Cara Mengatasi Android Yang Cepat Panas

Cara Mengatasi Android Yang Cepat Panas

 Smartphone android yang mengalami panas berlebihan, memang akan menghambat kinerja, dan berpotensi mengalami kerusakan jika tidak sesegera mungkin ditangani, serta seringkali terjadi. Tentu saja anda yang mengalami kondisi smartphone yang cepat panas, memerlukan beberapa cara khusus untuk menanganinya. Dan ternyata cara untuk mengatasi android cepat panas ini, terbilang jitu, dan mudah sekali untuk anda coba lakukan, dengan beberapa langkah yang mudah dilakukan.

Ada beberapa penyebab yang bisa menjadi faktor mengapa perangkat android bisa mengalami overheating seperti ini. misalnya saja seperti terlalu banyak mengoperasikan aplikasi, kondisi baterai yang sudah tidak stabil, hingga berbagai macam hal lainnya yang akan membuat perangkat android anda terganggu dari segi kinerjanya. Nah, apa saja kah tips dan cara jitu untuk membantu mengatasi android yang cepat panas, maka berikut ini, adalah beberapa ulasannya yang bisa anda coba lakukan.

TRENDING :  Cara Menggunakan NFC di iPhone (iPhone 6, 6s, 7, 7 Plus, 8, 8 Plus, X, XR, XS, 11/12 Pro-Pro Max

Tips Mengatasi Android Cepat Panas

  1. Tidak Menggunakan HP Ketika Sedang Dicash

Hal pertama yang bisa membantu meredam panas pada smartphone android anda adalah dengan tidak menggunakn perangkat android ketika sedang melakukan pengisian daya. Tentunya, dengan cara yang satu ini, baterai ponsel juga bisa lebih lama awet, dan tidak cepat mengalami penurunan kinerja. Selain tidak cepat mengalami panas, perangkat android yang tidak digunakan ketika dicash, akan lebih cepat terisi.

  1. Tutup aplikasi yang berjalan pada background

Selain itu, hal lain yang bisa membantu anda mengatasi hp android yang cepat panas adalah dengan menutup aplikasi yang berjalan pada background. Daya baterai akan lebih hemat jika aplikasi yang berpengaruh mengurangi daya baterai bisa ditutup. Maka, menutup aplikasi yang berjalan pada background bisa membantu anda meredam panas yang berlebihan.

  1. Nonaktifkan sinkronisasi

Selain itu, anda bisa mencoba untuk menonaktifkan sinkronisasi. Menonaktifkan sync secara keseluruhan akan membantu anda meredam panas yang berlebih. Selain membantu meredam panas, kinerja android bisa lebih cepat, dan juga paket data internet anda akan jauh lebih hemat. Caranya adalah dengan masuk ke menu setting dan pilih account sync, dan centang fitur yang sebenarnya tidak diperlukan.

  1. Mematikan paket data dan Gunakan fitur Wifi jika tersedia jaringan

Jika ponsel anda sudah terasa panas maka salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mematikan jaringan seluler dan Gunakan fitur Wifi jika  terdapat jaringan Wifi disekitar anda. sebaiknya tidak membiarkan fitur Wifi anda tetap menyala otomatis, karena jika hal tersebut terjadi akan menyebabkan baterai lebih cepat boros, dan selain itu, kinerja smartphone menjadi lebih cepat panas, karena fitur Wifi yang terus menerus menyala.  Selain itu jika anda sedang di tempat yang tidak ada sinyal maka smartphone akan terus mencari sinyal dan menyebabkan smartphone menjadi cepat panas.

  1. Ganti Baterai

Selain pengisian baterai yang dibarengi dengan penggunaannya, baterai yang sudah aus dan menurun kinerjanya, juga merupakan penyebab dari android yang cepat panas. Maka ada baiknya untuk mengecek kinerja baterai anda, dan jika sudah terasa aus, sebaiknya ganti dengan yang baru. Namun demikian, pilihlah baterai dengan kualitas original, agar tidak memengaruhi kinerja smartphone anda.

TRENDING :  Advan Tab Belajar Elite, Spesifikasi dan Harga Terbaru 2021

Nah, sekian untuk apa saja cara untuk membantu mengatasi panas pada smartphone anda. langkah diatas mudah dilakukan, sehingga anda tidak perlu khawatir ketika menghadapi perangkat android yang cepat panas. Selamat mencoba.