Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Awet

Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Awet yang Perlu Kamu Tahu!

Siapa di antara kita yang tidak ingin baterai iPhone kita tahan lama? Baterai yang cepat habis seringkali menjadi momok bagi para pengguna smartphone. Namun, ada beberapa trik sederhana yang bisa Anda terapkan untuk menghemat baterai iPhone Anda dan membuatnya awet lebih lama. Simak tips-tips berikut ini:

1. Atur Kecerahan Layar Secara Otomatis

Mengatur kecerahan layar secara otomatis adalah salah satu cara paling efektif untuk menghemat baterai iPhone Anda. Dengan mengaktifkan fitur “Brightness” atau “Kecerahan Otomatis,” iPhone akan menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan cahaya lingkungan. Ini akan mengurangi konsumsi daya baterai secara signifikan.

2. Matikan Mode Terang

Mode Terang atau “True Tone” adalah fitur yang membuat warna layar iPhone Anda lebih hidup. Meskipun fitur ini bagus untuk pengalaman visual, ia juga dapat memakan banyak daya baterai. Jika Anda ingin menghemat baterai, matikan mode terang dengan pergi ke Pengaturan > Layar & Kecerahan > True Tone.

3. Nonaktifkan Notifikasi yang Tidak Penting

Notifikasi dari aplikasi yang tidak penting dapat menguras baterai iPhone Anda. Pastikan Anda hanya mengaktifkan notifikasi dari aplikasi yang benar-benar Anda perlukan. Anda dapat mengelola notifikasi di Pengaturan > Notifikasi.

4. Gunakan Mode Hemat Energi

Mode Hemat Energi adalah salah satu fitur yang paling efektif untuk menghemat baterai iPhone. Ketika diaktifkan, mode ini akan membatasi sejumlah aktivitas di latar belakang dan menurunkan performa beberapa fitur untuk menghemat daya baterai. Anda dapat mengaktifkannya di Pengaturan > Baterai.

5. Hindari Suhu Ekstrem

Suhu ekstrem, baik yang terlalu panas maupun terlalu dingin, dapat memengaruhi kinerja baterai iPhone Anda. Usahakan untuk tidak meninggalkan iPhone Anda di bawah sinar matahari langsung atau di tempat yang sangat dingin. Ini dapat membantu mempertahankan daya tahan baterai dalam jangka panjang.

6. Update Perangkat Lunak secara Teratur

Apple sering merilis pembaruan perangkat lunak yang mengoptimalkan kinerja dan efisiensi baterai. Pastikan Anda selalu menjalankan versi terbaru dari iOS di iPhone Anda. Anda dapat memeriksa pembaruan di Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

7. Batasi Aktivitas di Latar Belakang

Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menghabiskan daya baterai dengan cepat. Anda dapat membatasi aktivitas latar belakang untuk aplikasi tertentu di Pengaturan > Umum > Latar Belakang App.

8. Nonaktifkan Fitur Bluetooth dan Lokasi Saat Tidak Digunakan

Bluetooth, NFC dan GPS adalah fitur yang sangat berguna, tetapi jika tidak digunakan, nonaktifkan mereka untuk menghemat baterai. Anda dapat mengaksesnya dengan cepat melalui Control Center atau melalui Pengaturan.

9. Hindari Pengisian Cepat yang Berlebihan

Pengisian cepat adalah fitur yang berguna, tetapi jika digunakan secara berlebihan, dapat mengurangi umur baterai. Usahakan untuk tidak mengisi daya iPhone Anda terlalu cepat terlalu sering. Sebaiknya gunakan pengisi daya berkualitas dan hindari mengisi daya saat baterai masih dalam kondisi lebih dari 20%.

TRENDING :  Pilih OPPO Reno5 5G atau vivo V20 ya ?

10. Gunakan Mode Pesawat Saat Tidak Digunakan

Saat Anda sedang tidur atau tidak perlu terhubung dengan jaringan seluler atau Wi-Fi, aktifkan Mode Pesawat. Ini akan mematikan semua konektivitas nirkabel dan membantu menghemat daya baterai.

11. Optimalkan Penggunaan Aplikasi

Beberapa aplikasi mungkin mengonsumsi lebih banyak daya baterai dibandingkan yang lain. Anda dapat memeriksa penggunaan baterai oleh aplikasi di Pengaturan > Baterai. Jika Anda menemukan aplikasi yang menghabiskan banyak daya baterai, pertimbangkan untuk mengurangi penggunaan atau mencari alternatif yang lebih hemat energi.

12. Aktifkan Mode Malam

Aktifkan Mode Malam atau “Night Shift” pada layar iPhone Anda. Mode ini akan mengurangi emisi cahaya biru yang dapat mengganggu tidur dan juga membantu menghemat daya baterai. Anda dapat mengaktifkannya di Pengaturan > Layar & Kecerahan > Night Shift.

13. Bersihkan Aplikasi yang Tidak Terpakai

Aplikasi yang tidak digunakan seringkali masih berjalan di latar belakang dan dapat menguras daya baterai. Pastikan untuk secara berkala menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan lagi.

14. Gunakan Mode Pesan Text

Penggunaan aplikasi pesan yang mengandalkan teks, seperti pesan SMS atau iMessage, dapat lebih hemat daya dibandingkan dengan aplikasi pesan berbasis data. Jika memungkinkan, gunakan pesan teks untuk berkomunikasi.

15. Kendalikan Sinkronisasi Otomatis

Seringkali, aplikasi sosial media dan email secara otomatis melakukan sinkronisasi dengan server mereka untuk memperbarui informasi. Anda dapat mengatur interval sinkronisasi secara manual atau mematikannya sama sekali untuk menghemat daya baterai.

16. Gunakan Mode Low Power Saat Darurat

Jika baterai Anda hampir habis dan Anda tidak memiliki akses ke pengisi daya, aktifkan Mode Low Power. Mode ini akan mematikan beberapa fitur latar belakang dan menghemat daya baterai yang tersisa. Aktifkan Mode Low Power di Pengaturan > Baterai atau dengan cepat melalui Control Center.

17. Jaga Baterai Anda Tetap Sejuk

Baterai iPhone bekerja lebih efisien saat suhu berada dalam kisaran yang nyaman, yaitu sekitar 20°C hingga 25°C. Hindari menjalankan iPhone Anda dalam suhu ekstrem yang dapat merusak baterai.

18. Gunakan Charger Asli Apple

Ketika Anda perlu mengisi daya iPhone Anda, pastikan untuk menggunakan charger asli Apple atau charger berkualitas yang direkomendasikan oleh Apple. Charger yang buruk atau tidak terpercaya dapat merusak baterai.

19. Pertimbangkan Baterai Eksternal

Jika Anda sering berada di luar rumah tanpa akses ke sumber daya listrik, pertimbangkan untuk memiliki baterai eksternal atau “power bank” yang dapat digunakan untuk mengisi daya iPhone Anda saat diperlukan.

20. Periksa Status Baterai Anda

Terakhir, periksa status baterai Anda secara berkala. Anda dapat melihatnya di Pengaturan > Baterai > Status Baterai. Jika baterai Anda mulai menunjukkan tanda-tanda penurunan kinerja, pertimbangkan untuk menggantinya dengan baterai yang baru.

Dalam era di mana smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, menjaga agar baterai iPhone kita tetap awet adalah hal yang sangat berarti. Dengan menerapkan langkah-langkah sederhana yang telah dijelaskan di atas, Anda tidak hanya dapat menghemat baterai, tetapi juga dapat mengurangi dampak lingkungan dengan memperpanjang masa pakai perangkat Anda.

TRENDING :  Bagaimana Cara Menghemat Baterai Iphone 4,4s,5,5s,6,6s,7

Selalu ingat bahwa baterai iPhone juga memiliki batasan umur, dan meskipun Anda merawatnya dengan baik, suatu saat Anda mungkin perlu menggantinya. Namun, dengan perawatan yang baik, Anda dapat memastikan bahwa baterai iPhone Anda tetap kuat dan tahan lama selama mungkin.

Jangan ragu untuk mengikuti tips-tips ini dan berbagi pengetahuan ini dengan teman-teman dan keluarga yang juga menggunakan iPhone. Semoga artikel ini membantu Anda menjaga baterai iPhone Anda tetap awet dan memberikan pengalaman penggunaan yang lebih nyaman dan tahan lama. Terima kasih telah membaca!