Laptop gaming cepat rusak

Penyebab Laptop Gaming Cepat Rusak yang Gamer Perlu Tahu

Laptop gaming cepat rusak padahal baru saja dibeli apa penyebabnya? Ya, bagi Anda pengguna laptop gaming yang merasa sudah merawat laptop dengan sepenuh hati, tidak memainkan game terlalu lama namun tetap saja laptop mengalami kerusakan maka Anda harus segera mencari tahu solusinya.

Namun sebelum itu, ada baiknya Anda tahu juga apa saja aspek yang menjadi penyebab mengapa laptop gaming cepat rusak agar di kemudian hari Anda bisa menghindari penyebabnya. Berikut penyebabnya yang perlu Anda tahu!

Penyebab Laptop Gaming Cepat Rusak

Berikut kami ulas beberapa penyebab yang umum terjadi, jadi buat anda yang baru memiliki laptop alangkah baiknya untuk mengantisipasi beberapa poin dibawah supaya laptop kesayangan kamu tidak mudah rusak.

Mengangkat laptop pada bagian layar

Kesalahan yang biasa dilakukan oleh pengguna laptop sehingga mengakibatkan laptop menjadi rusak adalah mengangkat laptop pada bagian layar. Hal ini terlihat sepele, namun kebiasaan satu ini bisa berakibat fatal karena dapat memengaruhi hardware.

Kerusakan satu ini bisa terjadi karena layar mempunyai sekrup logam yang dapat menyambungkannya ke bagian badan. Jika Anda mengangkat pada bagian layar maka sekrup lama kelamaan akan menjadi longgar dan akhirnya terlepas. Oleh karena itu usahakan membawa laptop dari bagian bawah.

TRENDING :  Cara Memperbaiki Hotspot IPhone Yang Tidak Bisa Tersambung

Tidak mematikan laptop dengan benar

Laptop gaming cepat rusak bisa diakibatkan karena tidak mematikan laptop dengan benar. Banyak orang yang mematikan laptop hanya dengan menutup layar laptop setelah menggunakannya.

Perlu Anda ketahui bahwa cara satu ini bukan cara yang benar untuk mematikan laptop atau dapat dikatakan bahwa Anda membuat laptop berada di keadaan sleep.

Apabila Anda sering melakukan hal tersebut maka akan mengakibatkan baterai laptop cepat boros, speaker bermasalah dan berbagai permasalahan lain juga timbul. oleh karena itu, pastikan Anda selalu mematikan laptop dengan benar.

Meletakkan laptop pada tas yang longgar

Peletakan laptop merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga laptop dari kerusakan. Banyak orang yang menggunakan tas biasa sebagai tempat laptop.

Padahal kebiasaan tersebut tidak baik karena laptop akan memiliki resiko jatuh dan terbentur pada benda di sekitarnya. Oleh karena itu, upayakan tas laptop yang digunakan adalah tas khusus laptop sehingga ketika laptop dibawa kemana – mana kondisinya masih sangat aman.

TRENDING :  Cara Download Status WhatsApp Gebetan Paling Mudah

Tidak menggunakan aplikasi antivirus

Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa menginstall aplikasi membutuhkan waktu yang lama. Terlebih jika Anda menginstall software antivirus maka Anda harus menunggunya dalam waktu cukup lama. Hal ini dikarenakan software antivirus memiliki komponen yang banyak sehingga Anda harus menunggunya selama satu jam atau lebih.

Nah, karena proses menunggu yang terlalu lama inilah banyak orang kemudian merasa malas atau enggan untuk menggunakan aplikasi antivirus. Padahal aplikasi antivirus merupakan suatu guardian atau penjaga laptop yang tak boleh disepelehkan. Virus bisa menyebar dan menyerang laptop dari file, data, kiriman gambar, video, folder dan sebagainya. Maka pengguna laptop harus berhati – hati jika tidak ingin laptopnya bermasalah.

Memangku laptop diatas paha

Memangku laptop diatas paha merupakan kesalahan yang sering terjadi. Memangku laptop dapat membuat laptop mengalami kondisi overheating. Hal tersebut dikarenakan adanya ventilasi perangkat yang berada di bagian bawah.

Dengan memangku, maka aliran udara yang terdapat dibawah laptop akan terhalangi oleh bahan baju atau kulit. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan laptop pada permukaan yang keras seperti meja yang berbahan dasar kayu.

TRENDING :  Cara Membuat Flowchart Di Word

Laptop belum pernah direset

Laptop gaming cepat rusak bisa diakibatkan karena Anda belum pernah meresetnya. Namun reset tidak sama dengan restart. Reset merupakan cara untuk menginstal ulang sistem operasi yang terdapat pada laptop.

Sebelum mereset laptop maka Anda harus memastikan bahwa Anda telah memindah semua data yang terdapat di dalam laptop. Cara meresetnya pun cukup mudah karena Anda hanya perlu buka Settings, kemudian klik Update & Security, pilih Recovery dan tekan opsi Reset this PC.

Terlalu sering membuka banyak aplikasi secara bersamaan

Laptop merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk multitasking. Namun bukan berarti Anda dapat membuka banyak software dalam satu waktu. Kebiasaan membuka banyak software dalam satu waktu akan membuat laptop Anda bekerja terlalu keras.

Dengan demikian laptop menjadi panas dan lambat. Jika sering mengulangi kesalahan tersbeut maka laptop akan lebih cepat rusak.

Demikianlah beberapa penyebab laptop gaming cepat rusak. Jika Anda pernah melakukan hal – hal diatas maka upayakan untuk menghindarinya agar laptop lebih tahan lama.