Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Smartphone

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Smartphone

Smartphone saat ini bukan hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja, melainkan juga beberapa orang menggunakan smartphone sebagai media penyimpanan file-file penting mereka. Jadi bisa dikatakan smartphone telah mulai menggantikan fungsi flash disk. Namun, bagaimana jika file-file tersebut tidak sengaja terhapus? Dalam artikel ini akan diulas mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di Smartphone Anda.

 Beberapa Cara untuk Mengembalikan File yang Terhapus

  1. Menggunakan Google Drive

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan file-file tersebut yaitu dengan menggunakan Google Drive. Pada Google Drive ini file-file Anda yang telah disimpan sebelumnya dan terhapus secara tidak sengaja sebenarnya masih belum benar-benar terhapus secara bersih dari tempat sampah. Oleh karena itu, Anda masih bisa mencari file-file tersebut di penyimpanan file yang terdapat di bin. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu

  • Anda menuju ke aplikasi Google Drive yang terdapat di Smartphone Anda.
  • Selanjutnya Anda menuju opsi bin.
  • Setelah Anda memilih opsi tersebut nantinya akan terdapat file-file di dalamnya. Anda tinggal pilih file mana yang perlu Anda kembalikan ke asal. Caranya yaitu dengan menekan restore.
  • Setelah proses berlangsung beberapa saat dan Anda sudah dapat melihat file tersebut muncul kembali di Smartphone Anda.
  1. Menggunakan aplikasi
Baca Juga  Tips Sebelum Membeli iPhone Secara Online

Selanjutnya untuk cara mengembalikan file yang terhapus Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengembalikan file-file tersebut. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus yaitu aplikasi diskdigger.

Jika Anda belum memiliki aplikasi ini, maka Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu di Google play store. Setelah itu Anda tinggal membukanya dan akan terdapat tombol yang mengarahkan Anda untuk mencari file-file yang hilang.

Namun, aplikasi ini hanya berfokus pada file berupa foto saja. Jadi jika Anda menggunakan aplikasi ini, maka Anda hanya akan bisa mengembalikan foto-foto yang terhapus bukan file-file lain seperti dokumen ataupun video.

Jika cara tersebut masih dirasa kurang maksimal, maka yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu menghubungkan laptop dengan smartphone Anda. Dalam langkah ini masih menggunakan aplikasi pihak ketiga. Contoh aplikasi yang bisa Anda gunakan yaitu aplikasi recuva. Cara penggunaannya terbilang cukup mudah.

Baca Juga  Spesifikasi Microsoft Surface Go 2020 Buatan Microsoft

Anda cukup cari file yang ingin Anda kembalikan. Setelah nantinya proses berlangsung dan sel-sel tersebut ditemukan maka Anda tinggal memilih recovery. Selanjutnya hal tersebut akan mulai diproses untuk dikembalikan lagi ke memori smartphone Anda.

  1. Menggunakan Google photo

Selain cara-cara yang telah disebut di atas, cara mengembalikan file yang terhapus secara tidak sengaja di Smartphone Anda dari itu dengan menggunakan Google foto. sama seperti Google Drive jadi sebenarnya ketika Anda menghapus foto baik itu secara sengaja maupun tidak disengaja, maka foto-foto tersebut tidak akan langsung dihapus oleh Google.

Foto-foto yang terhapus tersebut akan dialihkan terlebih dahulu ke bin. Umumnya foto-foto yang dialihkan ke bin ini akan tersimpan di sana selama 60 hari kedepan. Jika tidak ada langkah ataupun upaya untuk merestore, maka foto-foto tersebut akan terhapus secara otomatis.

Baca Juga  Murah Meriah! Inilah 7 HP Android Murah Dibawah 300 Ribu

Caranya hampir sama seperti pada Google Drive, yaitu Anda pergi ke Google foto. Selanjutnya Anda pilih opsi bin. Setelah Anda memilih opsi tersebut, maka akan ditampilkan gambar-gambar atau foto-foto yang telah terhapus. Anda tinggal pilih foto mana yang nantinya ingin Anda kembalikan seperti semula. Jika Anda sudah memilih foto-foto tersebut Anda tinggal tekan restore.

Itulah ulasan singkat mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di Smartphone Anda. Jika Anda mengalami kejadian tersebut maka Anda bisa terapkan cara-cara di atas.

Originally posted 2021-07-19 14:03:37.