Air Terjun Sekar Langit di Magelang

Keindahan Alami Air Terjun Sekar Langit di Magelang

PandawaNews – Air Terjun Sekar Langit terletak di kawasan Gunung Andong dengan Gunung Telomoyo, di dusun Tlogorejo, desa Kleteran, kecamatan Grabag dan dikelola secara bersama-sama oleh para masyarakat desa setempat dibawah naungan Pemerintahan Kabupaten Magelang. Air terjun Sekar Langit adalah tetesan dari mata air yang berasal dari puncak Gunung Telomoyo, yaitu gunung yang membatasi kota Salatiga dengan kota Magelang di Jawa Tengah.

Kawasan wisata Air Terjun Sekar Langit di Magelang ini memiliki udara yang sejuk. Air terjun Sekar Langit memiliki ketinggian kurang lebih 30 m. Air dari air terjun ini mengalir terus ke arah barat sampai ke aliran sungai Elo hingga akhirnya bermuara di laut selatan Jawa.

Air Terjun Sekar langit sering menjadi tempat tujuan wisata oleh para wisatawan domestik yang berasal dari beberapa tempat baik dari Magelang sendiri maupun dari luar Magelang. Banyak sekali pengunjung yang datang ke tempat wisata air terjun Sekar Langit khususnya pada hari libur maupun liburan sekolah.

Air terjun Sekar Langit masih tetap ramai dikunjungi oleh para pengunjung walaupun pada musim kemarau. Karena tidak seperti air terjun lainnya yang terkadang mengalami penyusutan saat musim kemarau, Air terjun Sekar Langit masih tetap memiliki banyak air meskipun sedang musim kemarau.

Baca Juga  Melancong ke-7 Tempat Wisata di Johor Bahru Malaysia

Saat musim penghujan pun air terjun Sekar Langit masih banyak pengunjung. Namun mereka perlu tetap waspada agar terhindar dari bahaya seperti banjir. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Magelang juga telah melakukan sosialisasi serta memasang papan peringatan yang harus diwaspadai oleh para pengunjung kawasan wisata Air Terjun Sekar Langit, terutama disaat berkunjung di musim hujan.

Sekar Langit merupakan nama yang menggunakan bahasa Jawa. Sekar berari bunga sedangkan langit artinya langit. Jadi bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah bunga yang turun dari langit.

Legenda Air Terjun Sekar Langit

Warga setempat sangat menghormati air terjun Sekar Langit, karena termasuk dalam cerita dongeng klasik legenda Jaka Tarub, seorang pemuda iseng yang mengintip lalu mencuri selendang salah satu bidadari yang sedang mandi di sebuah air terjun.

Warga sekitar percaya bahwa air dari air terjun Sekar Langit memiliki khasiat, baik untuk kesembuhan penyakit ringan seperti gatal-gatal, sakit kulit sampai penyakit kronis lainnya. Selain itu, Air Terjun Sekar Langit dipercaya juga mampu menambah aura kecantikan bagi kaum perempuan. Caranya hanya dengan mandi atau membasuh wajah dengan air dari Air Terjun Sekar Langit. Selain tampak semakin cantik, wanita yang mandi dengan air dari Air Terjun Sekar Langit akan menjadikan bagian tubuhnya khususnya payudaranya menjadi semakin padat berisi.

Baca Juga  Curug Pandawa 5, Tempat Wisata Subang yang Semakin Populer

Disamping itu air dari Air Terjun Sekar langit akan membuat seseorang yang sulit mendapatkan jodoh menjadi enteng jodoh, khususnya bagi kaum pria. Tak heran bila tempat ini ramai sekali dikunjungi oleh para pengunjung terutama kaum pria dan wanita.

Untuk mendapatkan jodoh, seorang pria harus melakukan ritual dengan cara melakukan meditasi pada malam hari, biasanya pada malam Jum’at Kliwon atau malam Selasa Kliwon dan membakar dupa atau kemenyan dengan tubuh menghadap ke arah timur laut.

Tempat yang biasanya dipilih untuk melakukan ritual ini adalah disebuah batu yang memiliki diameter 5 m yang letaknya di sebelah selatan air terjun. Konon katanya tempat inilah yang paling mujarab untuk tujuan enteng jodoh karena tempat ini dulunya merupakan tempat Jaka Tarub mengintip bidadari-bidadari yang sedang mandi di Air Terjun Sekar Langit.

Cara Menuju Ke Air Terjun Sekar Langit

Air terjun Sekar Langit berjarak sekitar 5 km dari Kopeng  atau dari arah utara kota Salatiga. Tidak sulit untuk dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil karena memiliki jalanan yang kondisinya sudah beraspal dengan baik. Namun anda tetap perlu waspada karena jalannya sangat curam serta banyak sekali turunan.

Untuk bisa mencapai tempat wisata air terjun Sekar Langit, anda dapat melalui 2 jalur. Jalur yang pertama adalah masuk dari kota Salatiga. Setelah anda sampai di seda Getasan atau sebelum Kopeng, ambil jalan ke kanan hingga sampai ke pintu gerbang. Jarang dari desa Getasan sampai ke pintu gerbang sekitar 3 sampai 4 km.

Baca Juga  Mau Wisata Ke Luar Negeri Ini yang Harus Dipersiapkan

Jalur yang kedua, anda masuk dari kota Magelang melewati daerah Grabag dengan cara menyusuri perbukitan. Dari kota Magelang ke kecamatan Grabag dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan selama 10 sampai 15 menit saja, dengan pintu masuk berada di dusun Dalangan, desa Pandean Ngablag.

Dari pintu gerbang jarak untuk menuju air terjun sekitar 500 m, melalui jembatan serta jalan setapak yang menanjak melewati hutan pinus yang lebat. Di sepanjang jalan terdapat papan pengumuman yang diletakkan di pohon untuk mengingatkan pada para pengunjung jika hujan tiba, harus keluar dari lokasi.

Karena sering terjadi air bah atau banjir besar yang datang dari hulu ketika musim hujan tiba. Selain itu juga terdapat papan larangan mandi serta larangan turun ke sungai bila musim hujan tiba.

Penasaran dengan keindahan alami Air Terjun Sekar Langit di Magelang ini? Semoga ulasan diatas dapat memberikan referensi bermanfaat untuk anda.

Originally posted 2021-08-07 14:55:44.