Cara Mengatasi iPhone Mati Mendadak

Cara Mengatasi iPhone Mati Mendadak dan Mengetahui Penyebabnya

Cara Mengatasi iPhone Mati Mendadak –  Pernah mengalami iPhone sesayangan kamu mati mendadak padahal sebelumnya normal dan tidak ada tanda kerusakan ? eits, jangan panik dulu karena ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dirumah sebelum kamu bawa ke tempat servis.

Penyebab iPhone mati mendadak ada banyak faktor, Baik itu masalah dari hardware seperti baterai yang sudah tidak sehat, charger atau kabel power yang tidak original, maupun kerusakan atau crash pada OS karena penumpukan ‘data sampah’, terkena virus maupun kerusakan lainnya. Berikut kami ulas secara lengkap terkait permasalahan iPhone yang mati secara mendadak.

Cara Mengatasi Iphone Mati mendadak

Charge Baterai iPhone Kamu

Baterai merupakan nyawa sebuah smartphone, kurangnya daya baterai yang tersedia akan mengakibatkan iPhone bisa mati sendiri secara mendadak. Salah satu penyebab iPhone yang mendadak mati yang tidak disadari adalah kapasitas baterai yang sudah bermasalah. Karena baterai yang sudah tidak sehat antara prosentase baterai yang tampak di layar tidak akurat dengan kondisi baterai yang sebenarnya. Kadang kala di layar masih terlihat prosentase baterai yang cukup aman namus aslinya baterai sudah kosong.

Pastikan selalu gunakan Kepala Charger dan kabel Lightning yang original, Karena jika menggunakan yang tidak ori banyak kemungkinan daya yang masuk ke iPhone tidak optimal. Jika menggunakan yang tidak original maka pastikan bahwa aksesoris iPhone yang kamu gunakan telah mendapatkan sertifikasi MFi (Made for iPhone/iPad/iPod). Beberapa brand yang sudah mengeluarkan produk bersertifikasi MFi adalah : Anker, Beasus, Mcdodo, Aukey, Vivan, Ugreen, Remax  tinggal kamu cek saja di bagian spesifikasinya.

Restart iPhone Kamu

Tekan dan tahan tombol power pada iPhone kamu selama 10 detik. Langkah ini adalah untuk merestart, Jika berhasil, nanti akan muncul logo apple dan tunggu sampai iPhone kamu menyala lagi dengan sempurna.

Untuk iPhone 7 dan 7 Plus  adalah dengan menahan tombol Sleep/Wake dan tombol Home secara bersamaan hingga muncul logo Apple.

Untuk restart iPhone 13, 12, atau 11 agak berbeda dengan versi versi sebelumnya. Tahan tombol power dan tombol home secara bersamaan sampai Kamu melihat logo Apple. Tepat setelah logo apple muncul, lepaskan kedua tombol, dan ponsel Kamu akan restart.  Nah, jika gagal, jangan panik, coba ulangi hingga maksimal 3 kali. dan jika tidak kunjung berhasil silahkan lanjut ke cara yang kedua.

Force Reset Untuk Restart Paksa iPhone 

Jika cara restart biasa tidak berhasil, Maka hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan memaksa iPhone kamu untuk restart dengan cara berikut ini :

  1. iPhone 6s ke bawah : Tekan tombol power dan home kurang lebih 20 detik, sampai layar mati atau hitam. Setelah muncul logo Apple, lepaskan kedua tombol tersebut, dan iPhone kamu akan restart secara paksa.
  2. iPhone 7 atau iPhone 7 Plus : tekan tombol power dan tombol Volume Turun selama minimal 10 detik, hingga muncul logo Apple. Lepaskan tombol setelah logo Apple muncul. Jika berhasil, iPhone akan restart dengan normal.
  3. Cara restart iPhone 8, 8 Plus, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max, 12, 13 dan iPhone SE , atau versi lebih baru :
    • Tekan Volume Up lalu lepaskan.
    • Tekan Volume Down lalu lepaskan.
    • Tekan dan tahan tombol Power atau Lock yang ada pada sisi kanan iPhone .
    • Tahan terus hingga muncul logo Apple.
    • Tunggu beberapa menit hingga iPhone kembali menyala.
TRENDING :  Kapan Kita Harus Ganti Baterai iPhone?

Biasanya cara kedua ini sering berhasil untuk mengatasi masalah iPhone yang mati mendadak. Namun jika iPhone kamu masih belum juga mau menyala coba cek secara detail beberapa panduan dibawah ini.

Restore iPhone Menggunakan iTunes

Apabila dengan beberapa cara diatas belum berhasil, salah satu langkah yang bisa kamu coba adalah dengan merestore iPhone kamu menggunakan software iTunes di PC / Laptop. Setelah kita menghubungkan iPhone dengan iTunes maka langkah – langkah yang perlu untuk kita lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah dengan menekan tombol “HOME + POWER” hingga layar iPhone mati
  2. Siapkan kabel lightning original
  3. Sambungkan  iPhone dengan komputer menggunakan USB kemudian jalankan iTunes
  4. Posisikan perangkat ke Device Firmware Update (DFU) dengan cara menekan tombol “HOME + POWER” secara bersamaan selama kurang lebih 10 detik. Lalu kita lepaskan tombol ” POWER” namun tetap menekan tombol “HOME”. Tunggu hingga sekitar 10 detik dan kemudian lepaskan tombol “HOME”
  5. Jika langkah diatas sudah kita lakukan dengan benar maka iTunes akan menampilkan sebuah notifikasi. Lalu iTunes akan otomatis memproses restore perangkat ke posisi default setelah mendapatkan notifikasi tersebut
  6. iPhone akan reboot sendiri setelah langkah ke 5 tersebut telah selesai dilakukan. iTunes memberikan opsi untuk me-restore dari backup yang pernah dilakukan. Proses ini memerlukan waktu kurang lebih 2 – 3 jam lamanya
  7. Setelah proses restore, akan muncul notifikasi dan perangkat akan melakukan reboot.
  8. Langkah terakhir, tinggal kita sinkronisasikan saja perangkat dengan iTunes yang sudah dimiliki

Melalui Recovery Mode

Cara ini juga berfungsi jika iPhone kamu mengalami stuck di logo iTunes namun cara ini digunakan ketika iTunes tidak bisa terdeteksi pada perangkat iPhone yang kita miliki. Berikut langkah – langkah yang perlu kita lakukan, diantaranya adalah :
Pertama – tama matikan dahulu perangkat iPhone

  1. Setelah itu kita siapkan USB yang sesuai dengan perangkat (original) terlebih dahulu
  2. Lalu juga jangan lupa kita siapkan komputer yang sudah memiliki aplikasi iTunes. Namun perlu kami tekankan sekali lagi, jangan masukkan port lightning iPhone terlebih dulu
  3. Tekan dan tahan tombol “HOME” selama beberapa detik hingga logo iTunes muncul di layar iPhone

Pergi ke Service Center

Jika semua cara sudah kamu coba dan masih juga tidak berhasil, alangkah baiknya kamu bawa iPhone kesayangan kamu ke servie center iPhone di daerah kamu tinggal. Jika kamu tinggal di kota kecil yang belum ada cabang resmi, kamu bisa pergi ke kota besar yang terdekat dari kota kamu tinggal. Dengan demikian kita akan mendapatkan perbaikan yang lebih lanjut di tangan yang lebih ahli dibidangnya.

Solusi untuk memperbaiki iPhone yang mati mendadak :

  • Pastikan baterai iPhone kamu penuh.
  • Pastikan kondisi konektor Lightning pada iPhone dalam kondisi bersih.
  • Periksa kondisi kabel charger dan konektor Lightning. Karena di beberapa kasus iPhone tidak bisa menyala karena daya yang masuk tidak stabil. Kamu bisa coba meminjam charger dan kabel Lightning ke teman terlabih dahulu untuk memastikan.
  • Jika iPhone kamu masih belum hidup, cobalah menghubungkan ke komputer dan cek koneksi ke iTunes.
  • Jika semua cara di atas gagal, maka kamu mungkin harus mengunjungi Apple Store terdekat untuk meminta bantuan teknisi.
TRENDING :  Spesifikasi dan Harga HUAWEI MatePad T10 di Indonesia

Tips dan Trik Agar iPhone kamu Tidak Mati Mendadak

  1. Menjaga Kesehatan Baterai iPhone Kamu : Pastikan untuk mengisi daya baterai iPhone kamu secara teratur. Pastikan baterai iPhone kamu tidak pernah mencapai 0% dan selalu gunakan charger dan kabel original.
  2. Menonaktifkan Fitur Tidak Diperlukan: Pastikan untuk menonaktifkan fitur yang tidak kamu gunakan, seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan fitur lokasi. Ini akan membantu mengurangi penggunaan daya baterai.
  3. Menggunakan Mode Low Power: Jika kamu menggunakan iPhone kamu selama waktu yang lama, pastikan untuk mengaktifkan Mode Low Power. Ini akan membantu menghemat energi dan memastikan bahwa iPhone kamu tidak mati mendadak.
  4. Memeriksa Aplikasi Yang Terinstal: Pastikan untuk memeriksa aplikasi yang terinstal di iPhone kamu. Jika ada aplikasi yang tidak kamu gunakan, hapus aplikasi tersebut untuk menghemat daya baterai.
  5. Menghindari Streaming Video dan Audio: Streaming video dan audio dapat menguras daya baterai dengan cepat. Jika kamu tidak memerlukannya, hindari streaming video dan audio untuk menghemat daya baterai.
  6. Mematikan Fitur Animasi: Pastikan untuk mematikan fitur animasi di iPhone kamu. Fitur ini dapat menguras daya baterai dengan cepat.
  7. Memeriksa Versi Software Terbaru: Pastikan untuk memeriksa versi software terbaru untuk iPhone kamu. Versi software terbaru dapat membantu mengoptimalkan performa baterai iPhone kamu.

Demikian ulasan lengkap untuk permasalahan iPhone yang mati secara mendadak semoga iPhone kamu bisa menyala kembali tanpa kamu mengeluarkan dana untuk service.