Rekomendasi Tempat Wisata di Tawangmangu

Tawangmangu, Berwisata Di Kesejukan Desa Lereng Gunung Lawu

Wisata Tawangmangu Tawangmangu merupakan sebuah daerah perbukitan pada ketinggian sekitar 1.200 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL). Secara Etimologi, Tawangmangu berasal dari gabungan dua kata, yaitu “Tawang” yang artinya Langit atau Tempat yang tinggi dan “Mangu” yang artinya tempat yang nyaman, sehingga dapat diartikan bahwa Tawangmangu merupakan sebuah tempat tinggi yang nyaman. Keindahan alam yang dimiliki kawasan Wisata Tawangmangu sangatlah beragam. Lahan pertaniannya yang subur, udaranya yang sejuk dan suguhan pemandangan alamnya yang indah, menjadikannya sebagai objek wisata favorit wisatawan dan bahkan sudah terkenal sebagai objek wisata sejak jaman kolonial Belanda.

Lokasi dan Transportasi Wisata Tawangmangu

Tawangmangu adalah sebuah daerah Kecamatan yang posisinya berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Secara administratif termasuk dalam Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Karena posisinya yang berada di wilayah perbatasan maka untuk menempuhnya dapat dicapai melalui jalur darat pada beberapa kota, seperti dari  Magetan di Jawa Timur ataupun dari Solo di Jawa Tengah.

Jika anda berada di Jawa Timur, anda dapat menuju Terminal Magetan dan naik mobil sejenis L300 tujuan Terminal Tawangmangu. Namun jika anda berada di Jawa Tengah, anda dapat menuju Terminal Tirtonadi di kota Solo dan naik Bus tujuan Terminal Tawangmangu. Ongkos bus sekitar Rp 8.000*) dengan memakan waktu tempuh perjalanan sekitar 90 menit. Tiba di terminal tawangmangu, anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik mobil L300. Cukup dengan membayar ongkos sekitar Rp 7.000*), anda dapat menuju objek wisata yang ada di sekitar Tawangmangu.

Wisata di Tawangmangu

Di sekitar wilayah Kecamatan Tawangmangu ada banyak objek wisata yang bisa anda kunjungi, seperti menikmati indahnya hamparan persawahan, mencoba wisata kuliner, memanen langsung buah dan sayur hasil perkebunan penduduk, melihat peninggalan budaya candi-candi, mengunjungi air terjun grojogan sewu ataupun mendaki gunung Lawu.

Objek wisata yang paling terkenal di kawasan ini adalah air terjun Grojogan Sewu yang berarti Seribu Air Terjun. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 81 Meter yang berada di komplek Wana Wisata dalam kawasan hutan lindung seluas 20 Ha. Airnya berasal dari mata air gunung lawu sehingga akan terasa dingin namun segar saat tersentuh kulit, cobalah berendam untuk merasakan sendiri airnya. Suasana di sekitar air terjun ini sangatlah menyenangkan, udaranya yang sejuk dengan pemandangannya yang indah, ditemani dengan kehadiran kera-kera liar yang bergelantungan di pepohonan, sepertinya akan sangat cocok sebagai tempat melepas penat. Kera-kera disini juga sepertinya sudah terbiasa dengan kehadiran pengunjung sehingga cukup jinak untuk didekati.

Untuk mencapai air terjun ini juga tidak terlalu sulit karena jaraknya hanya sekitar 800 Meter dari Terminal Tawangmangu. Anda cukup naik angkutan L300 dan memberi tahu sopir untuk berhenti disini. Kawasan wana wisata ini dibuka setiap hari, dari hari Senin-Minggu sejak pukul 08.00-16.00 WIB. Untuk masuk kawasannya, cukup dengan membayar karcis seharga Rp 18.000*) bagi pengunjung dewasa dan Rp 9.000*) bagi pelajar.

TRENDING :  12 Rekomendasi Spot Wisata di Labuan Bajo

Selain air terjun, di kawasan ini terdapat pula beberapa sarana wisata lain yang bisa anda coba, seperti arena outbond, arung jeram kecil serta kolam pemancingan. Bagi anda yang membawa anak-anak, dapat pula menuju taman Balekambang yang menyediakan kolam renang khusus untuk mereka. Puas menikmati segala pesona yang ada, sempatkanlah diri untuk berwisata kuliner. Di kawasan taman Balekambang terdapat banyak jajanan khas Tawangmangu yang bisa anda coba, salah satu makanan terkenalnya adalah sate kelinci dan untuk harga satu porsi sate kelinci ini anda cukup membayar Rp 10.000*) saja, cukup murah bukan?

Menikmati semua keindahan alam Tawangmangu tentunya tidak akan cukup dilakukan selama satu hari. Jika anda ingin bermalam, terdapat banyak penginapan, villa, homestay ataupun hotel. Anda dapat mencarinya di beberapa lokasi dan tentunya dengan harga yang bermacam-macam. Jika ingin berhemat, anda dapat mencari penginapan dengan harga kamar termurah sekitar Rp 45.000*) per malam. Rasakan sensasi indahnya pemandangan pagi disini dengan kesejukan udara khas Tawangmangu, dijamin akan membuat pikiran kembali segar. Cobalah pula untuk berkeliling di setiap kawasan desanya, disana anda akan disuguhkan dengan pemandangan sungai-sungai jernih dan juga keramah-tamahan masyarakatnya.

Selain itu Tawangmangu yang merupakan daerah wisata terpadu, tentunya juga berdekatan dengan beberapa objek wisata lain, seperti air terjun Pringondani, bumi perkemahan, sumber air panas Cumpleng, desa sentral tanaman hias, perkebunan salak, situs menggung ataupun candi sukuh dan candi cetho. Jika memiliki waktu liburan yang panjang, tidak ada salahnya untuk mengunjungi semuanya, dijamin akan membuat perjalanan anda semakin berkesan. Ingin merasakan petualangan yang lebih menantang? Cobalah untuk mendaki gunung lawu yang bisa anda tempuh melalui jalur cemoro kandang ataupun melalui jalur cemoro sewu.

Berwisata di Tawangmangu kurang lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh. Tidak perlu bingung untuk mencarinya karena di setiap kawasan wisata yang dikunjungi akan banyak kios yang menjual berbagai macam oleh-oleh, seperti kaos, tanaman hias, makanan maupun sayur dan buah. Namun jika anda ingin melihat yang lebih lengkap, cobalah berkunjung ke kawasan pasar wisata yang berada tidak jauh dari Terminal Tawangmangu. Disana anda dapat membeli beragam souvenir khas Tawangmangu dan juga bermacam sayur dan buah yang dijual lebih murah dibanding tempat lain.

Tips yang perlu anda ketahui :

  • Di sekitar kawasan air terjun Grojogan Sewu terdapat banyak kera liar yang akan mencari makanan, sebaiknya jaga selalu barang bawaan anda agar tidak dicuri oleh mereka.
  • Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berendam di air terjun dan sebaiknya percikkan air sedikit demi sedikit ke tubuh sebelum benar-benar berendam. Hal ini cukup berguna untuk mencegah terjadinya kram otot.
  • Sempatkanlah untuk bermalam di kawasan ini dan rasakan sensasi suasana pagi khas Tawangmangu yang sangat indah nan eksotik.
  • Menjelang tahun baru biasanya harga penginapan dan hotel akan semakin mahal, jika ingin berhemat sebaiknya datanglah kesini saat hari libur biasa ataupun hari kerja.
  • Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi sebaiknya berhati-hatilah saat melintasi jalannya, mengingat jalan ke Tawangmangu yang khas pegunungan dengan banyak kelokan dan tanjakan.
  • Bawalah pakaian hangat saat mengunjungi kawasan Tawangmangu karena suhu disini cukup dingin, terutama saat pagi dan malam hari. Jagalah selalu keindahan dan kebersihan objek wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan. Ada baiknya persiapkanlah kantong sampah anda sendiri untuk kemudian dibuang pada tempat yang disediakan.
TRENDING :  Sikembang Langit Batang, Spot Foto Keren Batang

Hingga saat ini kawasan Wisata Tawangmangu sudah semakin dibenahi dengan adanya beberapa pembangunan sebagai penunjang pariwisatanya. Dengan sarana dan prasarana yang memadai, tentunya akan membuat liburan anda semakin nyaman, aman dan berkesan. Ajaklah teman ataupun keluarga untuk bersama-sama menikmati keindahan alam khas Tawangmangu. Selamat berwisata!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu.