Kuota Internet Gratis Dari Kemendikbud

Kuota Internet Gratis Dari Kemendikbud Cair Bulan Maret, April dan Mei 2021

Bantuan kuota data internet di tahun 2020 mendapatkan respon positif dari masyarakat. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim kembali meluncurkan program kuota belajar selama tiga bulan terhitung Maret 2021.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menerangkan bahwa peserta didik PAUD mendapat 7 GB/bulan, peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 10GB/bulan, dan pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 12 GB/bulan. Sedangkan, mahasiswa dan dosen mendapat 15 GB/bulan.

“Jadi di tahun 2021, kita akan memberikan kuota namun dengan giga yang lebih kecil daripada kuota belajar sebelumnya. Tetapi, kuota ini adalah kuota umum, jadinya dapat mengakses seluruh laman dan aplikasi,” jelas Nadiem dalam Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2021 secara daring, Senin (1/3/2021).

Baca Juga  Syarat & Cara Daftar Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021

Bantuan kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah mulai disalurkan sejak Kamis (11/3/2021).  penyaluran bantuan kuota internet gratis ini dilakukan pada tanggal 11-15 setiap bulannya. pemerintah memberikan kebijakan subsidi kuota internet selama tiga bulan, terhitung sejak Maret hingga Mei 2021.  Pemberian bantuan kuota dalam rangka mendukung pembelajaran via daring akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga  Ini Rincian Terbaru Subsidi Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021

Kuota Internet Gratis Pemerintah Cair Maret 2021

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengatakan pihaknya menerima banyak masukan dari masyarakat untuk meningkatkan fleksibilitas dari penggunaan kuota internet tersebut. Sehingga di tahun 2021 ini, kuota yang diberikan menjadi kuota umum dan bisa mengakses laman dan aplikasi, kecuali aplikasi yang diblokir.

“Jadi di 2021 kita akan memberikan kuota, tapi dengan jumlah gigabyte yang lebih kecil daripada kuota belajar sebelumnya. Tetapi kuota ini merupakan kuota umum, jadinya bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi laman dan aplikasi, kecuali aplikasi yang diblokir,” kata Nadiem.

Nadiem Makarim pun menyebutkan bahwa bantuan kuota internet gratis untuk semua operator (Telkomsel, Indosat, 3, Axis, XL Axiata, Smartfren) akan kembali dilaksanakan mulai bulan Maret, April dan Mei 2021.

Baca Juga  Pembagian Kuota Gratis Dari Kemendikbud, Ini Daftar Situs Yang Bisa Diakses

Seperti diketahui bahwa program ini terdiri dari dua macam, yaitu kuota umum yang bisa digunakan untuk semua aplikasi/layanan dan kuota belajar yang nantinya hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi belajar yang sudah ditunjuk. Adapun besaran pembagian kuota internet gratis bulan Maret, April dan Mei 2021 ini diprediksi akan tetap sama seperti tahun sebelumnya yaitu :

    • Untuk peserta didik jenjang PAUD, besaran kuota internet yang diberian 20 GB per bulan, dengan rincian 5 GB kuota umum, 15 GB kuota belajar. Durasi bantuan dilakukan selama 4 bulan
    • Peserta didik jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD,SMP dan SMA) sebesar 35 GB per bulan. Dengan rincian 5 GB kuota umum, 30 GB kuota belajar dan durasi bantuan selama 4 bulan.
  • Pendidik jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah mendapatkan kuota internet sebesar 42 GB per bulan. Dengan rincian 5 GB kuota umum, 37 GB kuota belajar dengan durasi bantuan 4 bulan.
  • Dosen dan mahasiwa, bantuan kuota internet sebesar 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum, 45 GB kuota belajar dan durasi bantuan dilakukan selama 4 bulan.
Baca Juga  Cara Menanam Bawang Merah agar Tumbuh Cepat

Untuk syarat mendapatkan kuota internet gratis bulan Maret, April dan Mei 2021 dari kemendikbud memang belum dipublikasikan karena mungkin masih dalam rancangan. Tapi, mengaca pada periode sebelumnya berikut ini syarat-syaratnya :

  • Pastikan memiliki nomor ponsel aktif
  • Serahkan nomor ponsel aktif kepada pihak Sekolah/Operator pendidikan di sekolah masing-masing
  • Setelah nomor ponsel calon penerima bantuan kuota terkumpul, selanjutnya pihak sekolah akan mendaftarkan data nomor ponsel tersebut ke aplikasi Dapodik.
  • Setelah memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan tersebut, silahkan tunggu bantuan kuota internet gratis dari Kemndikbud dikirim ke nomor yang didaftarkan.
Baca Juga  Cara Menanam Bawang Merah agar Tumbuh Cepat

Perlu diketahui juga, kuota internet gratis Kemendikbud akan langsung cair pada semua nomor aktif yang sebelumnya sudah pernah menerima bantuan kuota gratis pada bulan November – Desember 2020. Namun, bagi mereka yang sebelumnya pernah mendapat bantuan kuota gratis, tapi tidak menggunakannya sampai habis atau penggunaanya kurang dari 1 GB maka tidak akan menerima kuota gratis bulan Maret. Bagi yang nomornya ganti atau belum pernah dapat kuota gratis, maka harus melakukan laporan lebih dulu jika ingin mendapat kuota gratis Kemendikbud ke bagian satuan pendidikan sebelum bulan April 2021.