Cara Memperbaiki HP Vivo Bootloop Mentok di Logo

Cara Memperbaiki HP Vivo Bootloop Mentok di Logo [UPDATE]

Cara Memperbaiki HP Vivo Bootloop – Tidak hanya terjadi pada HP Vivo Bootloop  merupakan hal yang cukup lumrah terjadi pada perangkat android, Bootloop pada HP Vivo terjadi ketika sistem operasi tidak dapat melanjutkan proses booting dan terus menerus restart tanpa henti atau stuk di logo vivo. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti kerusakan sistem, aplikasi yang tidak kompatibel, atau kesalahan saat melakukan flashing ROM.

Hp Vivo kamu bootloop ?  gak perlu khawatir, TIM Pandawa News akan membahas secara detail tutorial untuk memperbaiki HP Vivo yang bootloop atau stuck di logo serta penyebab dan cara menanggulangi agar HP Vivo kamu tidak bootloop lago.

Cara Memperbaiki HP Vivo Bootloop

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk memperbaiki HP Vivo yang mengalami bootloop:

  • Pertama, matikan HP Vivo.
  • Tekan Tombol Volume Bawah dan Power secara bersamaan.
  • Tunggu sampe layar Fastboot Mode muncul.
  • Setelah layar Fastboot Mode muncul, pilih Recovery mode.
  • Tunggu sampe layar Recovery mode muncul, agak lama.
  • Setelah muncul, pilih Wipe data.
  • Pilih Wipe cache partition dan pilih lagi Wipe cache partition.
  • Setelah proses wipe data selesai atau Wipe OK, pilih OK.
  • Lalu pilih Wipe data, dan pilih lagi wipe data.
  • Tunggu sampai proses bersih data selesai. Proses ini juga cukup lama, tapi kamu tidak perlu khawatir
  • Kalo udah selesai, klik/pilih OK.
  • Pilih aja Back. Terus di menu Recovery pilih Reboot system.
  • Tunggu proses reboot. Proses ini juga cukup lama.
  • Setelah reboot, akan muncul layar Selamat Datang.
  • Tinggal klik aja “Setel telepon Kamu” yang ada di bawah.
  • Kemudian tinggal atur pengaturan seperti bahasa, wilayah, dan lainnya sesuai keinginan.
  • Selesai, HP Vivo bisa digunakan kembali.

Jika cara ini tidak berhasil, kamu bisa memperbaikinya dengan cara flashing. Berikut kami rangkum secara lengkap cara memperbaiki HP Vivo bootloop dengan cara flashing atau install ulang.

Sebenarnya masalah bootloop ini merupakan hal yang sangat wajar pada perangkat android. Ada 3 tipe bootloop yang biasa terjadi. yaitu Android Light Bootloop, Android Medium Bootloop, dan Android Hard Bootloop. Biasanya masalah bootloop pada HP Vivo ini bisa tertangani hanya dengan melakukan factory reset. Namun jika dengan cara diatas belum juga berhasil, kamubisa coba dengan cara ini. Yaitu dengan melalukan flash pada hp Vivo kita.

Sebelum kita mulai untuk flashing HP Vivo yang bootloop menggunakan flash tool ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Salah satunya yang wajib dan harus kamu siapkan dengan cermat adalah firmware atau Stock ROM sesuai dengan Merek dan Type hp yang kamu miliki. Jika kamu tidak hafal Type HP Vivo kamu padahal saat ini HP dalam kondisi mati, kamu bisa cek Type HP kamu pada kardus pembelian. Proses flash cukup rumit dan butuh ketelitian, oleh karena itu kamu perlu fokus dalam melakukannya. Berikut langkah – langkah untuk melakukan flash HP vivo bootloop dengan sp flashtool :

Cara Instal Ulang / Flash HP Vivo Yang Bootloop Dengan Flashing

Beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum mulai Flashing

TRENDING :  8 Cara Download Tiktok Tanpa Watermark Tanpa Aplikasi

Cara Flashing Vivo menggunakan Sp Flashtool

  1. Pertama download bahan yang sudah kami sebutkan di atas dan letakkan pada folder yang mudah di ingat.
  2. Ekstrak semua file yang sudah kamu download.
  3. Instal semua Usb driver Vivo ke dalam PC/Laptop
  4. Buka folder “SP_falshtool” lalu klik 2 kali pada “flash_tool.exe”
  5. Pada Scatter loading file browse ke folder Firmware / Stockrom Vivo V5 tadi yang sudah kita simpan lalu pilih “MT6750_Android_scatter.txt”
  6. Selanjutnya klik pada tab Donload lalu sambungkan Vivo kita menggunakan kabel usb yang sudah kita siapkan sebelumnya
  7. Sambil menghubungkan perangkat HP kita,  tekan tombol Volume Up atau Volume Down agar PC dapat mendeteksi perangkat yang masuk
  8. Apabila Driver Usb Mediatek sudah terpasang dengan benar, pasti proses loading data akan berjalan secara otomatis pada aplikasi SP_Flashtoolnya
  9. Bila proses flashing android Vivo selesai akan ditandai dengan tanda centang
  10. Jika terjadi error pada saat proses download data, silahkan kita pilih “Upgrade” lalu klik Donload kembali
  11. Silahkan kita lepas USB kabel data dari PC atau laptop kemudian coba hidupkan HP Vivo yang kita.
  12. Tunggu beberapa menit hingga  masuk ke tampilan menu
  13. Selesai

Apa yang Menyebabkan HP Vivo Bootloop dan Bagaimana Cara Mengatasinya

HP Vivo dapat mengalami bootloop karena berbagai alasan, termasuk pembaruan sistem yang gagal, instalasi aplikasi yang terganggu, atau kerusakan sistem operasi. Untuk memperbaiki masalah ini, ada beberapa cara yang dapat Kamu lakukan. Bootloop pada HP terjadi ketika sistem operasi tidak dapat melanjutkan proses booting dan terjebak dalam siklus restart tanpa henti. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

  1. Kesalahan saat melakukan flashing ROM. Ketika Kamu melakukan flashing ROM yang salah atau tidak cocok dengan HP Kamu, hal ini dapat menyebabkan sistem operasi HP mengalami masalah dan terjebak dalam bootloop.
  2. Aplikasi yang tidak kompatibel. Beberapa aplikasi mungkin tidak kompatibel dengan sistem operasi HP Kamu, dan ketika Kamu menginstalnya, hal ini dapat menyebabkan masalah sistem dan menyebabkan bootloop.
  3. Kerusakan sistem. Kerusakan pada sistem operasi HP Kamu dapat menyebabkan bootloop. Hal ini dapat terjadi karena virus, kesalahan saat menginstall aplikasi, atau penggunaan sistem operasi yang sudah usang.
  4. Overclocking. Jika Kamu melakukan overclocking pada HP Kamu untuk meningkatkan performa, hal ini dapat membuat sistem operasi tidak stabil dan menyebabkan bootloop.
  5. Kerusakan hardware. Beberapa kerusakan hardware pada HP, seperti kerusakan pada motherboard atau kerusakan pada chip, dapat menyebabkan masalah sistem dan bootloop.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi bootloop pada HP:

  1. Lakukan restart ulang pada HP Kamu dengan cara mematikan HP dan menyalakannya kembali setelah beberapa saat.
  2. Masuk ke mode pemulihan (recovery mode) pada HP Kamu. Caranya bervariasi tergantung pada merek dan model HP yang Kamu gunakan. Namun, biasanya Kamu dapat memasuki mode pemulihan dengan menekan kombinasi tombol tertentu pada saat HP menyala.
  3. Setelah masuk ke mode pemulihan, Kamu dapat mencoba memperbaiki masalah dengan cara melakukan factory reset atau menghapus data cache.
  4. Jika langkah ini tidak berhasil, Kamu dapat mencoba melakukan flashing ROM yang baru. Namun, pastikan untuk mengunduh ROM yang cocok untuk HP Kamu dan ikuti petunjuk dengan seksama.
  5. Jika semua cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar masalah pada HP Kamu terkait dengan hardware. Kamu dapat membawa HP Kamu ke pusat servis resmi untuk diperiksa lebih lanjut.
TRENDING :  Cara Memperbaiki LCD HP Yang Rusak Karena Jatuh

Perlu diingat bahwa melakukan flashing ROM dapat membatalkan garansi HP dan dapat menyebabkan hilangnya data penting. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan langkah-langkah ini dengan hati-hati dan jika perlu, bawa HP Kamu ke pusat servis resmi untuk diperiksa lebih lanjut.

Dalam menghadapi masalah bootloop pada HP, Kamu dapat melakukan beberapa langkah perbaikan, seperti melakukan restart ulang, masuk ke mode pemulihan, melakukan factory reset atau menghapus data cache, serta melakukan flashing ROM. Namun, perlu diingat bahwa melakukan flashing ROM dapat membatalkan garansi HP dan dapat menyebabkan hilangnya data penting. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan langkah-langkah ini dengan hati-hati dan jika perlu, bawa HP Kamu ke pusat servis resmi untuk diperiksa lebih lanjut.

Beberapa penyebab bootloop pada HP antara lain adalah kesalahan saat melakukan flashing ROM, aplikasi yang tidak kompatibel, kerusakan sistem, overclocking, dan kerusakan hardware. Oleh karena itu, sebaiknya hindari melakukan overclocking pada HP dan selalu pastikan bahwa aplikasi atau ROM yang Kamu install sesuai dengan HP Kamu. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan backup data penting Kamu secara rutin untuk menghindari kehilangan data yang tidak tergantikan.