Teknik SEO untuk Meningkatkan Kecepatan Halaman

Teknik SEO Apa yang Diperlukan untuk Meningkatkan Kecepatan Halaman?

Kecepatan halaman atau loading speed merupakan faktor penting yang menentukan user experience sebuah website. Ini juga memengaruhi SERP (Halaman Hasil Mesin Pencari) karena mesin pencari mempertimbangkan pengalaman pengguna dan waktu yang dihabiskan di situs sambil memeringkatnya.

 

Situs web dengan kecepatan lambat selalu membuat pengguna frustrasi dan membuangnya, seperti ketika mereka memiliki alternatif yang lebih baik dan lebih cepat; mereka tidak perlu membuang waktu di situs web dengan waktu pemuatan yang lebih tinggi.

 

Untungnya, banyak teknik SEO yang dapat meningkatkan kecepatan pemuatan situs web dan membantu mereka memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari.

 

Posting singkat ini akan membahas tentang teknik SEO yang paling efektif untuk meningkatkan kecepatan halaman. Menerapkan teknik tersebut akan membuat situs web Anda lebih cepat, lebih mudah diakses, dan lebih ramah pengguna. Nah, yuk simak apa saja teknik-teknik tersebut!

1.   Pengoptimalan Gambar

Jika Anda telah mencoba berbagai teknik untuk meningkatkan kecepatan situs web Anda tetapi semua upaya Anda tidak membuahkan hasil, Anda perlu memeriksa data gambar yang diunggah di situs web Anda. Untuk mempertahankan standar kualitas tertinggi, pemilik situs terkadang mengunggah gambar berukuran besar dan tidak terkompresi. Gambar-gambar dengan ukuran besar itu memperlambat situs web dan meningkatkan waktu pemuatannya. Jadi, jika Anda sudah mengunggah gambar-gambar itu, gantilah dengan versi terkompresi. Plus, periksa juga formatnya.

Berikut adalah cara untuk mengoptimalkan gambar;

1.1. Kompres Foto Ukuran

Anda perlu menggunakan gambar dalam ukuran optimal, dan untuk tujuan itu, Anda perlu mengecilkan ukuran foto. Anda dapat menggunakan kompresor gambar yang dapat membantu Anda sangat mengoptimalkan ukuran gambar. Alat-alat ini dirancang untuk kompres foto ukuran dengan opsi yang berbeda.

Namun, saat mengompresi gambar, Anda harus menjaga kualitasnya. Beberapa alat merusak kualitas asli gambar. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan alat yang tidak merusak kualitas gambar selama kompresi. Alat itu juga akan membantu Anda dengan kompresi gambar yang cepat dan mudah. Selain itu, ini juga dapat memampatkan gambar sebanyak yang Anda inginkan.

1.2. Pilih Format Gambar yang Tepat

Selain ukuran file gambar, Anda juga harus mempertimbangkan format file. Memilih format yang sesuai sangat penting untuk pengoptimalan gambar. Hanya beberapa format file gambar, termasuk JPG, PNG, GIF, WebP, TIFF, dan BMP, yang kompatibel dengan semua perangkat.

Oleh karena itu, lebih baik memilih format saja dari format tersebut. Jika gambar Anda tidak dalam salah satu format ini, pertama-tama Anda harus mengonversinya ke salah satu format ini, lalu mengunggahnya.

2.   Kurangi Permintaan HTTP

Saat seseorang mengunjungi situs web, browser mengirimkan permintaan HTTP ke server untuk mengambil semua elemen situs web, termasuk gambar, lembar gaya, teks, dll. Setelah semua data diambil, browser menampilkan halaman web kepada pengguna. Jika browser harus mengirim banyak permintaan HTTP dan mengambil data terhadapnya, mereka secara otomatis akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk memuat situs web.

TRENDING :  Panduan Cara Mematikan Antivirus Windows 10 dengan Mudah

Untuk meningkatkan kecepatan situs web, penting untuk mengurangi jumlah permintaan HTTP ke tingkat minimum. Ada beberapa cara untuk mengurangi permintaan HTTP. Inilah yang terbaik di antara mereka;

  • Hapus data yang tidak perlu, termasuk gambar, tabel, skrip, dll.
  • Kompres gambar
  • Gabungkan semua file CSS
  • Unggah gambar pahlawan, bukan penggeser
  • Hapus semua plugin yang tidak perlu

3.   Aktifkan Caching Peramban

Mengaktifkan tembolok peramban adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kecepatan situs web. Browser menyimpan data situs web dalam cache saat pengguna mengunjunginya untuk pertama kali. Saat data disimpan dalam cache, browser tidak perlu lagi mengambil semua data dari server.

Sebaliknya, mereka hanya akan membawa data baru di situs. Itulah mengapa situs web yang sering Anda kunjungi membutuhkan waktu lebih sedikit untuk dimuat.

Karena pengalaman pengguna adalah metrik terpenting dalam SEO, pakar SEO lebih memilih teknik ini untuk mengoptimalkan kecepatan situs web. Jadi, mereka meminta ahli untuk mengaktifkan cache agar situs web dapat memuat lebih cepat di perangkat pengguna.

Untuk mengaktifkan cache browser, tambahkan header khusus ke respons HTTP situs Anda. Header ini memandu browser tentang berapa lama mereka harus menyimpan beberapa elemen dalam cache. Menambahkan data header yang benar dapat berdampak positif pada kecepatan situs web dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

4.   Minimalkan Pengalihan

Meminimalkan pengalihan juga merupakan teknik yang efektif untuk meningkatkan kecepatan pemuatan halaman. Menambahkan pengalihan terkadang penting untuk membawa pengguna ke domain lain, tetapi semakin sedikit pengalihan di situs web, semakin baik kecepatannya.

Saat pakar SEO menjalankan audit SEO, mereka memeriksa pengalihan dan menyarankan pemilik web meminimalkan pengalihan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan skor SEO. Begitulah cara mengurangi pengalihan juga termasuk dalam teknik SEO untuk meningkatkan kecepatan halaman.

Ada beberapa cara untuk mengurangi pengalihan. Inilah beberapa di antaranya;

  • Rencanakan struktur situs web terlebih dahulu
  • Hindari menambahkan pengalihan baru sampai Anda tidak memiliki pilihan lain
  • Lebih suka menambahkan pengalihan permanen daripada sementara
  • Gunakan alat online untuk mendeteksi dan menghapus pengalihan yang tidak perlu

Kata Akhir

Meningkatkan kecepatan halaman sangat penting tidak hanya untuk membawa orang ke halaman web tetapi juga untuk membantu mereka tetap berada di situs. Namun, kebanyakan orang tidak tahu cara meningkatkan kecepatan halaman web. Mereka mencoba metode yang berbeda untuk itu tetapi gagal dalam usaha mereka.

TRENDING :  Cara Menghapus Aplikasi di Laptop yang Sudah Tidak di Perlukan

Saat itulah teknik SEO untuk meningkatkan kecepatan situs web menjadi berguna. Teknik ini tidak hanya membantu situs web menjadi lebih cepat, tetapi juga meningkatkan peringkat mesin pencari mereka.