Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770

Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Dengan Mudah dan Cepat

Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 – Printer ini merupakan salah satu seri printer yang sangat laris dipasaran, selain harganya cukup terjangkau kualitasnya juga sangat baik. Jika anda sudah memiliki printer ini dan sedang mengalamai masalah, berikut kami rangkum beberapa permasalahan yang sering terjadi pada printer Canon IP2770 ini.

Ketika printer yang masih baru dinyalakan, maka lampu kecil pada printer akan berwarna hijau penuh tanpa berkedip. Artinya jika ketika dinyalakan dan ada peringatan lampu berkedip bisa dipastikan printer sedang mengalami masalah. Beberapa jenis error akan langsung terlihat di jendela peringatan pada layar monitor komputer atau laptop.

Banyak orang memilih printer ini karena bentuknya yang elegan, ukurannya yang kecil dan hemat tempat. Selain itu, kualitas yang ditawarkan printer Canon ini sangat bagus untuk perangkat yang dibanderol dengan harga hanya Rp. 531.000.

Cara memperbaiki Printer Canon IP2770

Mengutip halaman master driver, cara perbaikan printer canon ip2270 yang tersedia adalah dengan mereset printer canon ip2270. Caranya masuk ke service mode lalu gunakan aplikasi Reset Printer Canon PIXMA IP2270. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

Masuk ke Service Mode

  1. Matikan printer terlebih dahulu tanpa mencabut kabel listrik dari stopkontak.
  2. Sambil menahan tombol “Restart” pada printer, tekan tombol “Power” untuk melanjutkan.
  3. Tunggu beberapa saat, lepaskan tombol “Lanjutkan” dan tekan terus tombol “Mainkan”.
  4. Tekan tombol “Restart” lima kali. Dalam hal ini, terus tekan tombol “Power”. Maka jangan tekan kedua tombol ini lagi. Indikator LED berkedip dan berubah menjadi hijau.
  5. Sekarang coba pasangkan dengan komputer atau laptop Anda dan lihat apakah perangkat telah mendeteksi printer baru. Printer sekarang dalam mode layanan dan lanjutkan dengan reset dengan mengikuti tutorial di bawah ini.

Reset dengan Aplikasi

Setelah berhasil masuk ke service mode, sekarang saatnya untuk mereset printer. Pastikan Anda telah menyiapkan aplikasi reset untuk printer Canon PIXMA IP2770.

  1. Buka aplikasi Resetter yang telah berhasil Anda instal dan masukkan dua lembar kertas jenis apa pun ke dalam printer Canon Anda seperti yang Anda lakukan untuk mencetak.
  2. Klik tombol “Main ” di aplikasi Resettter, printer akan mencetak di atas kertas dengan data D = 000.0 yang telah disiapkan sebelumnya.
  3. Selanjutnya, klik tombol ‘Hapus EEPROM ‘ dan klik ‘EEPROM ‘ untuk melanjutkan. Printer akan mulai mencetak lagi dengan kertas yang berbeda.
  4. Matikan printer hingga komputer mendeteksi perangkat baru, kemudian hidupkan kembali. Setelah itu, printer berfungsi normal kembali.
TRENDING :  Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Sharing

Demikian ulasan cara memperbaiki printer canon ip2270. Jika ini tidak berhasil, Anda dapat memeriksa apakah kartrid printer sudah penuh dan tidak kosong, Selain itu anda juga bisa mengikuti beberapa panduan dibawah ini.

Cara memperbaiki Printer Canon IP2770 lampu kedap kedipCara memperbaiki Printer Canon IP2770 lampu kedap kedip

Indikator berkedip ketika printer dinyalakan.

Masalah ini biasanya terjadi ketika printer lama mati secara tiba-tiba. Misalnya, jika printer tiba-tiba terputus. Jika lampu printer menyala dan masih berkedip, ikuti langkah berikut.

  • Cabut kabel daya dari printer.
  • Dengan menyambungkan kabel daya yang sebelumnya terputus, tekan tombol daya printer.
  • Pemrosesan ini menyebabkan indikator daya menjadi kuning.
  • Setelah Anda memasang kabel daya pada printer, lepaskan tombol daya.
  • Tekan tombol daya lagi untuk menghidupkan printer.
  • Dalam kasus kehilangan daya tiba-tiba, metode ini bekerja dengan baik untuk menangani lampu yang berkedip.
  • Jika lampu printer berkedip lagi setelah printer mati, ulangi langkah di atas lagi.

Jika Anda ingin memperbaiki masalah ini secara permanen, Anda dapat menggunakan program alat biasa. Anda dapat melakukan metode pembersihan pada printer Canon untuk memaksimalkan kinerja printer.

Indikator berkedip berhubungan dengan tinta

Saat tinta baru terisi, lampu berkedip sesekali. Ini juga bisa terjadi ketika printer kehabisan tinta. Karena printer berkedip-kedip karena tinta, tentu bukan hal yang buruk. Printer harus memastikan bahwa tinta yang digunakan sudah diisi sebelumnya. Atau, muncul pemberitahuan bahwa tinta printer hampir habis dan perlu diisi ulang. Berikut beberapa langkah untuk memperbaiki lampu yang terus berkedip karena tinta:

  • Saat lampu berkedip, Anda dapat menekan dan menahan “Lanjutkan” selama sekitar 1-2 menit.
  • Buka penutup penutup printer.
  • Saat Anda siap mengeluarkan kartrid, bawalah bersama Anda.
  • Pasang kembali kartrid.
  • Matikan printer lalu hidupkan kembali. Sebelum mematikan printer, pastikan penutup printer yang dibuka sebelumnya tertutup.

Indikator berkedip 7 kali

Indikator ini berkedip 7 kali, berubah menjadi oranye dan hijau. Ini berarti bantalan tinta penuh. Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 dengan Lampu Berkedip Cukup bersihkan penyerap tinta di bagian bawah printer. Jika tidak bisa dibersihkan, busanya bisa diganti. Anda mungkin perlu mengatur ulang printer menggunakan perangkat lunak tertentu. Jadi, Anda perlu mempelajari cara mereset printer Canon IP2770 Anda.

TRENDING :  Cara Memperbaiki Printer Canon Ip2770 Lampu Kedap Kedip

Indikator berkedip 4 kali

Jika lampu printer berkedip kuning tiga kali dan berkedip hijau satu kali, itu berarti perangkat keras printer rusak. Jika mengatur ulang printer atau menekan tombol Lanjutkan tidak menyelesaikan masalah, satu-satunya cara adalah memeriksakan printer di pusat layanan.

Indikator berkedip 5 kali

Lampu printer berkedip kuning 4 kali dan berkedip hijau sekali. Artinya tinta yang terbuang sudah penuh. Solusinya adalah dengan mereset printer seperti pada langkah 2. Ini hanya peringatan bahwa Anda perlu memeriksa apakah printer penuh dengan tinta atau tidak. Printer yang berkedip 5 kali seperti ini biasanya harus memeriksa apakah tinta terisi penuh.

Indikator berkedip 6 kali

Printer akan berkedip 5 kali dalam warna oranye dan satu kali dalam warna hijau. Ini menunjukkan bahwa kartrid hitam rusak. Cara mengatasinya adalah dengan mengecek ulang catridge hitam. Apakah itu benar-benar rusak. Jika rusak, cartridge printer harus diganti dengan yang baru. Kartrid printer Canon sudah tersedia di toko perangkat keras komputer.

Kerusakan pada kartrid ini dapat terjadi karena berbagai alasan. Misalnya chip IC rusak. Ini dapat disebabkan oleh tidak sengaja menyentuh atau menggaruk chip. Ini juga dapat disebabkan oleh penyebab lain, seperti tinta yang meluap dan membuat slide Anda basah. Konektor yang kotor juga dapat merusak kartrid. Jika tinta tumpah, kartrid mungkin mengalami korsleting dan rusak. Juga, default ini dapat menyebabkan masalah dengan adaptor printer.

Indikator berkedip 8 kali

7 berkedip dalam warna oranye dan 1 berkedip dalam warna hijau. Sama seperti poin sebelumnya, kedipan ini menandakan bahwa cartridge printer rusak. Namun, setelah 8 kedipan seperti itu, kartrid yang rusak adalah kartrid warna. Solusinya hanya satu, ganti cartridge lama dengan yang baru.

Indikator berkedip 9 kali

8 kedipan warna jingga dan 1 kedipan warna hijau. Jika printer Anda mengalami masalah ini, tidak perlu khawatir. Setel ulang saja printernya. Ini menunjukkan bahwa kotak tinta printer sudah penuh dan hanya perlu direset.

Indikator berkedip 15 kali

Oranye berkedip 14-15 kali dan hijau berkedip sekali. Seperti poin sebelumnya, catridge hitam harus diganti bila hal ini terjadi pada printer Anda.

Berikut beberapa cara mengatasi printer canon ip2770 dengan lampu berkedip. Lampu printer terutama dirancang untuk memberikan indikasi, jadi berkedip merupakan indikasi yang jelas. Menggunakan printer yang wajar bersama dengan perawatan dan pembersihan rutin dapat memperpanjang umur printer Anda. Hindari kontaminan pada printer, seperti debu, untuk menghindari kontaminasi printer dengan benda asing. Benda asing di dalam printer juga dapat menyebabkan pengoperasian komponen printer yang tidak normal.

TRENDING :  Cara Memperbaiki Printer Epson L3110 Secara Lengkap

Bagaimana cara restart printer canon IP2770?

Untuk melakukan restart pada perangkat printer canon memiliki 2 metode, yaitu manual dan menggunakan software resetter. berikut penjelasan detailnya.

Cara Reset Manual Canon iP2770 Tanpa Aplikasi

Seperti namanya, metode reset ini dapat dilakukan sepenuhnya tanpa menggunakan aplikasi tambahan apa pun, hanya menggunakan prosedur layanan standar dari pabrikan.

  • Matikan printer dan cabut kabel power.
  • Sambungkan kembali dan tekan tombol daya untuk menghidupkan printer.
  • Tekan dan tahan tombol Lanjutkan selama 2-3 detik.
  • Tanpa melepaskan tombol restart, tekan tombol power sampai muncul lampu hijau.
  • Kemudian, sambil terus menahan tombol daya, tekan tombol mulai ulang secara perlahan
  • Tekan tombol restart 5 kali dan tekan dan tahan tombol power.
  • Lepaskan tombol apa pun yang Anda tahan dan nyalakan ulang pencetak secara normal.
  • Selesai, reset printer Canon untuk tipe IP2700 dan IP2770 secara manual tanpa aplikasi.

Cara Reset Printer Canon iP2770  dengan Resetter

  • Download resetternya disini.
  • Ketika tombol “MAIN” ditekan pada perangkat reset, printer Canon IP2770 mencetak lembar dengan data D = 000.0.
  • Sekarang tekan “Hapus EEPROM” lalu “EEPROM” dan printer akan mencetak lagi.
  • Terakhir restart printer dan komputer/laptop Anda akan membaca koneksi printer yang baru.
  • Setelah reset selesai, printer akan berfungsi seperti baru kembali.

Bagaimana Memperbaiki Canon IP2770 Error 5100?

Berikut adalah beberapa langkah dan metode untuk memperbaiki kesalahan Canon IP2770 5100.

1. Periksa kondisi selang infus

  • Buka penutup printer dan periksa status printer.
  • Atur selang infus
  • Pindahkan kartrid untuk menguji kondisi kartrid. Pastikan selang infus tidak mengganggu perpindahan cartridge.
  • Jika itu mengganggu Anda, pindahkan selang yang bocor agar rumah kartrid dapat bekerja dengan bebas. Jika masalah berlanjut, lanjutkan dengan metode 2 di bawah ini.

2. Membersihkan bagian cartridge

  • Matikan printer (kondisi mati)
  • Buka penutup printer kemudian lepaskan kedua kartrid dari printer Canon IP2770.
  • Bersihkan kontak/keripik/permukaan terminal kartrid menggunakan kain yang sedikit dibasahi dengan alkohol.
  • Jika tidak, Anda dapat menggunakan penghapus karet lunak.
  • Berhati-hatilah saat membersihkan kartrid yang sangat sensitif dan hindari menyentuh kepala kartrid dan sensornya. Jangan menggaruk atau menyentuh benda lain (termasuk tangan Anda).
  • Setelah selesai, pasang kembali kedua kartrid.
  • Nyalakan printer
  • Jika proses dilakukan dengan benar, masalah Canon IP2770 Error 5100 teratasi.

Demikian beberapa tutorial cara memperbaiki printer canon IP2770 yang kami rangkum secara lengkap, semoga panduan ini bermanfaat.

Originally posted 2022-01-31 06:51:51.