Panduan Lengkap Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk

Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk – Banyak orang lebih memilih menggunakan flash sebagai media instalasi daripada menggunakan DVD. Alasan pertama mungkin komputer laptop tidak memiliki drive CD atau drive DVD komputer rusak. Alasan kedua mungkin karena flash lebih sederhana.

Untuk menginstal Windows 10 menggunakan flash, Anda harus terlebih dahulu membuat flash drive dapat di-boot. Ada banyak aplikasi atau program yang dapat Anda gunakan untuk membuat flash drive dapat di-boot, tetapi yang paling saya rekomendasikan adalah Rufus.

Saya telah menggunakan program ini untuk waktu yang lama dan tidak ada masalah selama saya menggunakannya dan secara umum saya dapat menggunakannya untuk membuat flash drive yang dapat di-boot.

Cara instal Windows 10 Dengan Flashdisk beserta gambarnya

Bahkan, Anda dapat menggunakan alat CMD Windows untuk menjalankan flash tanpa menggunakan perangkat lunak pihak ketiga. Namun tentunya tidak disarankan untuk digunakan oleh orang awam di dunia komputer. Jika Anda memiliki program yang lebih sederhana, mengapa menggunakan yang lebih kompleks?

Siapkan Flashdisk anda terlebih dahulu….

Sebelum itu, Anda perlu menyiapkan flash drive dengan ukuran minimal 4 GB (disarankan 8 GB). Yang kedua adalah Anda harus memiliki file ISO Windows 10. Jika Anda tidak memiliki file ISO Windows 10, unduh di sini terlebih dahulu.

TRENDING :  Cara Memperbaiki Hotspot IPhone Yang Tidak Bisa Tersambung

Sebenarnya ukuran flashdisk tergantung dari besar kecilnya file ISO. Katakanlah file ISO Anda berukuran 3GB. Tentu saja, flash drive 4 GB sudah cukup. Dan jika file ISO berukuran lebih dari 4GB, maka tentunya Anda perlu menyiapkan flashdisk sebesar 8GB.

Nah, jika Anda ingin menginstal Windows 10 menggunakan flash drive, lihat langkah-langkah ini:

Cara Install Windows 10 Menggunakan Flashdisk

  • Pertama, Anda perlu menginstal Rufus terlebih dahulu. Anda dapat mengunduh file di sini.
  • Masukkan flashdisk ke dalam laptop atau PC anda, kemudian buka Rufus. Flash drive secara otomatis terdeteksi. Kemudian klik tombol DVD drive seperti yang ditunjukkan oleh panah.
  • Telusuri ke lokasi file ISO Windows 10, lalu pilih Open. Pastikan file dalam format ISO dan bukan format lain.
  • Flashdisk siap dijalankan. Jika perlu, Anda juga dapat mengubah nama flash di label volume baru. Biarkan pengaturan default untuk pengaturan lain yang tidak perlu diubah. Kemudian pilih Start untuk memulai proses transfer file ISO ke flashdisk.
  • Anda akan diberitahu bahwa semua data di flashdisk akan terhapus. Jadi pertama-tama Anda perlu mentransfer data penting ke flash. Jika sudah, pilih OK.
  • Proses transfer file sedang berlangsung. Proses ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit.
  • Ketika progress bar hijau sudah penuh, Anda siap untuk menginstal Windows 10 menggunakan flash.
  • Anda siap untuk menginstal Windows 10 menggunakan Flashdisk.
TRENDING :  Cara Mendapatkan YouTube Premium Gratis Selamanya

Media instalasi Anda sudah siap. Langkah selanjutnya adalah mengatur BIOS untuk melakukan booting pertama dari flashdisk.

Pengaturan BIOS untuk boot dari flash

1. Pastikan flashdisk belum dilepas. Kemudian restart laptop atau PC Anda.

2. Tekan tombol DEL untuk masuk ke BIOS. Kunci paling umum yang dapat Anda gunakan untuk masuk ke BIOS adalah DEL, F1, F2, F10, atau Fn + F2 tergantung pada laptop dan jenis motherboard Anda.

3. Anda akan melihat layar BIOS agak mirip dengan gambar di bawah ini. Kemudian gunakan kunci untuk pergi ke tab boot.

Tampilan Awal BIOS Windows 10

4. Seperti yang Anda lihat di menu boot, yang pertama adalah hard drive. Ini berarti laptop atau PC Anda akan boot dari hard drive terlebih dahulu.

5. Anda harus memasukkan “removable device” sebelum notebook dapat melakukan booting dari flash untuk pertama kalinya. Caranya sangat mudah. Ini berarti Anda dapat memilih perangkat yang dapat dilepas dan kemudian mengaktifkannya dengan tombol +/- hingga array berada di posisi teratas.

Geser ke dalam hingga perangkat yang dapat dilepas berada di posisi pertama.

TRENDING :  Cara menghapus akun Google yang ditautkan dari Google Home

catatan:

Ya, BIOS biasanya langsung mendeteksi flash menurut tag flash seperti USB Kingston atau Toshiba, bukan sebagai perangkat yang dapat dilepas.

6. Untuk menyimpan pengaturan Anda, buka tab Keluar, pilih Keluar Simpan Perubahan, lalu pilih Ya. Atau, Anda dapat menekan F10 secara langsung dan kemudian memilih Ya.

Cara menginstal Windows 10 menggunakan flash drive

7. Tekan sembarang tombol untuk memulai pemutaran.

Tekan tombol apa saja untuk mem-boot Windows 10

8. Muncul tampilan awal instalasi Windows 10 seperti gambar di bawah ini.

Pilih Windows 10 berdasarkan waktu dan mata uang

Apa berikutnya?

Setelah menyelesaikan setup di BIOS, Anda akan dibawa ke halaman instalasi. Langkah-langkah untuk menginstal Windows 10 telah dibagikan di artikel sebelumnya. Klik link di bawah untuk melihat langkah-langkahnya.

Langkah-langkah instalasi Windows 10

Nah, itu saja artikel tentang cara menginstal Windows 10 menggunakan flash. Dua langkah yang perlu diingat adalah membuat flash drive dapat di-boot dan mengaturnya untuk boot dari flash pertama kali.

Jika Anda memiliki masalah atau pertanyaan tentang cara menginstal Windows 10 menggunakan flashdisk, jangan ragu untuk bertanya di bagian komentar di bawah. semoga berhasil. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Originally posted 2022-02-03 21:03:20.