Boros Parah? Berikut 20 Cara Menghemat Baterai IPhone Lakukan Tips Ini

Cara Menghemat Baterai iPhone. Banyak pengguna iPhone mengeluhkan daya baterainya lebih boros. Sudah mencoba beberapa metode dan sepertinya masih menguras baterai lebih cepat dari biasanya. Pengguna tidak perlu khawatir. Bisa jadi kerusakan bukan pada baterai ponsel, tetapi sistem yang terlalu banyak bekerja dan hal-hal lain.

Dalam artikel sebelumnya, Pandawa News menjelaskan  Penyebab Kesehatan Baterai iPhone Cepat Menurun. Mungkin itu bisa menambah wawasan tentang masalah yang sering dihadapi pengguna iPhone.

Harap dicatat bahwa masa pakai baterai akan bervariasi tergantung pada penggunaan telepon. Pengguna sangat mungkin menguras baterai tanpa menyadari bahwa ada aplikasi yang terbuka. Tapi jangan khawatir. Berikut adalah beberapa tips hemat baterai untuk membuat baterai iPhone Anda bertahan lebih lama. Di bawah ini adalah ringkasan Panda News yang berlaku untuk iPhone dengan masalah pengurasan baterai yang parah. Baca juga artikel Kenapa Baterai IPhone Berubah Warna Kuning.

Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Tidak Boros

Berikut kami rangkum 20 tips cara menghemat baterai iPhone yang bisa kalian aplikasikan pada iPhone anda. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini :

1. Aktifkan mode “Daya Rendah”.

Mode Low Power atau Mode Daya Rendah adalah cara yang bagus untuk memperpanjang umur seri iPhone Anda. Saat mode ini diaktifkan, ponsel secara otomatis mengurangi konsumsi daya dengan mematikan pembaruan aplikasi yang sudah terbuka, pembaruan email, efek visual, unduhan otomatis, dan banyak lagi.

Ada beberapa cara untuk mengaktifkan mode ini:

  • Minta siri untuk mengaktifkan mode dengan mengucap \’Hai Siri, Turn on low power mode\’
  • Jika perangkat tidak merespon atau tidak mengaktifkan siri, maka bisa menarik layar bagian bawah atau buka pusat kendali dan aktifkan mode daya rendah.
  • Jika panel mode daya rendah tidak terdapat di pilihan tersebut, maka pengguna dapat membuka menu Setting>Baterai> lalu aktifkan saklar untuk mode daya rendah.

2. Simpan ponsel terbalik

Saat pengguna menerima notifikasi, iPhone menyalakan layar untuk mengingatkan pengguna. Hal ini dianggap menguras baterai secara tidak perlu.

Disarankan agar layar ponsel menghadap ke bawah jika pengguna tidak ingin menggunakan ponsel. Ini dapat dilakukan di atas meja, tempat tidur, atau di tempat yang aman.

IPhone secara otomatis mendeteksi ketika iPhone terbalik dan layar tidak menyala ketika ada pemberitahuan. Ini akan menghemat masa pakai baterai ekstra yang digunakan layar.

TRENDING :  Cara Memperbaiki Hotspot IPhone Yang Tidak Bisa Tersambung

3. Matikan mode peredupan otomatis

Rise to wake adalah fitur kecerahan layar yang berguna untuk membangunkan layar iPhone Anda. Dengan cara ini Anda tidak perlu mengaktifkannya secara manual. Namun, fitur ini dinilai mampu menguras daya baterai.

Pengguna dapat menonaktifkannya untuk menghemat baterai di iPhone. Begini caranya.

  • Buka Pengaturan di iPhone
  • Buka menu Tampilan dan Kecerahan
  • Pilih untuk menonaktifkan “Raise to Wake”.

4. Nonaktifkan penyegaran aplikasi

Dengan penyegaran aplikasi latar belakang, aplikasi di ponsel Anda berjalan secara berkala di bagian belakang untuk menyegarkan halaman. Fitur ini dianggap menguras baterai saat digunakan. Untuk menonaktifkan, pengguna dapat mengikuti metode di bawah ini.

  • Buka Settings
  • Kemudian pilih General
  • lalu pilih Background App Refresh
  • Pilih matikan

5. Aktifkan Mode Gelap / Dark Mode pada iPhone Agar Baterai tidak Boros

Salah satu cara menghemat baterai di iPhone iOS 14 adalah menggunakan mode ini akan membantu Anda menghemat daya baterai, terutama jika Anda memiliki iPhone dengan layar OLED. Ponsel dengan layar ini antara lain seri iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11 Pro/Pro Max, dan iPhone 12.

Untuk mengaktifkan mode gelap, ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka Pengaturan
  • Pilih tampilan dan kecerahan
  • Pilihan gelap

Pengguna juga dapat menjadwalkan mode gelap dengan menyesuaikan waktu penggunaan.

6. Nonaktifkan layanan dan koneksi lokasi

GPS ponsel Anda dan fitur konektivitas lainnya seperti Wi-Fi dan Bluetooth menghabiskan banyak baterai saat dihidupkan. Oleh karena itu, disarankan untuk menonaktifkan fitur ini saat tidak digunakan.

Anda juga dapat menonaktifkan layanan lokasi dengan membuka:

  • Pengaturan
  • Pilih Privasi
  • Layanan Lokasi dan matikan

7. Aktifkan pengisian yang dioptimalkan

Kemampuan pengisian daya iOS yang ditingkatkan dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai. Fitur ini dirancang untuk aktif hanya di tempat-tempat di mana pengguna menghabiskan sebagian besar waktu mereka, seperti di rumah dan di tempat kerja.

Saat fitur ini diaktifkan, iPhone Anda akan menunda pengisian daya setelah 80% berdasarkan rutinitas pengisian daya harian Anda.

Mengutip penggunaan gadget, fitur ini asli iOS 13. Namun, jika Anda menonaktifkannya, Anda dapat mengaktifkannya kembali dengan cara berikut:

  • Buka Pengaturan
  • Buka kolom Baterai
  • Ketuk Kesehatan Baterai
  • Pilih Pengisian Baterai yang Dioptimalkan.

8. Nonaktifkan wallpaper dinamis

Cara Menghemat Baterai iPhone selanjutnya adalah menonaktifkan wallpaper dinamis. Wallpaper dinamis dapat mempercantik tampilan beberapa pengguna iPhone. Namun, metode ini dapat menguras baterai untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Ini karena fitur ini menghabiskan siklus CPU dan menghabiskan banyak baterai. Jadi jika pengguna menyetel mod ini, lebih baik menonaktifkan fitur tersebut seperti dikutip dari iphonehacks.

Caranya buka pengaturan, pilih wallpaper, lalu pilih wallpaper dari galeri Anda atau pilih wallpaper “Gambar Diam” dari opsi menu.

Berikut beberapa cara menghemat daya baterai di iPhone iOS 14. Terakhir, Apple telah merilis pembaruan iOS 14.4.1 yang dirilis beberapa waktu lalu. iOS 14.4.1 meningkatkan pengalaman pengguna dan mengurangi bug di iOS sebelumnya.

9. Sesuaikan kecerahan layar

Layar yang terlalu terang akan menguras baterai iPhone Anda lebih cepat daripada layar yang terlalu gelap. Jika Anda ingin menurunkan tingkat kecerahan layar, Anda dapat menyesuaikannya di Pusat Kontrol.

TRENDING :  Panduan Lengkap Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk

Caranya adalah dengan menggesek layar iPhone ke bawah lalu turunkan tingkat kecerahannya agar lebih gelap.

Anda juga dapat menonaktifkan kecerahan otomatis. Jika tidak, fitur ini secara otomatis akan meningkatkan kecerahan layar saat terkena sinar matahari yang cerah.

Caranya, buka Setting > Accessibility > Display & Text Size > scroll ke bagian paling bawah, dan nonaktifkan Auto-Brightness.

10. Matikan Push dan Fetch Email

Jika Anda menerima banyak email setiap hari, Anda harus mematikan Push Sync, sebuah fitur yang memperbarui perangkat Anda dengan email masuk baru.

Atau, Anda dapat meningkatkan interval pengambilan sehingga perangkat Anda hanya memeriksa email baru pada jadwal yang ditentukan. Ini sebenarnya agak merepotkan, tetapi begitu pengguna mengisi ulang baterai, mereka dapat mengubah pengaturan seperti biasa.

Caranya, buka Setting > Mail > Account > Fetch New Data dan atur secara manual.

11. Atur Waktu Penguncian Otomatis (Auto-Lock)

Auto-lock adalah fitur yang mengunci layar iPhone saat pengguna tidak menggunakan iPhone dalam jangka waktu tertentu. Dalam hal ini, pengguna dapat memilih dari 30 detik hingga 5 menit sebelum mengaktifkan fitur ini.

Pilihan terbaik adalah mengatur waktu terpendek jika Anda ingin baterai bertahan lebih lama. Untuk mengaktifkannya, masuk ke Setting > Display & Brightness > Auto-Lock, pilih periode waktu sebelum membuat layar jadi gelap.

12. Hindari Pemakaian Aplikasi yang Menguras Baterai

iPhone mengumpulkan data tentang aplikasi yang menggunakan banyak daya baterai. Untuk memeriksa, buka Pengaturan > Baterai. Bagian ini memberi tahu pengguna berapa banyak baterai yang telah digunakan aplikasi tertentu dalam 24 jam dan 10 hari terakhir.

Jika Anda melihat aktivitas latar belakang di bawah nama aplikasi, itu berarti aplikasi tersebut menguras baterai iPhone Anda, meskipun Anda tidak menggunakannya secara aktif. Untuk menghindarinya, Anda harus mematikan penyegaran aplikasi latar belakang untuk aplikasi Anda melalui Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang.

13. Kurangi Notifikasi

Saat iPhone Anda menerima pemberitahuan, layar akan menyala dan menghabiskan daya baterai. Menyesuaikan ini akan membantu menghindari menguras baterai.

Tampilkan dan matikan notifikasi sampah. Untuk melakukan ini, buka aplikasi Pengaturan dan buka Notifikasi. Kemudian pilih aplikasi dari daftar dan matikan Izinkan pemberitahuan.

Jika Anda tidak ingin mematikan notifikasi, nyalakan Jangan Ganggu di iPhone Anda. Gunakan pengaturan ini saat Anda membutuhkan baterai ekstra.

14. Matikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Cara menghemat baterai iPhone selanjutnya adalah dengan menonaktifkan aplikasi yang kurang penting yang berjalan di penyegaran aplikasi latar belakang. Tidak semua aplikasi, seperti game, memerlukan fitur ini. Namun, untuk aplikasi perpesanan, fitur ini harus diaktifkan. Semakin banyak aplikasi yang memiliki akses ke fitur penyegaran aplikasi di latar belakang, semakin banyak aplikasi menguras baterai. Untuk menonaktifkan, buka  Settings > General > Background App Refresh dan pilih aplikasi yang menurutmu kurang penting.

Menutup aplikasi secara manual tidak dapat mencegah penurunan daya baterai. Padahal, ini justru bisa menghabiskan lebih banyak daya baterai. Pasalnya, menutup aplikasi secara paksa dan membukanya nanti meningkatkan daya baterai.

15. Kelola Pengaturan GPS

Ini tidak berarti Anda harus menonaktifkan fitur penting ini, tetapi Anda perlu mengelola aplikasi mana yang dapat menggunakan fitur layanan lokasi ini. Fitur ini membuat iDevice Anda lebih pintar. Namun, membiarkan terlalu banyak aplikasi dapat menguras baterai Anda dengan cepat. Anda dapat mengelola pengaturan lokasi dengan membuka Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi, lalu menggulir daftar aplikasi ke bawah untuk melihat aplikasi mana yang dapat mengakses lokasi Anda.

TRENDING :  Cara Membuka Hp iPhone Yang Terkunci Dengan Mudah

16. Matikan Reducing Motion

Beragamnya efek animasi yang muncul di iPhone memang sudah memanjakan mata kita. Sayangnya, Anda harus mengimbangi ini dengan daya baterai. Jadi, Anda dapat mempertimbangkan untuk menonaktifkannya di Pengaturan > Aksesibilitas > Kurangi Gerakan.

17. Matikan AirDrop

AirDrop adalah fitur iPhone yang memerlukan koneksi Bluetooth, memungkinkan Anda mentransfer foto atau file ke iPhone terdekat dengan fitur yang sama diaktifkan. Sayangnya, fitur ini boros baterai. Pastikan AirDrop dimatikan dan AirDrop dinyalakan hanya saat Anda membutuhkannya.

18. Hapus Aplikasi Facebook

Masalah daya tahan baterai juga diperparah dengan hadirnya aplikasi yang menguras baterai, salah satunya Facebook. Bukan rahasia lagi kalau aplikasi resmi Facebook untuk Android dan iOS terkenal dengan kemampuannya menguras daya baterai. Facebook telah mengakui bahwa aplikasi iOS menggunakan banyak sumber daya di latar belakang. Menurut Guardian, menghapus aplikasi Facebook dapat menghemat hingga 15% baterai iPhone Anda. Atau, Anda masih dapat mengakses Facebook melalui browser Safari.

19. Jangan hentikan aplikasi untuk menghemat baterai.

Pengguna iPhone cenderung menghentikan aplikasi saat tidak digunakan. Ini logis. Untuk mencegah aplikasi menguras baterai, pengguna biasanya mengklik dua kali tombol beranda dan geser ke atas pada aplikasi yang ingin mereka tutup. Namun cara ini terbukti kurang efektif. RAM dibebaskan saat aplikasi ditutup. Membuka aplikasi yang sama akan memaksa iPhone untuk memuat ulang ke dalam memori. Apple sendiri telah mengkonfirmasi bahwa menutup aplikasi tidak mempengaruhi masa pakai baterai. Kekhawatiran tentang aplikasi yang menghabiskan daya baterai bahkan saat tidak digunakan tidak berdasar.

20. Kontrol Akses Bluetooth

Sudah lama diketahui bahwa mengakses Bluetooth menguras baterai iPhone Anda. Banyak pengguna iPhone mengeluh tentang masalah ini.

Anda dapat membatasi penggunaan Bluetooth ini untuk menghemat baterai. Membatasi penggunaan Bluetooth dapat menghemat masa pakai baterai lebih lama.

Hal ini dapat membuat baterai lebih awet, efisien dan lebih sehat. iPhone yang diatur seperti ini biasanya memiliki baterai yang lebih hemat dan kinerja yang lebih baik.

Saat baterai iPhone dalam kondisi sehat, maka Anda bisa menggunakannya dengan lebih optimal. Tips dan cara menghemat baterai iPhone  yang bisa Anda gunakan di atas bisa menjadi solusi masalah Anda. Apalagi saat Anda sedang berpergian dan membutuhkan ponsel yang bisa bertahan lama. iPhone tidak selalu boros untuk digunakan jika Anda bisa memahami cara mengaturnya

Originally posted 2022-02-04 00:59:16.