Solusi Laptop Yang Tidak Ada Port Lan

Solusi Laptop Yang Tidak Ada Port Lan. Kali ini kami ingin berbagi informasi tentang cara mengatasi laptop tanpa port LAN. Teknologi sedang meningkat sekarang, dan produsen perangkat elektronik memiliki laptop. Banyak laptop sekarang lebih tipis atau lebih tipis dan lebih ringan untuk membuat laptop lebih mudah dibawa dan dibawa kemana-mana.

Pengalaman membeli laptop slim Acer One 14 – L1410 seharga 3 jutaan dengan prosesor dual core Intel Celeron N3060. Admin uga tidak begitu paham apakah ini ultrabook atau laptop tipis karena dimensinya yang begitu tipis. Laptop kelas menengah yang ramping ini memiliki RAM, baterai yang terpasang di dalam casing, tanpa drive optik, dan port Ethernet LAN.

Laptop ramping hanya mengandalkan modem USB dan Wi-Fi untuk browsing. Jadi bagaimana terhubung ke kabel jaringan? Jelas tidak mungkin karena laptop tidak memiliki port ethernet. Setelah mencari kesana kemari, saya menemukan jawabannya. Baca juga Cara Menghilangkan Iklan di Laptop yang Muncul Tiba-Tiba.

Begitu banyak bagian laptop yang dilepas untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan. Misalnya, ada colokan kabel layar yang diubah menjadi port VGA atau port HDMI, jadi Anda perlu membeli kabel adaptor tambahan untuk mengubah HDMI ke VGA selain port LAN.

Untuk terhubung dengan kabel jaringan, Anda memerlukan alat yang disebut adaptor Ethernet LAN USB. Alat-alat ini sering dapat ditemukan dengan harga yang berbeda di toko komputer offline dan online. Adaptor USB LAN Ethernet murah dan mahal, tergantung chipset dan mereknya.

CARA MENGATASI LAPTOP TIDAK ADA PORT LAN GUNAKAN USB LAN ADAPTER

Daftar Isi

Solusi Laptop Yang Tidak Ada Port Lan. Port kabel LAN juga bisa diakali dengan mengganti port USB yang nantinya akan diubah menjadi kabel LAN dengan cara yang sama. Ini berarti Anda juga perlu membeli kabel tambahan yang disebut adaptor LAN USB seperti di atas. Alat ini juga dapat digunakan untuk mengganti port LAN yang rusak. Adaptor LAN USB ini memiliki satu port kabel LAN dan satu colokan USB di kedua sisi. Cukup masukkan kabel LAN ke bagian samping port adaptor LAN dan colokkan adaptor ini ke port USB laptop Anda saat penginstalan selesai.

Untuk menggunakan adaptor LAN USB ini, Anda harus terlebih dahulu menginstal driver dasar untuk adaptor ini dari CD di dalam kotak untuk membeli alat ini. Seperti pada driver printer, klik pada file pengaturan dari Files pada CD driver dan kemudian ikuti langkah-langkah penginstalan. Secara umum, langkah-langkah berikut diperlukan: Jika Anda ingin lebih detail, Anda dapat melihat cara menginstalnya di sini. Setelah proses instalasi driver selesai, USB LAN adapter siap digunakan. Baca juga 10 Rekomendasi Laptop Dell Terbaik untuk Pelajar.

Konverter USB to LAN – Bantu Menggantikan LAN Card PC/Laptop Yang Rusak

LAN Card sudah menjadi komponen penting di laptop/PC Anda, seperti koneksi internet di jaringan lokal Anda. Jika port LAN rusak, jangan bingung dengan menggantinya sendiri dengan kartu LAN baru. Alternatif lain adalah menggunakan adaptor USB-LAN untuk menyelesaikan masalah. Adaptor ini dapat digunakan untuk mengganti kartu LAN yang rusak. .

TRENDING :  Cara Menggunakan NFC Di IPhone Bisa Untuk Apa Saja Selain Cek Saldo E-Money?

Praktis

Dilengkapi dengan USB, jadi cukup tancapkan ke PC/laptop Anda. Instalasi melalui CD driver, alat yang siap digunakan.

alternatif untuk Port LAN

Tool ini bisa dijadikan alternatif untuk mengganti LAN Card yang rusak di PC/Laptop anda.

Spesifikasi :

Kecepatan : 10 Mbps 0r 100 Mbps automatically

Konektor : 1 x RJ-45 Shielded Phone jack

Fitur :

Fast Ethernet MAC, chip fisik dan transceiver digabungkan menjadi satu.

Mendukung negosiasi otomatis N-Way pada 10Mbit/s dan 100Mbit/s.

Isi Paket:

  • 1 x adaptor USB-LAN
  • 1 x Driver CD

Adapter LAN to USB Type C – Mentransfer data Menjadi Lebih Cepat

Alternatif lain Solusi Laptop Yang Tidak Ada Port Lan yang lebih direkomendasikan yaitu dengan Adaptor LAN USB Tipe C ini adalah hub USB 3 port dengan kecepatan transfer USB 3.0 dan adaptor LAN gigabit dengan kecepatan transfer hingga 1000Mbps. Hal ini memungkinkan penggunaan adaptor LAN USB tanpa mengurangi jumlah total port USB pada laptop.

Fitur

  • Tancap Langsung Pakai (Plug and Play)
  • Hub USB ke LAN ini mudah digunakan, tanpa perlu instalasi, cukup sambungkan perangkat Anda secara langsung.
  • Adaptor LAN Gigabit
  • Adaptor LAN ini menggunakan koneksi USB modern yaitu USB Type C. Dengan adaptor LAN ini, adaptor ini dapat menggunakan Internet dengan kecepatan 1000Mbps.
  • USB 3.0
  • Dengan 3 port USB, Anda dapat menambah jumlah total port di laptop Anda. USB ini menggunakan teknologi USB 3.0 untuk mengirim file dengan kecepatan sangat tinggi hingga 5Gbps.

Cara Mengatasi USB to LAN (LAN Adapter) Tidak Terdeteksi di Laptop

Jika laptop Anda tidak memiliki port untuk kabel LAN, Anda perlu menggunakan adaptor tambahan yang mengubah port USB menjadi port LAN. Dalam banyak kasus, saat memasang LAN menggunakan adaptor, laptop masih tidak mendeteksi LAN. Cegah laptop Anda mengakses internet.

TRENDING :  Cara Memperbaiki Hotspot IPhone Yang Tidak Bisa Tersambung

Salah satu penyebabnya adalah driver USB to LAN tidak terpasang di laptop atau driver tidak diperbarui. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menginstal versi terbaru dari driver USB ke LAN. Berikut tutorialnya.

  1. Driver biasanya disediakan dalam paket pembelian. Jika tidak ada atau hilang, Anda dapat mengunduh Driver USB to LAN terlebih dahulu atau Anda dapat mengunduhnya di sini (Google Drive).
  2. Selanjutnya, ekstrak file peluncur yang diunduh.
  3. Kemudian ketik file explorer laptop Anda, klik kanan This PC, dan klik Manage.
  4. Selanjutnya, ketika Computer Management terbuka, klik Device Manager. Kemudian perangkat lain masih memiliki adaptor USB Ethernet dengan tanda seru.
  5. Kemudian klik kanan pada adaptor USB Ethernet dan pilih Update Driver Software.
  6. Selanjutnya, pilih Browse my computer for a driver.
  7. Selanjutnya, masuk ke folder tempat Anda mengekstrak file driver (tutorial #2).
  8. Copy alamat penyimpanan driver dan paste ke daftar driver yang sudah diupdate sebelumnya (tutorial nomor 6) dan klik Next.
  9. Driver diperbarui. Tunggu hingga proses selesai. Setelah proses selesai, LAN Anda akan terdeteksi dan Anda harus terhubung ke Internet.

Ya, ini adalah cara memperbaiki adaptor USB to LAN (LAN) tidak terdeteksi di laptop sehingga laptop tidak dapat terhubung ke internet. Masalah utamanya adalah laptop tidak memiliki driver yang mendukungnya. Dengan cara di atas, driver USB to LAN sekarang sudah terpasang di laptop Anda. Semoga artikel Solusi Laptop Yang Tidak Ada Port Lan ini bermanfaat.