iPhone Garansi Internasional

Tips Membeli iPhone Garansi Internasional

Pandawanews – Tidak sedikit orang yang mempunyai anggapan bahwa iPhone garansi internasional merupakan iPhone yang paling tinggi level atas kastanya. Sebagai alasannya, banyak orang yang belum paham dengan maksud garansi internasional tersebut.

Apabila dilakukan perbandingan antara garansi resmi dan garansi distributor, pada dasarnya iPhone dengan garansi internasional justru sangat risakan. Kenapa harus ada kata riskan?

Pasalnya, secara umum iPhone yang diberi label oleh penjual dengan garansi internasional, di beberapa kasus sebenarnya iPhone ilegal atau yang biasa kiat sebut dengan barang black market.

Dari sisi produk, iPhone tersebut memang asli keluaran Apple, akan tetapi iPhone tersebut tidak diproduksi untuk market Indonesia.

Setidaknya, ada tiga poin penting yang menjadi perbedaan antara iPhone garansi resmi dan distributor. Dalam hal ini, iPhone dengan garansi internasional menjadi produk yang kastanya paling rendah. Sebab merupakan barang tidak resmi atau ilegal.

Lalu bagaimana dengan istilah iPhone garansi resmi dan distributor? Yang paling tepat untuk dipertanyakan ialah apa yang menjadi pembeda antara iPhone garansi resmi dan garansi distributor.

Agar anda lebih paham dan tahu tentang perbandingan antara iPhone garansi resmi atau distributor, ada baiknya jika menyimak ulasan singkat berikut :

Lokasi Dimana Bisa Klaim Garansi

Perbedaan pertama pada iPhone garansi resmi dan garansi distributor ialah bisa dilihat dari lokasi bisa mengklaim garansi tersebut. Apabila anda membeli iPhone dengan garansi resmi, maka seharusnya bisa klaim garansi pada semua outlet resmi Apple.

Akan tetapi, jika anda membeli iPhone dengan garansi distributor, sudh pasti anda hanya bisa mengklaim garansi pada level distributor saja.

Durasi Atau Masa Berlaku Garansi

Poin kedua yang menjadi pembeda antara garansi resmi dan garansi distributor iPhone ialah dengan melihat lama masa garansi yang berlaku.

Baca Juga  Pilih OPPO Reno5 5G atau vivo V20 ya ?

Apabila anda membeli iPhone garansi resmi, tentu lama garansi yang diperoleh paling singkat 1 tahun. Sedangkan untuk garansi distributor, mungkin hanya berlaku 1 bulan (bisa kurang atau lebih), semua tergantung dengan ketentuan distributor masing-masing.

Semakin bonafit distributor yang anda pilih, maka umumnya akan semakin lama masa garansi yang diberikan. Akan tetapi, masa garansi iPhone dari distributor tidak akan lebih dari 1 tahun.

Cakupan Garansi Yang Diberikan

Apa saja cakupan garansi yang diberikan? Nah, perbedaan iPhone garansi resmi dan distributor juga bisa dilihat dari cakupan garansi yang berlaku.

Umumnya, iPhone dengan garansi resmi memperoleh cakupan garansi jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan iPhone garansi distributor.

Selain itu, apabila anda membeli iPhone dengan garansi resmi, sudah bisa dipastikan bahwa anda akan diberikan garansi replace unit dalam kurun waktu tertentu jika unit yang anda beli mengalami kerusakan.

Berbanding terbalik dengan iPhone garansi distributor, besar kemungkinan garansi yang anda peroleh hanya berupa garansi servis atau perbaikan saja.

Kembali pada topik, seperti apa tips membeli iPhone garansi internasional? Seperti yang kita ketahui, iPhone merupakan samartphone yang dibuat secara eksklusif oleh pihak Apple Inc.

Penerapan sistem operasi pada perangkat ini juga berbeda dengan yang ditanamkan pada Android. OS yang dimaksud dikenal dengan nama iOS.

Seiring dengan semakin ramainya pengguna iPhone di Indonesia, tentu semakin banyak pula pertanyaan terkait beberapa tips dan trik pengoperasian perangkat tersebut. Tidak terkecuali tentang tips membeli iPhone dengan kualitas yang baik.

Bagi anda yang ingin membeli iPhone, berikut tips membeli iPhone garansi distributor dan garansi internasional.

  1. Mengetahui Reputasi Tempat / Toko Beli iPhone
Baca Juga  Rekomendasi HP Samsung Terbaru 2021

Untuk tips pertama yang perlu diperhatikan ialah dengan memastikan reputasi penjual iPhone tersebut. Baik dari sisi pelayanan, review, atau poin launnya.

Langkah ini tentu sangatlah penting untuk menghindari penipuan saat proses membeli produk. Sebelumnya, anda bisa mencari tahu reputasi toko tersebut melalui testimoni dari pembeli lain yang sudah membeli iPhone di tempat yang sama.

  1. Periksa Garansi Yang Diberikan

Tidak hanya dalam skala lokal, namun garansi memegang peranan penting ketika anda membeli iPhone. Baik itu garansi distributor ataupun garansi internasional.

Akan lebih baik jika anda mencari toko yang memang memberikan waktu garansi sekitar 1 tahun. Pasalnya, hal ini hampir sama seperti standar yang diberlakukan iPhone untuk garansi internasional.

Jangan lupa tanyakan pula beberapa cakupan yang bisa diklaim dari garansi. Jika memang sudah dirasa cukup, maka anda bisa lanjut pada proses pembelian.

Jika memang dibekali dengan garansi internasional, sudah pasti garansi yang diberikan berlaku dan diakui secara internasional. Anda harus mengetahuinya dari keterangan penjual atau distributor.

  1. Teliti Dan Periksa Kondisi Barang Dengan Baik

Meskipun anda hendak membeli produk iPhone baru, akan tetapi sangat penting meneliti kondisi unit iPhone secara menyeluruh.

Mulai dari kondisi fisik, kesehatan baterai, kejernihan kamera, fitur sidik jari, suara speaker, dan kondisi iCloud atau penyimpanan Apple. Poin ini penting untuk menghindari adanya cacat barang dari unit yang nantinya anda beli.

  1. Memastikan Pembelian di Authorized Apple Store

Apabila anda memang menginginkan unit iPhone dengan kualitas terjamin, maka pastikan untuk selalu membeli iPhone pada gerai resmi yang diakui Apple.

Selain bisa meredam rasa khawatir akan barang palsu, tentu pembelian di Authorized Apple Store juga menjamin kualitas dan garansi yang diberikan oleh pihak Apple.

  1. Lakukan Pengecekan Nomor Seri Unit iPhone
Baca Juga  7 Rekomendasi HP Harga 5 Jutaan Terbaik 2021

Pengecekan nomro seri iPhone bisa dilakukan secara daring pada laman resmi yang disediakan oleh pihak Apple. Untuk lebih jelasnya, silahkan kunjungi https://checkcoverage.apple.com/id/in

Poin penting lain saat membeli iPhone, ialah mengecek nomor imei dari unit perangkat tersebut. Cocokkan nomor imei yang tertera pada iPhone dengan nommor yang ada pada kartu garansi.

Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa unit tersebut memang benar-benar sudah terdaftar secara hukum dan bukan barang yang ilegal.

  1. Memperhatikan Kualitas iPhone

Dalam jual beli iPhone, dikenal istilah refurbish dan rekondisi. Jika anda berniat produk iPhone bekas, tentu poin tersebut sangat penting untuk diperhatikan.

Refurbish sendiri merupakan produk gagal iPhone yang dijual resmi oleh pihak Apple. Sehingga masih terbilang aman dan kualitasnya pun tidak perlu diragukan.

Sedangkan untuk iPhone rekondisi, tentunya sudah melalui proses perbaikan dan bukan dikeluarkan langsung oleh Apple. Sehingga kualitasnya masih diragukan.

Mengambil kesimpulan dari beberapa poin yang sudah kami jelaskan diatas. Pastinya akan sangat mudah untuk membeli iPhone dengan kualitas baik dan harga murah.

Terkait dengan perbedaan garansi distributor ataupun garansi internasional. Pastinya tidak akan menjadi masalah. Pasalnya keduanya mempunyai keunggulan masing-masing.

Sebagai saran, akan lebih baik jika anda membeli produk dari distributor resmi. Atau toko yang memang mempunyai label Authorized Apple Store. Sehingga anda akan memperoleh garansi double. Baik itu garansi distributor ataupun garansi internasional.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami bahas, semoga bisa membantu!

Originally posted 2021-07-31 14:29:58.