Mengatasi NFC iPhone Tidak Berfungsi

Mengatasi NFC iPhone Tidak Berfungsi di iPhone 6, 6s, 7, 7 Plus, 8, 8 Plus, X, XR, XS, 11/12 Pro Max

NFC iPhone Tidak Berfungsi – Kebutuhan akan penggunakan NFC akhir-akhir ini sangat meningkat salah satunya adalah karena kampanye penggunaan Cashless atau sistem pembayaran tanpa uang tunai. Seperti untuk pembayaran di TOL dan juga di tempat parkir Mall. NFC pada perangkat iPhone sangat berguna baik itu untuk topup atau isi ulang saldo pada kartu emoney atau juga untuk cek saldo.

Jika NFC pada iPhone kamu tidak berfungsi, Jangan dulu khawatir dan buru-buru membawa ke tempat service. Karena ada  beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dirumah untuk mengatasi NFC iPhone yang bermasalah.

Mengapa NFC iPhone Kamu Tidak Berfungsi?

Mengapa NFC iPhone kamu Tidak Berfungsi? Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor pertama yang mungkin menyebabkan NFC iPhone kamu tidak berfungsi adalah karena iPhone kamu mungkin tidak mendukung NFC. Untuk memastikannya, lihat di Pengaturan -> Umum -> Perangkat -> NFC dan Klik di sana. Jika kamu melihat pilihan untuk mengaktifkan atau mematikan NFC, maka iPhone kamu mendukungnya.

Faktor kedua yang mungkin menyebabkan masalah NFC adalah jika kamu mengaktifkan Mode Penerbangan. NFC tidak dapat diaktifkan ketika iPhone kamu berada di mode penerbangan. Untuk memastikan bahwa mode penerbangan tidak diaktifkan, lihat di Pengaturan -> Penerbangan.

Faktor ketiga yang mungkin menyebabkan masalah NFC adalah jika iPhone kamu terlalu jauh dari perangkat yang ingin kamu sambungkan. NFC bekerja hanya dalam jarak dekat (NFC hanya bekerja dengan jarak maksimal 4 inci). Pastikan bahwa iPhone kamu berada dalam jarak dekat dengan perangkat yang ingin kamu sambungkan.

Kesimpulannya, NFC iPhone kamu mungkin tidak berfungsi untuk beberapa alasan, termasuk iPhone kamu tidak mendukung NFC, mode penerbangan diaktifkan, atau iPhone kamu terlalu jauh dari perangkat yang ingin kamu sambungkan. Pastikan untuk memeriksa pengaturan-pengaturan tersebut untuk memastikan bahwa NFC berfungsi dengan benar.

Cara Mengatasi NFC iPhone Tidak Berfungsi

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah NFC pada iPhone 6, 6s, 7, 7 Plus, 8, 8 Plus, X, XR, XS, 11/12 Pro Max yang tidak berfungsi:

  1. Pastikan bahwa iPhone kamu mendukung NFC.  Periksa spesifikasi lengkap iPhone kamu di kotak penjualan atau juga bisa di situs web Apple untuk memastikan iPhone kamu ada fitur NFC.
  2. Periksa pengaturan iPhone kamu : Pastikan bahwa fitur NFC sudadh diaktifkan di iPhone kamu. Jika belum silahkan Buka Pengaturan> Wallet & Apple Pay> NFC, dan pastikan bahwa tombol “NFC” dalam posisi “on”.
  3. Restart iPhone : Cobalah untuk me-restart iPhone kamu untuk memastikan bahwa perangkat kerja dengan baik. Terkadang jika sudah terlalu lama tidak di restart beberapa fitur pada perangkat iPhone tidak bisa berjalan dengan maksimal.
  4. Update iOS Terbaru : Pastikan iPhone kamu sudah memiliki versi iOS terbaru. Jika belum silahkan kamu bisa mengecek Pengaturan> Umum> Perangkat Lunak> Perbarui Perangkat Lunak.
  5. Atur ulang jaringan: Buka Pengaturan> Umum> Reset> Atur ulang jaringan. Ini akan menghapus semua jaringan Wi-Fi, Bluetooth, dan jaringan seluler, dan membuat perangkat mencari ulang jaringan.
  6. Reset iPhone: Buka Pengaturan> Umum> Reset> Atur ulang konteks pabrik. Ini akan menghapus semua data pribadi dan pengaturan, sehingga perangkat akan seperti baru.
TRENDING :  Panduan Lengkap Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk

Jika masalah NFC masih tidak teratasi setelah melakukan langkah-langkah ini, kamu mungkin perlu membawa iPhone kamu ke Apple Store atau ke tempat service iPhone terpercaya yang ada di kota kamu untuk dicek secara menyeluruh dan dibenahi.

Aplikasi NFC Terbaik untuk iPhone

  1. Apple Pay
    Apple Pay adalah aplikasi NFC terbaik untuk iPhone. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membayar belanjaan mereka dengan cepat dan mudah hanya dengan menempelkan iPhone mereka ke mesin pembayaran. Apple Pay juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang dirancang untuk melindungi data pribadi dan keuangan pengguna.
  2. Pass2U Wallet
    Pass2U Wallet adalah aplikasi NFC terbaik lainnya untuk iPhone. Aplikasi ini memberikan pengguna akses ke berbagai jenis kartu, termasuk kartu nama, kartu hadiah, tiket, kartu diskon, dan lainnya. Fitur keamanan tingkat tinggi yang dimiliki Pass2U Wallet memastikan bahwa data pribadi dan keuangan pengguna tetap aman.
  3. NFC TagInfo
    NFC TagInfo adalah aplikasi NFC lainnya yang cocok untuk iPhone. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membaca informasi dari tag NFC, seperti informasi kontak, URL, identifikasi produk, dan banyak lagi. NFC TagInfo juga dilengkapi dengan fitur keamanan tingkat tinggi yang memastikan bahwa data pribadi pengguna tetap aman.

Selain beberapa aplikasi diatas, ada banyak juga aplikasi iPhone yang sudah support NFC seperti Aplikasi Mobile BCA, Mandiri Online dan Aplikasi Marketplace seperti Tokopedia yang bisa kamu gunakan untuk topup emoney atau juga bisa kamu gunakan untuk sekedar cek saldo.

Apa yang Harus Dilakukan Jika NFC iPhone kamu Tidak Berfungsi?

Jika NFC iPhone 6, 6s, 7, 7 Plus, 8, 8 Plus, X, XR, XS, 11/12 Pro Max kamu Tidak Berfungsi, kamuHarus Melakukan Langkah-Langkah Berikut:

  1. Pastikan iPhone kamu Dapat Menggunakan Versi Terbaru iOS.
  2. Periksa Apakah Pengaturan NFC Telah Diaktifkan.
  3.  Coba Hapus Aplikasi Yang kamu gunakan untuk NFC dan install Ulang Aplikasi Tersebut.
  4.  Pastikan Layar iPhone kamu Bersih Dan Bebas Kotoran.
  5. Buka cassing handphone kamu supaya NFC reader pada perangkat kamu bisa bekerja dengan sempurna.
  6. Periksa Apakah Komponen NFC Dalam iPhone kamu Masih Berfungsi Dengan Baik. Hal ini bisa dilakukan oleh teknisi yang profesional supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. karena untuk menegcek komponen NFC harus membuka cover bagian belakang iPhone.
  7. Perbarui Perangkat Lunak iPhone kamu Dengan Versi Terbaru.
  8. Jika beberapa langkah diatas belum juga berhasil, sebaiknya kamu bawa iPhone ke tempat service teepercaya di kota kamu.
TRENDING :  Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Awet yang Perlu Kamu Tahu!

Demikian beberapa hal yang bisa kamu lalukan jika NFC iPhone 6, 6s, 7, 7 Plus, 8, 8 Plus, X, XR, XS, 11/12 Pro Max kamu mengalami kerusakan atau tida bisa bekerja sebagaimana mestinya. Semoga setelah membaca panduan dari kami permasalahan NFC kamu bisa teratasi tanpa kamu bawa ke tempat service.