Fitur Tersembunyi di iPhone yang Wajib Diketahui

6 Fitur Tersembunyi di iPhone yang Wajib Diketahui

Iphone adalah salah satu produk smartphone yang paling laris di seluruh dunia. Cocok untuk pengguna yang menginginkan kombinasi antara desain yang elegan, teknologi terkini, dan sistem operasi yang mudah digunakan.

iPhone memiliki reputasi yang kuat dalam hal performa andal, kecepatan, serta kualitas gambar dan suara yang tinggi. Dengan layar retina yang tajam dan warna yang brilian, pengguna dapat menikmati pengalaman menonton film, memainkan game, dan menjelajahi internet dengan visual yang memukau.

Selain itu, iPhone juga dikenal karena sistem operasinya yang intuitif dan mudah untuk digunakan. Dengan antarmuka yang bersih dan user-friendly, pengguna dapat dengan mudah mengakses dan mengelola aplikasi, serta mengatur pengaturan sesuai preferensi mereka sendiri.

Dengan begitu terkenalnya iphone ternyata tidak semuanya mengetahui beberapa fitur tersembunyi, di artikel ini kita akan infokan fitur tersembunyi di iphone yang wajib di ketahui

1. Hemat Baterai dengan Low Power Mode

Salah satu fitur tersembunyi yang harus diketahui oleh pengguna iPhone adalah Low Power Mode. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghemat baterai saat sedang dalam keadaan darurat, agar baterai iPhone dapat bertahan lebih lama sebelum harus diisi ulang dayanya.

Untuk mengaktifkan Low Power Mode, pengguna dapat pergi ke Settings > Battery > Low Power Mode. Ketika fitur ini diaktifkan, beberapa fungsi di iPhone akan diatur agar menggunakan daya yang lebih sedikit, seperti refresh otomatis aplikasi latar belakang, pengambilan email, dan animasi. Fitur ini sangat berguna saat pengguna sedang dalam perjalanan atau sedang dalam keadaan darurat ketika tidak ada akses ke sumber daya.

Jika fitur ini diaktifkan, ikon baterai pada layar iPhone akan berubah menjadi kuning untuk mengindikasikan bahwa Low Power Mode sudah aktif. Pengguna juga dapat mengatur pengaturan untuk mengaktifkan fitur ini secara otomatis ketika baterai mencapai persentase tertentu, agar lebih efisien dalam menghemat daya.

2. Panggilan Darurat Cepat dengan Emergency SOS

Selain memiliki fitur keamanan seperti Touch ID atau Face ID, iPhone juga dilengkapi dengan Emergency SOS atau panggilan darurat cepat. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menghubungi nomor darurat seperti 112 atau nomor yang telah ditentukan untuk situasi darurat lainnya.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna dapat menekan tombol Side dan satu tombol volume secara bersamaan untuk memicu panggilan darurat. Selain itu, pengguna juga dapat mengaktifkan fitur Auto Call pada pengaturan Emergency SOS agar iPhone secara otomatis melakukan panggilan darurat setelah tombol-tombol tersebut ditekan dalam beberapa detik.

Fitur Emergency SOS juga dapat memicu notifikasi ke kontak darurat yang telah ditetapkan oleh pengguna, serta memperlihatkan informasi medis dan nomor darurat di layar kunci iPhone. Fitur ini sangat penting untuk situasi darurat yang membutuhkan bantuan segera.

3. Privasi Tingkat Lanjut dengan Private Wi-Fi Address

Mengingat keamanan data yang semakin penting, iPhone memiliki fitur privasi tersembunyi bernama Private Wi-Fi Address. Fitur ini secara otomatis memberikan alamat MAC acak untuk setiap jaringan Wi-Fi yang digunakan oleh pengguna, sehingga membuatnya sulit bagi perusahaan-perusahaan atau individu untuk melacak jejak online pengguna melalui MAC address.

TRENDING :  10 Rekomendasi HP Harga 5 Jutaan Terbaik Februari 2021

Untuk mengaktifkan Private Wi-Fi Address, pengguna dapat pergi ke Settings > Wi-Fi > pilih jaringan Wi-Fi yang ingin digunakan > Private Address. Dengan mengaktifkan fitur ini, iPhone akan secara otomatis menggunakan alamat MAC acak setiap kali terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Fitur ini sangat ideal untuk pengguna yang ingin menjaga privasi mereka saat terhubung ke jaringan Wi-Fi publik atau ketika terhubung ke jaringan yang sama secara teratur. Dengan menggunakan alamat MAC acak, pengguna dapat lebih aman dari jejak personanya ketika menggunakan Wi-Fi publik.

4. Melacak Aktivitas dengan Screen Time

Bagi pengguna iPhone yang ingin mengelola waktu dan aktivitasnya di perangkat, ada fitur tersembunyi yang bernama Screen Time. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat berapa lama mereka menghabiskan waktu di aplikasi tertentu, melakukan perubahan kebiasaan aktivitas, dan mengatur batasan waktu untuk penggunaan aplikasi.

Untuk mengakses fitur Screen Time, pengguna dapat pergi ke Settings > Screen Time. Di sana, pengguna dapat melihat Ringkasan Aktivitas harian mereka, termasuk jumlah waktu yang dihabiskan di aplikasi tertentu, jumlah notifikasi yang diterima, dan aktifitas lainnya.

Pengguna juga bisa mengatur batasan waktu penggunaan aplikasi dengan memilih App Limits, yang dapat membantu mengurangi kecanduan pengguna pada aplikasi tertentu atau penyalahgunaan waktu di iPhone.

5. Mengunduh Aplikasi Besar lebih Cepat dengan Download Over Wi-Fi and Cellular

Jika Anda sering mengunduh aplikasi besar di iPhone Anda, ada fitur tersembunyi yang dapat mempercepat proses tersebut. Fitur ini bernama Download Over Wi-Fi and Cellular, yang memungkinkan pengguna untuk mendownload aplikasi selama terhubung ke jaringan Wi-Fi maupun jaringan seluler.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat pergi ke Settings > App Store > Download Over Wi-Fi and Cellular. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat mengunduh aplikasi apa pun tanpa harus menunggu terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Namun, pengguna perlu mempertimbangkan kuota data mereka saat menggunakan fitur ini, terutama ketika mengunduh aplikasi yang berukuran sangat besar. Pastikan melakukan pengaturan yang tepat agar kuota data tidak terlalu cepat habis saat menggunakan fitur ini.

6. Tampilan Teks Lebih Jelas dengan Bold Text

Untuk pengguna iPhone yang menginginkan tampilan teks yang lebih jelas dan mudah dibaca, ada fitur tersembunyi bernama Bold Text. Fitur ini meningkatkan ketebalan teks di seluruh sistem operasi iPhone, termasuk ikon, menu, dan aplikasi.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat pergi ke Settings > Accessibility > Display & Text Size > Bold Text. Setelah diaktifkan, perangkat iPhone akan meminta untuk me-restart sistem agar perubahan dapat diterapkan.

Nama fitur ini cukup menjelaskan, ketika bold text diaktifkan, teks akan terlihat lebih tebal dan lebih jelas saat ditampilkan di layar. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna dengan penglihatan yang kurang baik atau bagi mereka yang hanya ingin tampilan teks yang lebih menonjol dan jelas di iPhone mereka.

TRENDING :  Cara Mendownload Aplikasi di iPhone dan iPad untuk Pemula

Itulah 6 fitur tersembunyi di iPhone yang wajib diketahui oleh pengguna. Dari menghemat daya baterai dengan Low Power Mode hingga meningkatkan tampilan teks dengan Bold Text, setiap fitur ini memberikan manfaat yang berbeda dan bisa sangat berguna dalam penggunaan sehari-hari.

Jangan ragu untuk menjelajahi pengaturan iPhone Anda untuk menemukan fitur-fitur menarik lainnya yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya. iPhone selalu menyediakan berbagai fitur inovatif untuk meningkatkan pengalaman pengguna, dan dengan mengetahui fitur-fitur tersembunyi ini, Anda dapat memanfaatkannya sepenuhnya.

Sekarang, saatnya untuk menjelajahi iPhone Anda dan mencoba fitur-fitur tersembunyi ini. Siapa tahu, Anda mungkin menemukan fitur lain yang belum terungkap dalam iPhone Anda!

Apakah kamu sudah benar-benar mengenal iPhone-mu? Ternyata ada beberapa fitur tersembunyi yang wajib kamu ketahui, lho! Dari shortcut Siri yang berguna hingga gesture multitasking yang mempermudah, iPhonemu memiliki kejutan menarik yang sedang menunggu untuk ditemukan. Siap-siap untuk menjelajahi potensi penuh dari perangkatmu yang serba canggih ini!