Oleh-Oleh Khas Kota Indramayu

Oleh-Oleh Khas Kota Indramayu yang Wajib Anda Beli

Jika anda berkunjung atau berlibur kekota Mangga (Indramayu) belum lengkap dong jika belum membeli oleh-oleh atau buah tangan dari kota tersebut. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberi info mengenai apa saja buah tangan atau Oleh-Oleh Khas Kota Indramayu yang wajib anda beli ketika anda berkunjung ataupun berlibur ke kota Indramayu, simak sampai habis ya.

  1. Buah Mangga

Ya seperti julukan nya Kota Mangga (Indramayu), kota ini begitu terkenal  karena buah Mangga nya yang begitu manis dan nikmat, bahkan kota-kota besar pun tahu mengenai Mangga Indramayu. Mangga Indramayu sangat nikmat dan manis, sampai-sampai banyak wisatawan atau yang pergi ke Indramayu untuk membeli atau meminta bibit buah mangga Indramayu.

Tetapi anehnya walaupun bibit, atau dari mencangkok, bahkan membawa pulang pohonnya sekaligus juga tidak akan terasa enak buahnya apabila ditanah keluar dari kota Indramayu, atau ditanam diluar Indramayu. Buah Indramayu yang sangat terkenal ada tiga jenisnya, yaitu Buah Mangga Cengkir, Buah Mangga Arumanis (Harumanis), dan buah Mangga Gedong.

  1. Dodol Mangga
Baca Juga  Tawangmangu, Berwisata Di Kesejukan Desa Lereng Gunung Lawu

Indramayu terkenal dengan buah mangga tidak heran banyak makanan yang terbuat dari olahan buah mangga. Begitu juga dengan Dodol Mangga. Diolah sebagai Dodol juga memiliki keuntungan, selain lebih lama atau awet juga bisa membuat pengunjung tertarik dengan oleh-oleh yang satu ini.

Dodol Mangga ini dibuat dari mangga dan dicampur dengan gula merah serta bahan-bahan lain. Seperti membuat dodol yang biasanya, membuat dodol mangga juga memerlukan proses yang lama dan membutuhkan kesabaran. Tetapi itu akan menghasilkan rasa yang nikmat dan wajib anda coba, maupun anda beli saat anda berkunjung ataupun berlibur ke kota Indramayu.

  1. Keripik Tike

Seperti namanya Tike sendiri adalah rumput Tike, rumput Tike ini diolah menjadi makanan yang enak tepatnya adalah Umbi dari rumpu Tikelah yang diolah dan dijadikan keripik yang nikmat.

Baca Juga  Akivitas dan Spot Menarik Di Kawasan Wisata Pulau Komodo

Proses pembuatan Keripik Tike ini sama seperti pembuatan emping, yaitu mulanya umbi dari rumput tike disangrai dan kemudian dipipihkan layaknya emping mlinjo. Setelah dipipihkan kemudian umbi rumput tike dijemur dibawah panas sinar matahari agar kandungan airnya hilang. Setelah kering keripik siap digoreng dan disajikan.

  1. Asin Jambal Roti

Jika anda penggemar ikan asin tentunya anda tahu dengan makanan yang satu ini, karena selain rasanya yang enak dan nikmat makanan yang populer ini juga berharga tinggi. Ikan jambal roti ini sangat awet karena pengolahannya dilakukan dengan cara penggarangan dan pengeringan.

Tingginya harga Asin Jambal Roti dikarenakan susahnya mencari pasokan bahan, yaitu Ikan Manyung (Ikan Kadukang). Tetapi anda tidak akan kecewa dengan rasa ikan yang satu ini, jadi anda wajib mencobanya.

  1. Lepet
Baca Juga  Curug Karembong, Pesona Wisata Subang Kawasan Capolaga

Lepet memiliki bentuk seperti Lemper, tetapi lepet memiliki isian Kacang Tolo dan dibungkus dengan daun kelapa ataupun daun pisang. Sama seperti halnya lemper, Lepet juga dibuat dari ketan putih.

Nah itu adalah beberapa informasi mengenai Oleh-Oleh Khas Kota Indramayu, jika anda berkunjung ataupun berlibur ke Indramayu belum lengkap kan rasanya jika belum membeli oleh-oleh atau pun buah tangan.  Semoga dari beberapa informasi diatas mungkin bisa menjadi pilihan anda untuk membeli Oleh-oleh saat berkunjung ataupun berlibur kekota Indramayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *