OPPO Reno5 5G vs vivo X50 Pro

Pilih OPPO Reno5 5G atau vivo X50 Pro ya

Kali ini, Kami  akan komparasi OPPO Reno5 5G bersama degan vivo X50 Pro.  Mereka berdua ini memiliki harga yang selisihnya itu tidak berbeda jauh di marketplace sekitar Rp 500-600 ribuan dengan chipset Snapdragon 765G.  Kalau tidak salah, ini adalah 2 smartphone resmi Indonesia yang menggunakan Snapdragon 765G.

PERFORMA CHIPSET

Nah, bicara soal chipset-nya, menurut kami Snapdragon 765G ini sangat cocok untuk penggunaan heavy-use tapi tidak ke arah gaming-gaming yang super extreme.  Jadi, semisal untuk penggunaan editing photo explore social media atau bahkan edit video pun di Reno5 5G atau di vivo X50 Pro ini sangatlah oke apalagi thumbs up untuk Reno5 5G yang menyediakan aplikasi Soloop yang dipakai untuk edit video itu sangatlah enak dan lumayan pokoknya.  Reno5 5G ini juga sudah built-in untuk aplikasi Soloop tadi sehingga tidak perlu repot-repot download lagi.  Sangat enak.

PERFORMA GAMING

Nah, soal gaming-nya bagaimana?  kami mencoba memainkan game kompetitif yang kami juga fokus memainkannya, PUBG Mobile di mana keduanya itu memiliki performa yang identik sama-sama bisa 60fps pada tingkat grafis yang Smooth lalu touch delay juga minim pada saat scoping dan aiming.  Jadi, experience untuk main PUBG Mobile ini sangatlah oke.  Namun berbeda kasusnya jika yang dimainkan adalah Genshin Impact.  Pada keduanya ini, kami tidak merasakan terlalu smooth.  Jika melihat Genshin Impact ini sebagai game masa depan di mana ke depannya akan banyak game-game seperti ini sepertinya sih 765G ini pasti akan kewalahan untuk memainkannya seperti itu.

Ini saja kami memainkannya pada setting Low dan meski dengan 60fps itu masih ada stuttering meski minim pada kedua device.  Nah, performanya identik, tapi tidak dengan suhu yang dihasilkan.  Untuk yang kami rasakan Reno5 5G ini sebenarnya terasa lebih dingin dan tidak terlalu panas bila dibandingkan vivo X50 Pro yang akan terasa panas pada saat bermain dalam waktu lama.  Padahal, saat di-cek suhu-nya Reno5 5G itu mempunyai suhu yang lebih panas dibandingkan vivo X50 Pro.  Menurut kami sih, ini mungkin gara-gara material bodi belakang-nya.

PERFORMA DESAIN

Pada Reno5 5G ‘kan memakai polikarbonat dan memang tidak terasa panas pada bagian bodi-nya meskipun di dalamnya sedikit panas, sedangkan pada X50 Pro karena berbahan kaca, maka terasa lebih panas dan membuat tidak nyaman jika dipakai bermain game berlama-lama.  Walaupun begitu, jika dilihat dari material bodi belakangnya kita pasti tahu mana yang lebih premium dan lebih elegan.  vivo X50 Pro, mengingat belakangnya berbahan kaca dan teksturnya juga sudah doff sudah enak untuk diusap-usap sehingga terasa lebih mewah dan elegan serta kekinian dibandingkan polikarbonat pada Reno5 5G yang juga glossy oleh pantulan-pantulan cahaya.  Terlihat juga dari layarnya di mana pada X50 Pro menggunakan layar yang curve atau melengkung kanan-kirinya sehingga dipakai untuk swipe kanan-kiri itu terasa lebih enak.

Baca Juga  10 Rekomendasi HP Harga 5 Jutaan Terbaik Februari 2021

PERFORMA LAYAR

Untuk layar, keduanya juga sudah menggunakan AMOLED dan dengan resolusi Full HD+ dan juga refresh rate 90 Hz.  Pada Reno5 5G cuma ada opsi 90 Hz sementara vivo X50 Pro itu ada yang namanya Smart Switch di mana aplikasi ini bisa mengubah-ubah refresh rate-nya sesuai dengan content yang sedang kita lihat.  Nah, untuk streaming Netflix, kami jujur lebih suka Reno5 5G dibandingkan X50 Pro, alasannya jelas karena pada Reno5 5G sudah mendukung Widevine L1 yang berarti bisa menonton Netflix dengan kualitas tertinggi dibandingkan X50 Pro.  Memakai Reno5 5G itu sangatlah nyaman untuk streaming film atau marathon drakor apalagi kalau menontonnya menggunakan Smartfren Unlimited yang bisa membuat lupa waktu karena memang benar-benar unlimited.

Ya, selain untuk menonton drakor, smartphone Unlimited ini juga bisa dipakai untuk semisal live streaming atau untuk mabar atau push rank ini sangatlah bisa.  Speed-nya juga kencang.  kami mencobanya ini di daerah kami dan bisa dapat sekitar 40-50mbps dan itu sangatlah kencang.  Selain kencang, Smartfren Unlimited juga bisa dipakai untuk semua aplikasi bisa dipakai 24 jam di area manapun di seluruh Indonesia terjangkau, Smartfren Unlimited.  Hal yang paling seru itu ada yang namanya Extra Unlimited Malam Full Speed itu artinya saat malam, dari jam 01:00 pagi sampai 05:00 subuh speed-nya itu tidak akan turun dan pasti sangat kencang.

Jadi, mengingat bisa untuk semua aplikasi, selain kami pakai untuk menonton Netflix kami juga coba menonton Disney+ hotstar dan juga YouTube.  Untuk kedua device, ini sama-sama memiliki kualitas streaming yang tertinggi.  kaming saja keduanya belum stereo speaker, kaming sekali.  Andai bisa stereo speaker, mungkin ini akan menjadi salah satu hape entertainment yang akan kami pilih, salah satunya.  Ya, walaupun begitu, Reno5 5G masih “baik” memberikan jack 3.5mm. sehingga jika mau menonton film memakai headset kekamingan kalian pada vivo X50 Pro masih harus menggunakan dongle atau adapter type-C ke jack 3.5mm, jadi, yaa tidak bisa menonton film sambil berbarengan dengan mengisi daya smartphone-nya.  Sebenarnya hal ini tidak terlalu berpengaruh juga mengingat proses charging-nya relatif cepat.

Baca Juga  7 HP Android Murah Dibawah 500 Ribu yang Bagus dan Awet

Dengan charger bawaan masing-masing Reno5 5G dengan Super VOOC 65W dan vivo X50 Pro dengan Flash Charge 33W kami bisa mendapatkan hasil berupa 38 menit untuk charging Reno5 5G dari 10% sampai full.  Sementara pada X50 Pro, membutuhkan waktu sekitar 75 menit.  Terlihat perbedaannya sih, 65W dan 33W.

PERFORMA BATERAI

Nah, baterai-nya irit atau tidak? Charging cepat tapi kalau baterai boros ya sama saja bohong.  Ya, kami merasakan kalau keduanya punya daya tahan baterai yang cukup identik.  Semisal untuk penggunaan kami, kami pakai Google Maps kemudian social media, menonton streaming film lalu bermain game 1-2 jam dan kami dapatkan data rata-rata pada kedua device ini Screen On Time-nya 5-6 jam.  Nah, jika kita break down lagi, untuk pemakaian gaming-nya PUBG Mobile itu kami dapat, 30 menit main itu sekitar 9% untuk kedua device berkurangnya prosentase baterai-nya.

Sedangkan untuk Genshin Impact pada Reno5 5G itu 12% dan pada vivo X50 Pro 13%.  Sekarang keduanya juga sudah menggunakan Android 11.  Pada vivo X50 Pro dengan balutan Funtouch OS 10.5 sedangkan pada Reno5 5G itu sudah ColorOS 11.1.  Fitur-fitur pendukung lain, seperti fingerprint under-display itu keduanya sama-sama cepat dan keduanya juga sudah ada NFC untuk pembayaran-pembayaran tol dan semacamnya ini sudah sangatlah full dan lengkap sekali.  Paling-paling yang terasa sih minus SD card-nya.  Jadi, alternatif-nya adalah jika ingin Storage yang lebih besar yaa larinya ke Cloud Storage, semisal foto di-upload ke Google Photo atau memakai Google Drive atau One Drive dari Microsoft.

PERFORMA STORAGE

Ya, kalau dari segi storage, masing-masing berbeda ya Reno5 5G 128GB sedangkan X50 Pro itu 256GB serta dengan RAM sama-sama 8GB.  Jadi, untuk Reno5 5G bisa menyimpan foto atau video beresolusi tinggi 4K atau semacamnya, maka sepertinya harus menyiapkan Cloud Storage tambahan sih.  Adanya gimbal pada kamera X50 Pro ini bisa membuat hasil perekaman pada video-nya itu lebih stabil dibandingkan dengan Reno5 5G terutama ketika mau panning kanan-kiri-atas-bawah dengan pergerakan yang tidak terlalu extreme.  Sedangkan untuk perekaman video selfie-nya, menurut kami biasa-biasa saja.  Detail-nya itu cukup terlihat lembut dan warnanya pun sedikit agak pucat.  Nah, hasil foto-nya bagaimana?  Keduanya sama-sama oke.

Baca Juga  Tips Membeli iPhone Garansi Internasional

Hasil X50 Pro lebih natural dibandingkan OPPO Reno5 5G padahal AI Scene Enhancer-nya ini sama-sama kami non-aktif.  Hasilnya itu, foto dari Reno5 5G itu terlihat lebih pekat warnanya, tapi ada sedikit detail yang dikorbankan.  Sementara X50 Pro, hasilnya cenderung redup tapi tetap mempertahankan detail-detail yang oke.  Nah, nilai plus dari X50 Pro adalah disediakannya 2 kamera Zoom 12MP, 2 x Zoom dan bisa dipakai untuk Portrait juga serta 8MP 5x Zoom.  Tapi, bagaimana jika dibandingkan dengan Digital Zoom dari 64MP Reno5 5G?  Pada beberapa kondisi, memang adanya lensa khusus untuk foto zoom itu terlihat lebih tajam.  Tapi, jika cahaya-nya melimpah perbedaan keduanya itu jadi tidak terlalu jauh.

Nah, pertanyaannya adalah seberapa sering kita menggunakan lensa Zoom ini.  Nah, ini adalah pertama kalinya kami bisa explore lebih banyak lagi tentang lensa Mono yang ada pada Reno5 5G.  Ternyata untuk memotret-motret obyek yang terkesan klasik atau foto-foto ala-ala Street Photography itu dan memakai lensa Mono itu akan membuat hasil fotonya jadi terlihat mengandung banyak cerita terutama pada saat kita melihat perbedaan contrast antara gelap dan terang-nya yang menurut kami sangat enak untuk dilihat.  Nah, sedangkan untuk kamera selfie-nya sih tidak ada yang istimewa menurut kami.  Depth of view-nya biasa-biasa saja, tidak terlalu lebar.  Detail rambut dan skin tone-nya juga menurut kami biasa-biasa saja.

KESIMPULAN

So, that’s it komparasi antara Reno5 5G dengan vivo X50 Pro.  Menurut kami, vivo X50 Pro itu sangatlah cocok untuk dijadikan kamera On-The-Go contoh untuk foto-foto, mengingat pilihan lensa-nya juga cukup beragam dan vocal-nya yang berbeda-beda ada Ultra-Wide, Wide, 2x Zoom dan Telephoto 5x Zoom sehingga seharusnya lebih fleksibel.  Tapi jika Kalian yang gemar untuk streaming film bermain game, serta edit video langsung dari hape menurut kami sih lebih enak di Reno5 5G, seperti itu.

Ya, mengingat keduanya sudah sama-sama menggunakan chipset 765G menurut kami sih dua-duanya sudah mendukung 5G walaupun kita tidak tahu kapan 5G di Indonesia diterapkan.  Tapi, menurut kami sih kedua smartphone ini cocok untuk dipakai 1 atau 2 tahun ke depan.  Tidak sampai 3 tahun sepertinya apalagi jika Kalian perlu memainkan game-game berat semisal Genshin Impact untuk ke depannya menurut kami sih membuat “Oh No!” tapi kalau heavy-use tanpa gaming, kedua smartphone ini sudah sangat oke.

Originally posted 2021-10-28 17:34:57.

Kata KunciCYBER SECURITY indonesia