Bantuan Kuota Internet Gratis 15GB

Buruan Daftar! Bantuan Kuota Internet Gratis 15GB Kembali Dilanjutkan Kemendikbud

Bantuan kuota data internet gratis untuk siswa dan pengajar kembali dilanjutkan di tahun 2021. Program ini dilanjutkan mengingat banyak masyarakat yang menanggapi positif bantuan kuota gratis ini.  Melansir dari kanal YouTube Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada Senin (1/3), banyak siswa dan orang tua siswa serta guru merasa terbantu dengan bantuan kuota meski terkadang susah mencari sinyal.

“Walaupun kadang-kadang sulit mencari posisi sinyal yang baik, karena (bantuan kuota internet) itu mereka bisa dari sisi ekonomi orang tuanya tidak menjadi beban ekonomi,” ucap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

TRENDING :  Ini Dia Cara Mendapatkan Subsidi Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021

Kemdikbud kembali menyalurkan bantuan kuota internet gratis pada 2021 bagi pelajar dan pengajar di semua jenjang pendidikan. Program bantuan kuota internet gratis dari Kemdikbud dilanjutkan kembali pada Maret 2021 hingga tiga bulan ke depan.

Jadwal pencairan atau penyaluran kuota internet gratis ini adalah antara tanggal 11 hingga 15 setiap bulannya. Tujuan dari adanya program bantuan kuota internet gratis dari Kemdikbud ini adalah untuk menunjang belajar daring pada masa pandemi Covid-19. Karena salah satu kebutuhan untuk kegiatan belajar mengajar daring adalah kuota internet.

Mendikbud Nadiem Makarim menjelaskan bahwa bagi penerima yang sebelumnya mendapat bantuan kuota internet gratis tapi tidak digunakan dipastikan tidak akan mendapat bantuan lagi.

TRENDING :  Bantuan PIP 2021 Senilai Rp1 Juta Dibuka Kembali Untuk Anak Sekolah SD, SMP dan SMA, Begini Cara Daftarnya!

“Kecuali bagi kemarin yang diberikan tapi penggunaannya di bawah 1 GB, artinya tidak digunakan data dengan berbagai alasan. Karena itu adalah indikasi dari kita, mereka tidak membutuhkan Kuota tersebut,” ujar Mendikbud Nadiem Makarim, Senin 1 Maret 2021.

Terdapat perbedaan rincian bantuan kuota internet gratis Kemdikbud di 2021 ini, yaitu jenis kuota yang disalurkan hanyalah kuota umum saja, tidak ada kuota belajar.

Namun, untuk memastikan penggunaan kuota internet gratis digunakan semestinya, Kemdikbud tetap membatasi penggunaan kuota, seperti membatasi akses pada situs-situs yang diblokir Kominfo, serta membatasi penggunaan kuota terhadap media sosial. Tak hanya itu, besaran kuota internet gratis dari Kemdikbud pada tahun 2021 ini juga berbeda dari tahun sebelumnya.

TRENDING :  Cek Sekarang, Ada BLT Rp3,4 Juta untuk Anak Sekolah, Berikut Syarat-syarat yang Harus Dipenuhi

Berikut rincian bantuan kuota internet gratis Kemdikbud 2021:

  1. Pendidikan Anak usia Paud sebesar 7GB
  2. Pendidikan Dasar Menengah sebesar 10GB
  3. Mahasiswa dan Dosen sebesar 15GB
  4. Paket kuota data untuk pendidik sebesar 12GB

Setiap besaran kuota internet gratis yang diterimakan pada setiap jenjang pendidikan telah disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing-masing oleh Kemdikbud. Dalam rincian tersebut, mahasiswa dan dosen akan mendapatkan kuota internet gratis sebesar 15 GB.

Bagi pengguna Smartfren, khususnya mahasiswa, berikut ini adalah cara cek kuota internet gratis Kemdikbud 2021 15 GB:

  • Cara 1 : Ketik ‘Cek’ di SMS. Kirim ke 995. Tunggu beberapa menit, laporan kuota akan dikirim melalui SMS.
  • Cara 2 : Melakukan panggilan ke *995#. Tunggu beberapa menit, laporan kuota akan dikirim melalui SMS.
  • Cara 3 : Download aplikasi MySmartfren. Masukkan nomor telepon dan lakukan verifikasi. Otomatis, kuota internet gratis akan muncul.
TRENDING :  Buruan Cek!! Kemensos Berikan Bansos Modal Usaha Rp 3,5 Juta, Begini Cara Mendaftarnya

Bantuan kuota internet gratis ini merupakan komitmen Kemdikbud dalam membantu pembelajaran pelajar dan mahasiswa pada masa pandemi Covid-19. Untuk mempermudah penyaluran bantuan kuota internet gratis, Kemdikbud juga bekerja sama dengan berbagai perusahaan provider termasuk Smartfren.

Semoga program dari Kemdikbud  terus berlanjut dan dibagian secara merata. Agar seluruh masyarakat dari berbagai elemen bisa merasakan manfaatnya.