Curug Karembong, Pesona Wisata Subang Kawasan Capolaga

Curug Karembong, Pesona Wisata Subang Kawasan Capolaga

Wisata Kabupaten Subang yang sampai saat ini masih terus populer adalah curug kaliangkak, bentang, mandala, capolaga, cileat dan cijalu. Namun ada satu wisata di daerah Cicadas, Sagalaherang,  Subang yang juga tidak kalah hits dan populer dengan tempat Wisata Subang yang telah disinggung tadi, wisata yang dimaksud adalah Curug Karembong.

Sebenarnya popularitas Curug Karembong Subang telah lama melejit. Namun popularitasnya kian melejit ketika para pengguna medsos mengunggah foto berlatar wisata ini. Terutama di media sosial Instagram. Rupanya keindahan alam wisata subang ini mampu mencuri perhatian, hal tersebut terlihat dari banyaknya foto curug karembong yang diunggah oleh para pengguna instagram.

Banyaknya wisata subang yang kian populer, kemungkinan akan menambahkan poin baru terhadap indeks daya saing wisata di Kabupaten Subang. Dan itu merupakan kabar gembira, dimana sektor wisata Kabupaten Subang mulai bergeliat dan menarik wisatawan domestik maupun wisatawan luar daerah. Dalam hal ini adalah Curug Karembong berserta seluruh kawasan capolaga, sampai saat ini pemerintah Kabupaten Subang terus berupaya memaksimalkan semua potensi yang ada. Dimulai dari perbaikan serta penambahan sarana dan prasarana yang bertujuan untuk memanjakan para wisatawan terus dilakukan.

Pengertian Karembong menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya selendang atau kain untuk menggendong anak. Penamaan curug karembong ini mungkin diambil dari miripnya kontur tanah dan bebatuan di lokasi curug yang menyerupai karembong atau selendang yang sedang dikebutkan.

Air yang mengalir dari atas curug ini tidak terlalu deras. Sebab kemiringan lereng yang di aliri air tersebut kurang lebih sekitar 60 derajat. Sehingga tidak terlalu berbahaya jika berada di bawah kucuran air terjun, namun pengunjung tetap harus berhati-hati, jangan lengah dan tetap jaga keindahan alam curug karembong. Biasanya pengunjung memanfaatkan air terjun ini sebagai water teraphy dengan cara berdiam di bawah air terjun, sensasi yang dirasakan sama seperti dipijat, dimana curahan air tersebut sangat terasa di tubuh bagaikan pijatan alami. Meski belum dibuktikan secara medis, namun beberapa pengunjung mengungkapkan bahwa water teraphy ini bisa meringankan pegal linu dan rematik. Bagi Kamu yang penasaran ingin mencoba, silahkan datang langsung ke Curug Karembong.

Fasilitas Curug Karembong

Sebenarnya curug karembong ini masuk dalam kawasan wisata Capolaga, dimana kawasan wisata capolaga sendri mempunyai fasilitas yang sangat lengkap. Dikawasan wisata ini telah tersedia blok-bok perkemahan, satu blok perkemahan dapat menamung sekitar 50 orang dengan tarif tiap orang 7.500,00/ malam. Sedangkan untuk pengunjung yang tidak menginap di tenda, bisa menyewa pesanggrahan atau vila yang telah disediakan oleh pengelola wisata. Tarifnya berkisar Rp. 3500.00,00 sampai Rp. 1.250.000,00.

TRENDING :  Menikmati Keindahan yang Eskotis di Pantai Tablolong Kupang

Lokasi Curug Karembong

Secara administratif, curug karembong berada di wilayah Kampung Panaruban, Cicadas, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia. Lokasi tepatnya berada di kawasan wisata Capolaga.

Akses Ke Curug

Akses menuju Curug Karembong tidak terlalu sulit. Dari Bandung, Jakarta atau Subang Kota kondisi jalan relatif bagus dan aman. Pokoknya biar tidak bingung, jadikan ciater sebagai lokasi patokan perjalananmu untuk mencapai lokasi wisata ini.

Rute Menuju Curug Karembong

  • Dari Ibu Kota Jakarta wisata Curug karembong bisa via Tol Sadang – Subang – Jalan Cagak – Ciater sekitar 150 km atau bisa melalui tol sadang – Purwakarta – Wanayasa – Jalan Cagak – Ciater. Kurang lebih akan memakan waktu sekitar 3.5 jam perjalanan.
  • Dari Bandung  wisata Curug karembong bisa melalui Lembang – Ciater. Jaraknya kurang lebih sekitar 45 km. Jika di tempuh menggunakan waktu sekitar 45.
  • Dari arah Kota Subang langsung saja menuju jalan cagak – Ciater.

Untuk sampai lokasi wisata curug karembong dapat ditempuh sekitar 10 menit dari gerbang wisata Sari Ater. Lokasi Curug ini tepat berada di Kawasan Capolaga. Selamat berpetualang ke lokasi wisata Curug Karembong Subang. Tetap jaga keselamatan, kebersihan, kenyamanan dan mari kita nikmati keindahan semesta dengan cara bijak.