengan baik untuk mendapatkan pengalaman penguncian aplikasi yang optimal.

Cara Mengunci Aplikasi dengan App Lockers dari App Store

Selain menggunakan fitur bawaan di iPhone, Anda juga dapat mengunci aplikasi di iPhone menggunakan App Lockers dari App Store. App Lockers adalah aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengunci aplikasi di iPhone. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:

  1. Buka App Store di iPhone Anda dan cari “App Lockers” di kolom pencarian.
  2. Pilih salah satu App Lockers yang populer dan kompatibel dengan iPhone Anda.
  3. Unduh dan instal aplikasi tersebut.
  4. Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengatur penguncian aplikasi.
  5. Pilih aplikasi yang ingin Anda kunci dan tentukan metode penguncian yang diinginkan (misalnya, PIN, pola, atau sidik jari).
  6. Aktifkan opsi “Enable App Lock” atau sejenisnya.
  7. Kini aplikasi yang Anda pilih akan terkunci dan hanya dapat diakses setelah memasukkan PIN, pola, atau sidik jari yang telah Anda tentukan.

Dengan menggunakan App Lockers, Anda dapat mengunci aplikasi dengan lebih fleksibel dan memberikan perlindungan ekstra terhadap akses yang tidak diinginkan. Pastikan Anda mengunduh App Lockers yang terpercaya dan aman untuk menjaga keamanan data Anda.

TRENDING :  7 HP Murah Spek Tinggi dengan Harga Terbaik Tahun 2021

Cara Mengunci Aplikasi dengan Mengatur Batasan Layanan

Metode selanjutnya adalah dengan mengatur batasan layanan untuk aplikasi tertentu. Dengan mengatur batasan layanan, Anda dapat mengunci aplikasi yang Anda inginkan dan membatasi akses ke aplikasi tersebut hanya dengan menggunakan kode sandi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka “Pengaturan” di iPhone Anda.
  2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Screen Time”.
  3. Jika Anda belum mengatur batasan waktu layar sebelumnya, Anda akan diminta untuk membuat kode sandi layar waktu terlebih dahulu.
  4. Setelah Anda membuat kode sandi layar waktu, pilih “App Limits” di halaman Screen Time.
  5. Pilih “Add Limit” dan pilih aplikasi yang ingin Anda kunci dari daftar yang tersedia.
  6. Atur jumlah waktu yang ingin Anda alokasikan untuk aplikasi tersebut (misalnya, 1 menit).
  7. Aktifkan opsi “Block at End of Limit” dan pastikan opsi “Always Allowed” tidak aktif untuk aplikasi yang Anda ingin kunci.
  8. Kini aplikasi tersebut akan terkunci setelah jumlah waktu yang Anda atur habis, dan hanya dapat diakses dengan memasukkan kode sandi layar waktu.

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat mengunci aplikasi dengan batasan layanan dan membatasi akses ke aplikasi tersebut hanya dengan menggunakan kode sandi. Anda juga dapat mengatur batasan layanan untuk aplikasi lainnya sesuai kebutuhan Anda.

Cara Mengunci Aplikasi dengan Mengatur Pembatasan Konten

Metode terakhir yang akan kami bahas adalah dengan mengatur pembatasan konten untuk aplikasi tertentu. Dengan mengatur pembatasan konten, Anda dapat mengunci aplikasi yang Anda inginkan hanya dengan menggunakan kode sandi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka “Pengaturan” di iPhone Anda.
  2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Screen Time”.
  3. Jika Anda belum mengatur batasan waktu layar sebelumnya, Anda akan diminta untuk membuat kode sandi layar waktu terlebih dahulu.
  4. Setelah Anda membuat kode sandi layar waktu, pilih “Content & Privacy Restrictions” di halaman Screen Time.
  5. Aktifkan opsi “Content & Privacy Restrictions” dan masukkan kode sandi layar waktu yang telah Anda buat.
  6. Pilih “Allowed Apps” dan atur aplikasi mana yang Anda ingin kunci.
  7. Kini aplikasi tersebut akan terkunci dan hanya dapat diakses setelah memasukkan kode sandi layar waktu.

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat mengunci aplikasi dengan mengatur pembatasan konten dan membatasi akses ke aplikasi tersebut hanya dengan menggunakan kode sandi. Anda juga dapat mengatur pembatasan konten untuk aplikasi lainnya sesuai kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Mengunci aplikasi di iPhone adalah cara yang efektif untuk menjaga privasi Anda dan melindungi data sensitif dari akses yang tidak diinginkan. Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengunci aplikasi di iPhone, seperti menggunakan Face ID atau Touch ID, App Lockers dari App Store, mengatur batasan layanan, dan mengatur pembatasan konten. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda dapat mengunci aplikasi dengan mudah dan menjaga privasi Anda dengan lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!