Cara Memperbaiki LCD HP Yang Rusak Karena Jatuh

Cara Memperbaiki LCD HP Yang Rusak Karena Jatuh. Liquid crystal display (LCD) adalah jenis monitor HP. Jenis layar ponsel lainnya termasuk OLED, AMOLED, TFT LCD, dll.

Beberapa kasus yang dirasakan berhubungan dengan layar ponsel sering terjadi, karena layar merupakan komponen dari fitur yang sering dipakai.

Orang sering mencari cara memperbaiki layar LCD HP yang rusak karena terjatuh. Alasannya adalah bahwa pengguna masih sayang untuk mengganti HP mereka karena banyak kenangan di dalamnya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara memperbaiki layar LCD HP yang rusak karena jatuh yang tidak disengaja. Namun sebelum kita memulai tutorialnya, mari kita bahas sedikit tentang alasannya.

Layar LCD smartphone bisa terjadi jika ponsel terjatuh atau terbentur benda keras. Saat layar LCD HP rusak, terdapat retakan dan lubang hitam hingga tampilan tidak lagi sempurna, layar sama sekali tidak terlihat.

Kamu bisa memakai beberapa pelindung layar HP agar tidak cepat rusak. Ada beberapa jenis layar HP yang dapat kamu pilih yaitu :

  • Gorilla glass
  • Concore glass
  • Tempered glass
  • Anti spy
  • Anti glare

Untuk memperbaiki layar lcd hp yang rusak, Pandawa News merangkum beberapa penyebab kerusakan LCD pada smartphone Android dan iPhone di bawah ini, serta cara memperbaiki layar LCD HP yang rusak.

Cara Memperbaiki Layar LCD HP yang Rusak

Cara memperbaiki layar LCD HP yang rusak adalah dengan melepas layar dan penutupnya. Selanjutnya, gunakan pick gitar untuk melepasnya dan pastikan tidak pecah.

1. Lepaskan bagian yang menutupi layar dan LCD.

Cara Memperbaiki LCD HP yang Rusak Karena Jatuh

Langkah pertama adalah melepas semua bagian yang mungkin menutupi layar dan layar LCD ponsel Anda, seperti penutup atau penutup belakang, dan baterai. Dari rilis awal hingga pemasangan kembali nanti, Anda perlu tahu di mana coupler berada. Gunakan pick gitar untuk menghapusnya. Hati-hati dengan kabel pita dan jangan putus kabelnya.

2. Lepaskan bagian yang direkatkan dengan lem.

Cara Memperbaiki LCD HP yang Rusak Karena Jatuh

Setelah selesai, lepaskan bagian layar LCD yang ingin Anda ganti. Ini mudah lepas jika Anda menggunakan pengering rambut untuk menghilangkan bagian yang menempel. Ganti layar LCD dengan hati-hati dengan yang baru dan hindari merusak bagian lain.

3. Perakitan kembali bagian-bagian telepon

Cara Memperbaiki LCD HP yang Rusak Karena Jatuh

Setelah selesai, pasang kembali telepon dan jangan menginstalnya saat ini. Periksa apakah telepon berfungsi dengan baik. Jika demikian, kumpulkan HP Anda dengan sangat hati-hati. Baca juga Cara Mengatasi Android Yang Cepat Panas.

Beberapa Kerusakan LCD Pada HP dan Cara Memperbaikinya

1. Perbaiki LCD yang rusak karena goresan

Umumnya kerusakan seperti ini disebabkan oleh kelalaian atau kelalaian pengguna. Misalnya, secara tidak sengaja menjatuhkan ponsel Anda dari tempat tidur atau memasukkannya ke dalam tas Anda!

TRENDING :  Cara Membuka Hp iPhone Yang Terkunci Dengan Mudah

Untungnya, solusi mengatasi layar LCD tergores sangat mudah. Sebelumnya, Anda disarankan untuk memasang casing anti gores pada ponsel Anda untuk melindungi semua komponen ponsel Anda.

Jika layar LCD sudah tergores, Anda bisa menggunakan pasta gigi untuk memperbaikinya. Ini adalah cara mengoleskan pasta gigi pada permukaan layar LCD dan biarkan beberapa saat. Setelah itu LCD bisa mulus kembali!

2. Bagaimana Memperbaiki LCD Berkedip / Bergaris / Flickering

Apakah layar LCD HP mulai muncul garis bergerak? Masalah dengan layar LCD yang berkedip adalah tanda bahwa itu perlu diperbaiki.

Faktanya, kedipan pada layar LCD tidak terlalu memengaruhi penggunaan ponsel Anda, tetapi itu akan membuat Anda pusing seiring waktu!

Garis-garis pada layar membuatnya tidak nyaman untuk menonton video atau menjelajahi Internet. Solusinya adalah dengan mem-boot ponsel cerdas Anda ke mode aman.

Itu mudah. Tekan dan tahan tombol HP Power hingga muncul opsi Safe Mode. Kemudian tekan tombol OK untuk mengonfirmasi restart dalam mode aman.

Solusi lain adalah dengan menggunakan telepon yang berbeda untuk mengaktifkan fitur anti-flicker. Di ponsel lain, buka Kamera, ketuk Pengaturan, lalu pilih Anti-kedip.

Selanjutnya, atur skala ke 60Hz. Arahkan ponsel yang terkena kedipan ke ponsel. Garis berkedip menghilang!

3. Cara Memperbaiki LCD Dead Pixel

Dead pixel adalah salah satu kerusakan layar LCD yang sangat mengganggu pengguna. Layar ponsel saya menjadi titik hitam dan saya tidak dapat melihat seluruh layar!

Jika tidak segera diperbaiki, piksel mati akan menyebar dan layar menjadi tidak dapat digunakan. Namun, Anda dapat dengan mudah memperbaiki piksel mati dengan cara berikut:

Solusi pertama adalah menggunakan aplikasi Pixel Fixer. Aplikasi ini secara khusus bertujuan untuk merangsang layar untuk merespons warna menggunakan spektrum cahaya dinamis.

Solusi kedua adalah dengan melepas baterai, SIM dan kartu memori, masukkan ke dalam wadah plastik bening dan tutup rapat. Kemudian masukkan wadah ke dalam freezer.

Keluarkan wadah setelah 6-8 jam. Tunggu hingga suhu kembali normal, lalu bersihkan semua perangkat di dalam casing hingga benar-benar kering.

Kembalikan baterai, kartu SIM, dan kartu memori ke telepon. Nyalakan ponsel Anda dan periksa piksel buruk. Sayangnya, metode ini hanya dapat mengurangi piksel buruk, dan dalam kasus yang parah Anda perlu mendapatkan layanan seluler.

4. Cara Memperbaiki Hitam Pada Layar LCD

Siapa yang tidak keberatan jika layar ponsel hanya menampilkan layar yang benar-benar hitam? Untungnya, ada beberapa cara untuk memperbaiki kerusakan jenis ini.

  1. Solusi pertama adalah mengatur ulang ponsel Anda. Sangat mudah untuk membuka casing ponsel, keluarkan baterai dan pasang kembali ke tempatnya. Setelah itu nyalakan HP.
  2. Solusi kedua adalah dengan melepas kartu SD HP. Buka casing ponsel dan lepaskan dan masukkan kembali kartu SD. Kemudian nyalakan HP.
  3. Solusi ketiga adalah memulai ponsel Anda dalam mode pemulihan dan kemudian melakukan reset pabrik. Anda harus mematikan ponsel terlebih dahulu, lalu tekan tombol power dan volume up secara bersamaan. Setelah ponsel bergetar, tekan tombol volume atas dan home. Kemudian, ketika menu pemulihan muncul, pilih opsi untuk menghapus cache. Ponsel Anda akan otomatis restart.
  4. Solusi keempat adalah hard reset telepon Anda. Opsi ini akan menghapus semua file pada perangkat HP. Caranya tekan dan tahan tombol volume, home dan power hingga muncul logo Android. Pilih opsi wipe data/factory reset dengan tombol volume, lalu tekan tombol power untuk menghapus semua data untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. Saat diminta untuk memulai ulang ponsel Anda, tekan tombol daya untuk mengonfirmasi. Ponsel Anda akan otomatis restart.
TRENDING :  8 Cara Download Tiktok Tanpa Watermark Tanpa Aplikasi

itulah cara memperbaiki layar LCD HP yang rusak karena terjatuh secara tidak sengaja atau sengaja. Kami harap artikel ini telah membantu Anda memecahkan masalah yang Anda alami.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa bagikan dan baca juga artikel Pandawa News lainnya. semoga bermanfaat